cara membuat aplikasi android di sketchware dan kelebihan sketchware


Cara membuat aplikasi android menggunakan app sketchware sangat mudah dilakukan. lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan smart apps creator. dimana app sketchware merupakan aplikasi android yang digunakan untuk membuat aplikasi android milik kita sendiri.

kelebihan app sketchware ialah karena desain aplikasinya yang begitu mudah digunakan sehingga akan membuat penggunanya merasa nyaman saat membuat aplikasi milik sendiri. kelebihan lainnya dari app sketchware adalah bisa digunakan di android sehingga pengguna tidak perlu repot lagi untuk membawa laptop saat membuat aplikasi.

karena saya juga ingin mempelajari cara membuat aplikasi dengan app sketchware ini maka saya mengambil contoh dari bizzymind.com karena tutorialnya yang sangat mudah dipahami. langsung saja ke pembuatan aplikasinya ya sobat mfb.

1. download app sketchware di playstore lalu tunggu sampai proses instalasi selesai.

2. buka app sketchware dengan menekan ikon biasanya "S" dollar warna biru lalu jalankan. maka akan terlihat tampilan seperti ini.

3. tekan "create a new project" lalu kalian akan diberitahukan untuk memberi nama pada aplikasi kalian. setelah itu tekan create app dan akan muncul tampilan toolbar seperti dibawah ini.

4. cara memulainya ialah tarik yang ingin kalian tambahkan kedalam aplikasi kalian. contoh linear(V) kalian akan membuat perintah vertikal yaitu lurus kesamping begitu juga dengan yang horizontal(H) perintahnya akan lurus kebawah.
5. setelah itu kalian akan melihat tampilan menu dibawah untuk mendesain perintah di aplikasi kalian. ada banyak pilihan kalian tinggal scroll saja karena jika dijelaskan satu persatu malah akan panjang ceritanya.

6. geser menunya sampai kalian menemukan background color. sekarang tekan dan akan muncul warna background. pilih saja warna kesukaan kalian contohnya hitam.

7. sekarang linear(V) kalian berwarna hitam. waktunya menambahkan kotak perintah dengan menekan menu "button" dan menariknya ke arah kotak hitam tadi. 

8. setelah itu tekan salah satu button yang sudah dibuat tadi maka akan muncul menu dibagian bawah. pilih "abc text" untuk mengubah tulisan button menjadi home, kontak dan sebagainya.

9. nah sekarang apa? tinggal tambahkan gambar di aplikasi kalian untuk menambah kesan menarik. tekan titik tiga yang diatas lalu akan muncul menu. pilih image lalu pilih tanda + untuk menambahkan gambar. seharusnya tampilannya akan begini.

10. kemudian isikan nama gambar dan pilih gambar kalian. seperti gambar dibawah

11. setelah itu save dan tekan tanda panah untuk kembali ke aplikasi. kalian bisa menambahkan gambar dengan menarik "image view"

12. seharusnya jika berhasil, maka akan muncul ikon robot android dan muncul tampilan menu dibawah. scroll menu dibawah dan pilih "image".

13. pilih gambar yang kalian tadi upload. lalu select dan akan muncul gambar kalian di aplikasi android yang tadi dibuat. lalu tekan run untuk menjalankan aplikasi kita tadi.

14. lalu akan ada pesan untuk menginstall aplikasi yang telah dibuat ke smartphone kalian. tekan install lalu selesai. kalian sudah bisa melihat aplikasi buatan sendiri di smartphone kalian.

setelah membuat aplikasi sendiri kini kalian coba menjalankannya. tapi jangan terlalu berharap lebih ya sobat mfb karena aplikasi ini hanya dasar saja. masih banyak menu yang belum kita coba yang mungkin bisa kalian terapkan di aplikasi kalian.

sumber: bizzymind.com
keyword: cara membuat aplikasi android dengan sketchware, cara membuat aplikasi dengan app sketchware, kelebihan app sketchware, aplikasi android dari sketchware, cara membuat aplikasi android sendiri dengan sketchware, 
cara membuat aplikasi android online, 
layout yang tersedia di aplikasi sketchware, 
sketchware adalah, cara membuat aplikasi sketchware menggunakan sketchware

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

4 Comments

  1. Membuat aplikasi di sketchware cuma itu aja mas? Ga bisa aplikasi game gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah saya masih coba bikin yang paling sederhana mas, coba utak atik aja sketchwarenya :)

      Delete