10 Fakta Menarik Ikan Remang, Ikan Sejuta Khasiat Harga Selangit


Fakta ikan remang. Ikan remang merupakan hewan yang hampir menyerupai belut. Bentuk badannya yang panjang dan gesit membuat orang jarang mengambilnya dan bahkan biasanya di hindari. Tapi untuk mereka yang sudah tau manfaat dari ikan remang ini pastinya tidak akan melewatkan kesempatan berburu ikan remang. Untuk mengambil gelembung ikan yang ada dalam tubuhnya dan dijuak dengan harga yang mahal. Berikut ini fakta menarik tentang ikan remang yang jarang kalian  ketahui.

1. Ikan remang tidak memiliki kulit yang lunak. Kulit ikan remang telah digambarkan sebagai menutupi tubuhnya seperti kaus kaki longgar yang pas. Warnanya bervariasi tergantung spesies, dan berkisar dari merah muda ke biru-abu abuan.

2. Ikan remang memiliki empat hati. Ikan remang memiliki sistem sirkulasi primitif yang memiliki empat hati: satu berfungsi sebagai pompa utama, sementara tiga lainnya berfungsi sebagai pompa aksesori.

3. Ikan remang bernapas melalui hidung dan kulit mereka bukan insang. Ikan remang mengambil air melalui saluran nasofaring mereka, yang mengarah ke faring dan kantong insang mereka. Spesies yang berbeda memiliki antara 5 sampai 15 pasang insang. Ikan remang juga memiliki jaringan kapiler yang berkembang dengan baik di kulit mereka, yang memungkinkan mereka untuk "bernapas" melalui kulit mereka ketika terkubur dalam lumpur.

4. Ikan remang tidak bisa melihat dengan baik, tetapi memiliki indera tajam lainnya. Ikan remang tidak memiliki mata majemuk yang dapat melihat dengan jelas, tetapi memiliki titik mata sederhana yang dapat mendeteksi cahaya. Pada beberapa spesies, titik mata ditutupi oleh kulit. Ikan remang bergantung pada indera penciuman dan sentuhan yang berkembang dengan baik untuk menavigasi dan menemukan makanan.

5. Ikan remang tidak memiliki rahang dan tanpa tulang belakang. Ikan remang adalah satu-satunya hewan yang memiliki tengkorak tetapi tidak memiliki tulang belakang. Kerangka mereka seluruhnya terbuat dari tulang rawan. Seperti lamprey, mereka tidak memiliki rahang; sebaliknya, mereka memiliki sepasang struktur yang bergerak secara horizontal dengan proyeksi seperti gigi yang mereka gunakan untuk menangkap dan merobek potongan makanan.

6. Ikan remang adalah ikan purba. Satu-satunya fosil ikan remang yang diketahui, yang berusia 330 juta tahun, terlihat sangat mirip dengan ikan remang saat ini.

7. Cara makan ikan remang yang unik dan penting. Meskipun mereka telah diamati aktif berburu ikan, ikan remang kebanyakan memakan makhluk mati dan sekarat di dasar laut. Mereka diketahui mengubur diri mereka terlebih dahulu di dalam bangkai, menembus bagian dalam mangsa jauh ke dalam dagingnya untuk memakan makanan mereka dari dalam ke luar. Ikan remang melakukan layanan ekologi penting, membersihkan dan mendaur ulang hewan mati dari dasar laut.

8. Ikan remang bisa bertahan berbulan-bulan tanpa makan. Ikan remang memiliki metabolisme yang lambat dan dapat bertahan hidup berbulan-bulan di antara waktu makan. Mereka juga dapat menyerap nutrisi di kulit dan insang mereka.

9. Ikan remang sangat licin. Mereka dapat menghasilkan lendir berserat dan lengket dalam jumlah berlebihan dari kelenjar yang berjalan di sepanjang sisi tubuh mereka. Lendir ini membantu mereka mengusir atau melarikan diri dari pemangsa. Salah satu tujuan lendir mungkin menyumbat insang penyerang. video oleh para peneliti di Selandia Baru menunjukkan bagaimana ikan remang mampu mengusir serangan oleh predator, termasuk beberapa jenis hiu.

Untuk menyeka lendirnya, ikan remang akan mengikat diri menjadi simpul dan mengerjakan simpul dari kepala hingga ekornya, mengikis lendir saat berjalan. Jika lubang hidungnya diisi dengan lendir, ikan remang akan "bersin" untuk membersihkannya.

10. Lendir ikan remang dapat menjadi serat masa depan. Lendir ikan remang mengandung puluhan ribu benang protein yang sangat tipis (100 kali lebih kecil dari rambut manusia). Benangnya sangat kuat, dan ketika diregangkan lalu dikeringkan, akan menyerupai benang laba-laba. Seperti sutra laba-laba, para ilmuwan berpikir lendir ikan remang dapat dijalin bersama untuk menghasilkan kain yang sangat kuat. Secara potensial, lendir ikan remang dapat digunakan untuk membuat bahan dengan kekuatan nilon atau plastik, dan aplikasi berkisar dari rompi anti peluru hingga jaring buatan.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »