7 HAL YANG AKAN TERJADI JIKA MALAS MENCUCI MUKA SEBELUM TIDUR


apakah diantara kalian ada yang malas mencuci muka? ini bukanlah untuk menakuti namun memang benar adanya. mencuci muka sangat dibutuhkan agar wajah tetap terawat dan penampilan tak terganggu. dilain sisi kesehatan juga semakin baik jika rutin mencuci muka. nah apa saja kerugian jika malas mencuci muka? berikut penjelasannya.

1. Kulit Kering
Menurut Joshua Zeichner, MD, Director of Cosmetic and Clinical Research di departemen Dermatology di Mount Sinai Medical Center, kulit mengalami penurunan hidrasi di malam hari. Ketika makeup atau kotoran masih menempel, kulit wajah nggak dapat mengelola hidrasinya dengan baik. Hasilnya, kamu terbangun dengan kondisi wajah yang kering dan flaky.

2. Wajah Kusam
Kotoran dan makeup yang nggak dibersihkan berubah menjadi sel kulit mati pada permukaan wajah. Pada pagi hari, kamu akan dikejutkan dengan wajah kusam dan nggak bercahaya.


BACA JUGA: 7 hal yang akan terjadi jika jarang berjemur di cahaya matahari

3. Inflamasi Pada Kulit
Makeup dan kotoran yang menempel pada wajah akan menghambat kemampuan kulit untuk menjaga kesehatannya. Bila nggak dibersihkan, akan memicu inflamasi pada wajah. Mulai dari kemerahan, rasa gatal, mengelupas, atau perpaduan kesemuanya. Duh, serem!

4. Jerawat
Sisa kotoran yang nggak dibersihkan pada wajah, akan berakumulasi dan menghambat kulit untuk bernafas. Hal ini menyebabkan minyak dan sel kulit mati membentuk blokade yang menutup pori-pori, menjadikan jerawat bermunculan di mana-mana.

5. Bintil & Infeksi
Selain jerawat, kotoran yang menutup pori-pori kulit wajah juga dapat menyebabkan bengkak pada area sekitar mata. Hasilnya, akan memicu munculnya bintil. Kalau terdapat luka di area wajah, kotoran yang nggak dibersihkan akan dapat menimbulkan infeksi.

6. Penuaan Dini
Gas, asap, dan debu dari lingkungan perkotaan dapat menyebabkan radikal bebas pada kulit. Jika nggak dibersihkan sebelum tidur, akan menyebabkan inflamasi yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Mulai dari bintik-bintik matahari, bintik hitam, dan warna kulit yang nggak merata.


BACA JUGA: penyebab dan cara mengatasi flu secara alami dengan cepat

7. Mengelupas
Di antara seluruh bagian wajah, kulit bibir adalah yang paling sensitif. Ketika sisa lipstik atau make up pada bibir nggak dibersihkan sebelum tidur, akan menyebabkan permukaan bibir kering dan mengelupas.


bagaimana? masih malas dengan mencuci muka? memang benar mencuci muka memanglah terasa sangat sulit apalagi jika baru bangun dari tidur, tapi faktanya mencuci muka memiliki kelebihan yang sangat banyak untuk wajah.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »