Cara merawat tanaman daun monstera lengkap

cara merawat tanaman monstera, cara merawat daun monstera, kenapa daun monstera tidak sobek, daun monstera menghitam, daun monstera menguning. pertanyaan diatas akan dijawab dengan cara merawat tanaman monstera ini karena dikarenakan selain harganya yang lumayan, tanaman monstera juga ternyata butuh perawatan yang memadai.
Daun monstera menjadi kuning atau daun monstera timbul bercak kuning. Disaat hari yang panas, monstera tidak perlu disiram terlalu sering, akarnya mengonsumsi lebih sedikit kelembaban, cobalah taburi dengan air hangat yang bersih, dan bersihkan dengan kain lembut yang lembab. Anda bisa menyelamatkan situasi dengan pelembab ruangan, pot tanaman bisa diletakkan di atas nampan dengan tanah liat basah, atau cukup diletakkan di sekitar wadah berisi air.
Daun monstera menghitam. Kelembaban yang berlebihan, serta tanah yang terlalu padat, tidak memungkinkan udara melewati, akar dibiarkan tanpa oksigen, monstera akan mulai membusuk. Jelas bahwa pembusukan akar akan segera berdampak negatif pada kondisi bagian udara, dan akan muncul di bintik hitam.
Akar monstera membusuk dikarenakan tidak adanya udara yang masuk kedalam tanah sehingga tanaman monstera akan layu dan akar membusuk.
Untuk masalah daun monstera tidak terbelah, mungkin karena cara perawatan monstera yang salah maka dari itu simak cara perawatan monstera dibawah ini

Perawatan dan Penanaman tanaman monstera

Tanam di tanah gambut dengan drainase yang baik di dalam pot dengan lubang drainase. Monstera deliciosa adalah pemanjat di habitat aslinya, menggunakan akar udaranya untuk menempel pada pohon besar, jadi Sobat harus memberinya tongkat pendukung atau teralis yang tertutup lumut.
Jika akar udaranya sulit diatur, Sobat dapat memangkasnya, tetapi yang terbaik adalah memasukkannya kembali ke dalam pot. Mereka bukan jenis akar yang merusak dinding atau permukaan. Siram ketika seperempat hingga sepertiga bagian atas tanah terasa kering saat disentuh. Pupuk tanaman cair stsobatr dapat diterapkan sebulan sekali selama musim semi dan musim panas.
Jaga kebersihan daun dan bebas debu dengan mencuci menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam larutan setetes deterjen pencuci piring dalam beberapa gelas air. Meskipun tidak diperlukan, tanaman juga menyukai gerimis daunnya secara teratur. 
Ketika Monstera deliciosa tumbuh lebih besar dari potnya saat ini (kira-kira setiap dua tahun), pindahkan ke pot baru dengan diameter dan kedalaman beberapa inci lebih besar dari yang lama.

Berapa banyak cahaya yang dibutuhkan?

Tanaman monstera deliciosa membutuhkan banyak cahaya tidak langsung agar bisa sepenuhnya terbentuk dan tumbuh dengan baik, tetapi tidak berlebihan karena cahaya langsung bisa terbakar. Meskipun demikian, New York Botanical Garden menyatakan bahwa tanaman ini akan baik-baik saja dengan sinar matahari langsung pada bulan-bulan musim dingin (Oktober hingga Februari) ketika mereka tidak tumbuh secara aktif.

Apakah daun monstera beracun bagi kucing dan anjing?

Sayangnya, hewan peliharaan harus menghindari monstera deliciosa. Menurut ASPCA, tanaman ini beracun bagi anjing dan kucing, jadi yang terbaik adalah memilih tanaman yang lebih ramah hewan jika Sobat memiliki teman berbulu yang berkeliaran di sekitar rumah.

Cara Menyebarkan daun monstera

Metode yang paling baik untuk menyebarkan Monstera deliciosa adalah pelapisan udara. Meskipun ini adalah proses yang lebih rumit daripada perbanyakan untuk beberapa tanaman, mungkin akan sangat bermanfaat jika Sobat menginginkan lebih banyak tanaman hias yang indah ini. Untuk melakukannya, Sobat memerlukan bunga atau sphagnum moss, gunting pemangkasan yang tajam dan bersih, kantong plastik, dan tali pengikat.
  • Pertama, temukan daun yang tumbuh dari batang, dengan akar udara pendek di bawahnya. Tepat di bawah akar itu, buatlah takik kecil sekitar sepertiga dari diameter batang.
  • Bungkus takik, akar udara, dan simpul tempat daun bergabung dengan batang dengan lapisan sphagnum moss berukuran 1-2 inci.
  • Basahi lumut dan bungkus dengan plastik. Sobat harus bisa membuka plastik untuk memeriksa perkembangan akar, jadi kencangkan dengan pengikat. Jaga agar lumut tetap lembab sampai akarnya tumbuh, lalu potong batangnya, dan pot tanaman baru Sobat di tanah.
itulah beberapa cara merawat daun monstera agar hasilnya maksimal dan kalian bisa mendapatkan manfaat daun monstera serta percantik ruangan.

Keyword: cara merawat monstera, Cara merawat tanaman monstera, Cara membersihkan daun monstera, Merawat monstera, Daun monstera kuning, kenapa daun monstera tidak sobek, daun monstera menghitam, daun monstera menguning.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

6 Comments

  1. Terimakasih artikelnya, ini lengkap mulai dari perawatan sampai penyebaran monsteranyađź‘Ť

    ReplyDelete
  2. Mas itu cara nyebarinnya gak ngerusak monstera kan?

    ReplyDelete
  3. Jadi itu kenapa monstera saya mati. Terlalu banyak airnya :(

    ReplyDelete