20 Manfaat Lengkap tanaman Ashitaba, Daun dan Getahnya punya sejuta khasiat


Daun ashitaba mungkin belum terlalu di kenal banyak orang namun jika kalian mengetahui betul apa yang terkandung di dalamnya pasti kalian akan menyukainya. daun yang bentuknya mirip dengan daun pepaya ini punya rasa yang sama pahitnya dengan daun pepaya namun sangat berbeda. jika daun pepaya memiliki buah yang manis saat dimakan maka ashitaba tidak sama sekali.

Ashitaba atau yang dikenal dengan seledri jepang ini memiliki khasiat yang tak kalah banyak loh. mau tau lebih lanjut? yuk simak 20 manfaat dan dan getah ashitaba atau seledri jepang yang sangat berguna.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Daun Ashitaba mengandung vitamin C yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Hal itu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk meminimalisir penyakit yang terjadi.
Tips untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda - RSUD Dr ...

2. Bertindak sebagai agen detoksifikasi.
Daun Ashitaba mengandung chalcones yang dapat bertindak sebagai agen detoksifikasi. Ini membantu membersihkan darah dari zat beracun.

3. Mengatur tekanan darah.
Ini bermanfaat untuk mengatur tekanan darah datang dalam beberapa mekanisme. Ashitaba mengandung chalcones yang memiliki fungsi diuretik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ini juga mengandung mineral potasium yang mengontrol kontraksi otot jantung dan tekanan darah.

4. Kontrol kadar gula darah dan cegah diabetes.
Manfaat kesehatan daun Ashitaba untuk mengontrol kadar gula darah berasal dari kandungan saponin dalam daun Ashitaba. Zat ini menggantikan gula yang dibutuhkan tubuh dengan yang baik. Jika kadar gula darah dapat dikontrol dengan baik, hasilnya diabetes dapat dicegah.

5. Jaga keseimbangan pH dalam tubuh.
Alkalinitas daun Ashitaba dapat menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Itu dapat mengurangi keasaman di dalam tubuh untuk melindungi tubuh dari segala penyakit.
Quantum Resonance Magnetic Analyzer Versi Bahasa Indonesia: Cara ...

6. Bertindak sebagai agen antibakteri.
Daun ashitaba kaya akan klorofil yang bertindak sebagai antibakteri. Ini membantu membunuh bakteri dalam tubuh sehingga proses pemulihan berjalan cepat.

7. Membantu mencegah kanker.
Daun ashitaba kaya akan antioksidan dengan kandungan xanthoangelol. Antioksidan bekerja melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Ini dapat membantu mencegah kanker lambung, kanker duodenum, dan kanker kulit.

8. Meningkatkan metabolisme tubuh.
Masih dengan chalcone-nya, daun Ashitaba memiliki manfaat untuk meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.

9. Membantu menurunkan berat badan.
Alkalinitas dalam daun Ashitaba baik untuk diet. Ini dapat mengendalikan nafsu makan dan senyawa glikosida dapat menggantikan gula yang dibutuhkan tubuh

10. Bertindak sebagai agen antiinflamasi.
Senyawa chalcones dalam daun Ashitaba membawa efek anti-inflamasi bagi tubuh. Ini membawa manfaat kesehatan untuk mencegah radang sendi, rheumatoid, dan penyakit radang lainnya.

11. Bantuan dalam sindrom pramenstruasi.
Ashitaba mengandung zat chalcones yang dapat mengurangi dismenore (nyeri terkait menstruasi). Ini membuat daun Ashitaba paling baik dikonsumsi selama sindrom pramenstruasi untuk menghadirkan kenyamanan.

12. Membantu mengurangi nyeri otot dan persendian.
Senyawa chalcones dalam daun Ashitaba juga memiliki mekanisme dalam mengurangi rasa sakit apakah untuk otot atau untuk sendi. Ini membantu membuat penyakit gout atau radang sendi terasa lebih baik.

13. Membantu mengatasi gangguan pencernaan.
Daun ashitaba memiliki efek alkali yang dapat mengurangi sekresi asam di lambung. Ini dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti refluks gastrointestinal, gastritis akut atau kronis, dan tukak duodenum.

14. Membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi LDL.
Daun Ashitaba membantu meningkatkan HDL yang berasal dari kandungan seratnya yang juga dapat mengurangi LDL.

15. Mencegah anemia.
Daun Ashitaba digunakan untuk mencegah anemia berasal dari kandungan besinya. Ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.
Anemia Overview - Harvard Health

16. Mencegah sembelit.
Bahan-bahan chalcones di Ashitaba membawa manfaat kesehatan untuk mencegah sembelit. Chalcones bertindak sebagai agen pencahar yang memfasilitasi pencernaan yang lancar.

17. Membantu mencegah penyakit Alzheimer, Parkinson, dan demensia.
Daun Ashitaba mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi faktor pertumbuhan saraf. Protein ini membawa manfaat kesehatan daun Ashitaba untuk mencegah penyakit Alzheimer, Parkinson, dan demensia melalui mekanismenya yang dapat mengurangi degenerasi saraf. Faktor pertumbuhan saraf mempertahankan hubungan yang sehat antara saraf dan otak

18. Mempercepat penyembuhan luka.
Klorofil dalam daun Ashitaba membantu proses penyembuhan luka agar berjalan lebih cepat.
4 Proses Penyembuhan Luka di Kulit, Dari Awal hingga Akhir

19. Membantu meningkatkan konsentrasi dan perhatian.
Daun Ashitaba mengandung vitamin B12 yang dapat meningkatkan konsentrasi dan perhatian. Vitamin ini berfungsi untuk sistem otak dan saraf agar bekerja dengan baik.

20. Bertindak sebagai anti-penuaan.
Senyawa chalcones dalam daun Ashitaba membantu mengurangi proses degenerasi dalam tubuh.

Daun dan getah ashitaba terkenal dengan khasiatnya yang luar biasa maka tak heran jika getah ashitaba sangat di favoritkan untuk penyembuhan terutama untuk kanker. saat ini getah ashitaba mulai di ekspor keluar negeri demi pemenuhan kebutuhan medis dan juga harganya tak main main loh. di lansir dari jejak si gundul daun ashitaba ternyata bernilai Rp300.000 per 300ml getah yang didapat. hebat bukan? makanya jangan remehkan tanaman ashitaba jika kalian melihatnya sebagai tanaman liar.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »