Cara mengatasi lovebird sesak nafas atau megap megap

Burung Lovebird sesak nafas atau megap megap biasanya paling banyak kita jumpai pada lovebird yang tak terawat dan cuma dijadikan pajangan saja. Seperti diketahui bahwa lovebird sendiri mudah terserang penyakit seperti sesak nafas atau yang paling buruknya nyilet.

Lovebird yang sesak nafas atau megap megap biasanya ditandai dengan beberapa faktor salah satunya terserang bakteri yang masuk ke tubuh lovebird. Bisa jadi karena vitamin yang diberikan kurang sehingga daya tahan tubuh lovebird jadi rentan. Atau bisa juga karena minuman/makanannya yang diberikan sembarangan dan tidak terawat sehingga minuman/makanannya terdapat bakteri.

Tanda tanda yang biasa terlihat pada lovebird ketika sesak nafas antara lain:

-lovebird tidak mau makan

-nafas lovebird tersendak sendak

-lovebird bersuara tidak nyaman saat sesak nafas

-lovebird tidak mau bergerak

Beberapa tanda diatas bisa kalian lihat dengan jelas karena merupakan hal yang paling umum dalam dunia lovebird. Ada masalah ada solusi pastinya, kita bisa memakai cara dibawah ini jika ingij mengikuti langkah"nya.

1. Menggunakan D2K

Sebenarnya yang dijual dipasaran tersebut lebih ke vitamin bukan obatnya. Jadi vitamin yang masuk akan meningkatkan daya tahan tubuh lovebird sehingga dapat memerangi bakteri/virus yang ada + membuat nafsu makannya kembali.

  • -Botol diisi air mineral/air matang sampai 1/2 botol, kocok dulu sebelum diteteskan ke mulut .
  • -Untuk anak burung 3X sehari 1 tetes.
  • -Burung dewasa 3X sehari 3 tetes selama 3 - 5 hari.
  • -Bisa langsung diberikan dlm bentuk serbuk, 1 pucuk sedotan air 1X selama 3-5 hari.
  • Kalau sudah tercampur air obat akan rusak dalam waktu 2 minggu.

2. Air campur minyak kayu putih
Saya liat di youtube juga di forum" Banyak yang rekomendasiin cara ini. Biasanya dibilang terapi burung, sama seperti manusia. Burung seperti lovebird juga bisa dilakukan terapi.

Caranya dengan menambahkan air hangat ke mangkuk, lalu campurkan dengan minyak kayu putih. Tempatkan dibawah kandang lovebird dan tunggu sampai sesaknya hilang. Biasanya setelah sesaknya hilang maka lovebird langsung mencari makan.

Kesimpulannya ialah ada banyak cara sebenarnya untuk menghentikan sesak nafas atau megap megap pada lovebird coba saja cari pasti dapat. Yang perlu diperhatikan ialah perawatan rutin lovebird seperti menjemurnya dibawah matahari jam 8-10 pagi, minumannya serta makanannya.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »