6 tips sederhana memutihkan gigi secara alami



Seperti biasa saya akan membagikan tips tips menarik untuk kalian yang pastinya bermanfaat untuk para sobat terapkan dirumah. yaitu tips memutihkan gigi secara alami. pastinya gak enak dong dipandang dan senyum saat gigi sedang kuning. itu penyebabnya karena adanya penumpukan plak di gigi dan juga bakteri yang ikut berkembang menyebabkan bau yang tak enak pada mulut. jadi mari simak tipsnya.

1. Sikat dengan baking soda
Soda kue memiliki khasiat pemutih alami, oleh karena itu ia merupakan bahan yang populer dalam pasta gigi komersial. Ini adalah abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi.

Selain itu, baking soda menciptakan lingkungan basa di mulut Sobat, yang mencegah bakteri tumbuh. Ini bukan obat yang akan memutihkan gigi Sobat semalaman, tetapi Sobat harus melihat perbedaan dalam penampilan gigi Sobat dari waktu ke waktu.

Soda Kue, Baking Soda dan Baking Powder: Sudah Tahu Bedanya?

Ilmu pengetahuan belum membuktikan bahwa menyikat dengan soda kue biasa akan memutihkan gigi Sobat, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue memiliki efek memutihkan yang signifikan. Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi stsobatr tanpa baking soda. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, semakin besar efeknya.

BACA JUGA: 12 Kebiasaan merawat rambut yang kamu harus perhatikan

Selain itu, sebuah tinjauan dari lima studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi yang tidak memanggang soda. Untuk menggunakan obat ini, campur 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan gosok gigi dengan pasta. Sobat dapat melakukan ini beberapa kali per minggu. Sobat dapat membeli soda kue di toko kelontong atau menemukannya secara online.

2. Gunakan hidrogen peroksida
Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang juga membunuh bakteri di mulut Sobat. Faktanya, orang telah menggunakan hidrogen peroksida selama bertahun-tahun untuk mendisinfeksi luka karena kemampuannya untuk membunuh bakteri.

Banyak produk pemutih komersial mengandung hidrogen peroksida, meskipun pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi daripada yang akan Sobat gunakan. Sayangnya, tidak ada penelitian yang meneliti efek dari membilas atau menyikat dengan hidrogen peroksida saja, tetapi beberapa penelitian telah menganalisis pasta gigi komersial yang mengandung peroksida.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan hidrogen peroksida 1% menyebabkan gigi lebih putih secara signifikan. Studi lain menemukan bahwa menyikat dengan pasta gigi komersial yang mengandung soda kue dan peroksida dua kali sehari menyebabkan 62% gigi lebih putih dalam 6 minggu.

Namun, ada beberapa pertanyaan tentang keamanan hidrogen peroksida. Walaupun konsentrasi yang sangat encer tampak aman, konsentrasi yang kuat atau penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi gusi dan sensitivitas gigi. Ada juga kekhawatiran bahwa dosis tinggi dapat menyebabkan kanker, tetapi ini belum terbukti.

Salah satu cara menggunakan hidrogen peroksida adalah sebagai obat kumur sebelum Sobat menyikat gigi. Pastikan Sobat menggunakan solusi 1,5% atau 3% untuk menghindari efek samping. Konsentrasi hidrogen peroksida yang paling umum di toko obat adalah larutan 3%. Sobat dapat dengan mudah mengencerkan konsentrasi ini hingga 1,5% dengan mencampurkan bagian peroksida dan air yang sama.

Cara lain untuk menggunakan hidrogen peroksida adalah dengan mencampurkannya dengan baking soda untuk membuat pasta gigi. Campurkan 2 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh soda kue dan gosok gigi dengan lembut dengan campuran.

Batasi penggunaan pasta buatan sendiri ini beberapa kali per minggu, karena terlalu sering dapat mengikis enamel gigi Sobat, Sobat dapat membeli hidrogen peroksida secara online karena saya tidak menjualnya hehe..

3. Gunakan cuka sari apel
Cuka Apel: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Pakainya Halaman all ...
Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan. Asam asetat, yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka sari apel, membunuh bakteri. Sifat antibakteri cuka adalah apa yang membuatnya berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi Sobat.

Satu studi pada gigi sapi menemukan bahwa cuka sari apel menunjukkan efek pemutihan. Namun, ia juga menemukan bahwa cuka dapat melembutkan gigi . Asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis enamel pada gigi Sobat. Untuk alasan ini, Sobat sebaiknya tidak menggunakan cuka sari apel setiap hari. Sobat juga harus membatasi waktu cuka sari apel bersentuhan dengan gigi Sobat.

Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, encerkan dengan air dan desir di sekitar mulut Sobat selama beberapa menit. Pastikan untuk membilas mulut Sobat dengan air putih sesudahnya. Sobat dapat menemukan cuka sari apel secara online karena sekali lagi saya tidak menjualnya.

4. Makan buah dan sayuran
Diet tinggi buah-buahan dan sayuran mungkin baik untuk tubuh dan gigi Sobat Meskipun bukan pengganti untuk menyikatnya, buah dan sayuran mentah yang renyah dapat membantu menghilangkan plak saat Sobat mengunyah.
Stroberi dan nanas adalah dua buah yang diklaim dapat membantu memutihkan gigi Sobat.

·       Stroberi
Memutihkan gigi dengan campuran stroberi dan soda kue adalah obat alami yang telah dipopulerkan oleh selebriti. Para pendukung metode ini mengklaim bahwa asam malat yang ditemukan dalam stroberi akan menghilangkan perubahan warna pada gigi Sobat, sedangkan baking soda akan menghilangkan noda. Namun, obat ini belum sepenuhnya didukung oleh sains.

Meskipun stroberi dapat membantu mengelupas gigi dan membuatnya tampak lebih putih, stroberi tidak akan menembus noda pada gigi Sobat. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa campuran strawberry dan baking soda menghasilkan sedikit perubahan warna pada gigi, dibandingkan dengan produk pemutih komersial.

Jika Sobat memutuskan untuk mencoba metode ini, batasi penggunaannya hingga beberapa kali per minggu. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa pasta strawberry dan baking soda memiliki efek minimal pada enamel gigi, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan. Untuk menggunakan obat ini, hancurkan stroberi segar, kombinasikan dengan baking soda, dan gosok campuran ke gigi Sobat.

·        nanas
Beberapa mengklaim bahwa nanas dapat memutihkan gigi. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, secara signifikan lebih efektif untuk menghilangkan noda gigi daripada pasta gigi. Namun, tidak ada bukti bahwa makan nanas menghasilkan efek yang sama.

5. Cegah noda gigi sebelum terjadi
Sementara gigi Sobat secara alami menguning seiring bertambahnya usia, beberapa hal dapat membantu mencegah noda pada gigi Sobat.

·       Batasi pewarnaan makanan dan minuman
seperti Kopi, anggur merah, soda, dan blackberry terkenal karena pewarnaan gigi. Itu tidak berarti Sobat harus sepenuhnya menghindarinya, tetapi Sobat harus membatasi jumlah waktu zat-zat ini bersentuhan dengan gigi Sobat. Jika memungkinkan, minumlah minuman yang diketahui menodai gigi dari sedotan untuk mencegah kontak langsung dengan gigi Sobat. Selain itu, gosok gigi segera setelah mengonsumsi salah satu makanan atau minuman ini untuk membatasi efeknya pada warna gigi Sobat.

Selain itu, hindari merokok dan mengunyah tembakau, karena keduanya dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

·       Batasi asupan gula Sobat
Jika Sobat ingin gigi yang lebih putih, kurangi asupan gula Sobat. Diet tinggi gula mendukung pertumbuhan Streptococcus mutans, jenis utama bakteri yang menyebabkan plak dan radang gusi. Saat Sobat mengonsumsi makanan bergula, pastikan untuk segera menyikat gigi.

BACA JUGA: jangan mandi setelah melakukan 4 hal ini. berbahaya!

·       Dapatkan banyak kalsium dalam diet Sobat
Beberapa perubahan warna gigi disebabkan oleh erosi enamel dan mengekspos dentin di bawahnya, yang berwarna kuning. Karena itu, apa pun yang Sobat lakukan untuk memperkuat enamel gigi Sobat akan membantu menjaga gigi Sobat tetap putih mutiara. Makanan kaya kalsium, seperti susu, keju, dan brokoli, dapat membantu melindungi gigi Sobat dari erosi enamel.

6. menyikat dan flossing
Pentingnya Menyikat Gigi Setelah Sarapan - Health Liputan6.com
Sementara beberapa perubahan warna gigi secara alami seiring bertambahnya usia, sebagian besar merupakan hasil dari penumpukan plak. Menyikat dan membersihkan gigi secara teratur dapat membantu gigi Sobat tetap putih dengan mengurangi bakteri di mulut Sobat dan mencegah penumpukan plak.

Pasta gigi dengan lembut mengusap noda pada gigi Sobat, dan flossing menghilangkan bakteri yang mengarah ke plak. Pembersihan gigi secara teratur juga dapat membantu gigi Sobat tetap bersih dan putih. Menyikat dan membersihkan gigi setiap hari, bersama dengan pembersihan rutin di kantor dokter gigi, mencegah penumpukan plak menguning pada gigi Sobat.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »