Cara mengatasi air yang masuk ke gardan motor matic

Cara menangani air masuk ke gardan motor matic. Disaat musim hujan seperti sekarang ini, motor motor sangat rentan mogok atau tidak bisa berjalan bahkan sampai rusak. Ini menjadi perhatian serius bagi kita selaku pengendara motor karena tanpa kendaraan maka sangat sulit menempuh perjalanan sampai ke tujuan.

Masalah yang serius timbul dibagian penyimpanan oli gardan, pasalnya jika oli gardan sudah tercampur air maka oli yang seharusnya berfungsi sebagai pelumas tidak akan memiliki daya pelumas lagi. Lama kelamaan gear menjadi haus dan akhirnya rusak.

(BACA JUGA: Tips kaya, usaha diperumahan sepi)

Semua pengendara motor khususnya motor matic harus memperhatikan hal ini, terlebih lagi karena seringnya air masuk ke gardan motor menyebabkan kita menjadi terhambat.

Cara mengatasi gardan motor yang kemasukan air ialah cek dahulu gardannya, bersihkan pasir pasir yang menempel barangkali disana terdapat kebocoran karena tertutup pasir maka kita tidak melihatnya.

Kemudian periksa pipa/selang yang terdapat di gardan, itu berfungsi untuk membuat hawa panas yang dihasilkan oleh gardan. Coba periksa bagian selang dan lihat apakah ada kebocoran atau selang hawa tersebut sudah usang maka lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Ini jika hujan saja, nah lantas bagaimana jika banjir? Maka lebih sulit lagi karena gardan akan terendam oleh banjir. Satu satunya cara jika terendam ialah menunggu sampai motor benar benar kering dahulu, lalu cek keadaan oli gardannya, jika sudah tercampur oleh air maka lebih baik diganti saja.

(BACA JUGA: Dropshiper, solusi bisnis online tanpa rugi)

Lantas jika mogok bukan karena gardan mungkin kalian bisa atasi dengan langkah dibawah:

  • Cek kondisi oli terlebih dahulu
  • Pastikan tidak terkontaminasi dengan air
  • Saringan udara apabila terkena air juga harus diganti, karena suplai udara terhambat air
  • Bersihkan busi
  • Pastikan kondisi knalpot sudah tidak ada airnya, bila masih ada sisanya dikhawatirkan air akan masuk ke ruang bakar atau mesin saat dihidupkan
  • Segera datang ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan yang terbaik

Semoga membantu memperbaiki motormu.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »