5 Tips menghindari pembatalan saat dagang online

Membuka toko di aplikasi online seperti shopee, lazada dan lainnya memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Tak luput dari kesalahan si penjual yang kerap kali memperdagangkan sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi.


Dalam dunia online yang merupakan jaman modern ini, kita sebaiknya memberikan pelayanan yang terbaik ke konsumen sehingga consumen pun akan langsung tertarik dengan daganganmu.

Tips menghindari pembatalan saat dagang online

1. Jaga Rating
Bukan suatu rahasia lagi jika menjaga kualitas toko agar tetap bertahan dimata publik ialah hal yang utama. Bayangkan jika hanya memiliki 3 bintang dan toko lain yang produknya sama dengan yang kita jual mendapat 5 bintang.

Saya juga pastinya akan memencet toko yang ratingnya tinggi kan, kalian sebagai pembeli juga pasti sama akan melirik yang ratingnya besar. Tapi lihat juga tingkat pembeliannya apakah sebesar dengan ratingnya?

Bisa saja itu hanyalah sesuatu yang dibuat buat sehingga mendapatkan rating yang tinggi.

2. Stok habis
Ini hal yang membuat penjual senang sekaligus sedih. Bagaimana tidak, penjual yang jualannya habis pastinya laku dan laris sementara itu kesedihan penjual sendiri terletak pada ia yang tidak bisa menjual barang itu kembali.

Karena stok yang dimilikinya habis, terpaksa deh konsumen harus pindah ke toko lain untuk membelinya. Pastikan stok produk yang ingin kalian jual itu tercukupi.

3. Periksa ulasan
Para konsumen yang saat ini berada dalam toko kalian bukan hanya melihat lihat apa yang akan kamu jual. Mereka memperhatikan setiap ulasan dan testimoni yang ada.

Banyak dari kita berpikir bahwa dengan banyaknya orang mengunjungi toko maka semakin baik. Disisi lain kita sebagai penjual harus tetap menjaga image toko, ulasan buruk sedikit saja bisa berdampak besar.

4. Kirimkan tepat waktu
Sama halnya dengan diatas, pengiriman yang terlambat akan mendapatkan ulasan dari pembeli misal "paketnya sudah datang tapi terlalu lama" 

Ulasan seperti ini sebisa mungkin dihindari, tidak semua orang punya banyak waktu, kadang ada juga yang ingin barang itu sampai lebih cepat dari estimasi.

Ini tentunya berdampak kepada pembatalan produk yang sangat dijauhi bagi penjual. karena terlalu lama Bisa saja pembeli membatalkan pesanannya

5. Selalu respon chat
Setiap kali ada yang memesan selalu liat dan respon chat pembeli, ini akan meningkatkan nilai toko karena penjualnya sangat responsif.

Dari pengalaman saya sendiri, melakukan kontak dengan penjual toko membutuhkan setidaknya 5-10 jam sampai chat kita dibalas. Maka dari itu selalu utamakan costumer service.

Sebuah toko online yang bagus akan mendapatkan rating tinggi, ulasan menarik dan juga posisi diatas.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »