7 KEBIASAAN ORANG INDONESIA YANG TERNYATA SALAH SECARA MEDIS


Banyak kebiasaan orang indonesia yang beragam dikarenakan suku dan budayanya yang bermacam macam belum lagi banyaknya pulau yang mengakibatkan beraneka ragam kebiasaaan orang indonesia semakin bertambah. hal ini juga di teliti oleh medis dan mendapatkan ada beberapa kebiasaan paling umum orang indonesia yang ternyata salah secara medis.

1. MEMAKAI PAKAIAN TEBAL/SELIMUT SAAT DEMAM
faktanya pakaian tebal/selimut akan menaikkan suhu tubuh. suhu yang sangat tinggi (39 derajat atau lebih) pada anak bisa menyebabkan kejang-kejang. disarankan untuk mengenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin

BACA JUGA: manfaat air rebusan beras, solusi percantik kulit wajah

2. JIKA DEMAM TIDAK BOLEH MANDI
faktanya dengan mandi saat demam dapat menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. tetapi, jika demam disertai dengan rasa menggigil disarankan mandi dengan air hangat akan lebih baik atau kompress dengan air hangat.

3. MANDI MALAM HARI MENYEBABKAN REMATIK
faktanya hal itu tidak benar. jika kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan memerlukan mandi untuk kebersihan, tidak ada masalah meskipun mandi malam hari. tetapi pada penerita rematik. di anjurkan mandi dengan air hangat.

4. PENDERITA CACAR AIR/CAMPAK TIDAK BOLEH MANDI
faktanya hal ini malah bertentangan dengan prinsip medis, dimana pada penderita penyakit cacar air atau campak dengan kelainan pada kulit yang menyeluruh justru harus menjaga kebersihan kulit dengan mandi lebih sering agar perluasan penyakit dapat dicegah.

5. MASUK ANGIN HARUS DI KEROK
faktanya kerokan  bukan pertanda angin akan keluar melainkan pecahnya pembuluh kapiler tepi yang berada pada kulit. kerokan akan menimbulkan rasa sakit atau pegal sehingga seolah olah akan menghilangkan rasa sakit atau pegal yang pertama.

6. MENGANGKAT KEPALA SAAT MIMISAN
faktanya mengangkat kepala atau membaringkan tubuh ketika mimisan dapat menyebabkan komplikasi karena mengalirkan darah ke kerongkongan. cukup duduk dan posisi kepala agak maju kedepan,tutup hidung lalu bernapas dengan mulut.

7. BEGADANG
faktanya kebanyakan penduduk di indonesia lebih memilih begadang dengan alasan pekerjaan atau yang lainnya. tentunya tidak dipungkiri lagi jika menahan tidur atau kantuk terlalu lama dapat menyebabkan beberapa penyakit kesehatan yang dapat mengancam tubuh.

BACA JUGA: 5 bahaya susah tidur atau insomnia bagi kesehatan

kebiasaan diatas justru dapat mengundang penyakit yang dapat merusak tubuh, disarankan untuk selalu mengikuti anjuran dokter atau kepada ahlinya karena kesehatan sangat penting untuk aktivitas pada esok harinya.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »