5 Tips memelihara kambing yang jarang diketahui

Tips dan saran yang bisa kamu terapkan dalam memelihara kambing dimusim hujan. Kambing merupakan komoditas besar bagi para pengusaha kambing khususnya kambing jawa yang saat ini sudah tersebar luas dan merupakan kambing asli indonesia.

Kambing pada umumnya jarang sakit ya, karena kambing punya daya tahan tubuh yang tinggi. Namun demikian jangan anggap bahwa kambing tidak bisa sakit loh, pengendalian jamur yang ada ditubuh kambing saat mempengaruhi kesehatan tubuhnya.

(BACA JUGA: 5 penyakit yang biasa menyerang sapi saat musim hujan)

Apalagi disaat sekarang ini musim hujan yang menyebabkan banyak ternak yang sakit dan akhirnya mati. Juga peternak akan mengalami kerugian besar. Inilah tips yang jarang diketahui bagi yang memelihara kambing.

1. Jangan masukkan ke kandang

Kambing kambing yang baru dibeli hendaknya tidak dimasukkan kedalam kandang terlebih dulu. Mereka sebaiknya ditaruh diluar kandang dan diberi jalan jalan sedikit. Setidaknya sampai mereka bisa beradaptasi dengan kandang yang baru.

Bukan tidak mungkin jika kandang yang baru akan membuatnya stress dan kurang makan. Tapi biasanya kambing bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

2. Jangan beri makan terlalu banyak

Misalnya saat pagi hari kambing kambing di beri makan full atau berlebihan. Maka pada siang hari dan sore hari kambing tersebut kurang makan. Sebaiknya makanan yang diberikan pada pagi hari dibagi 3.

Jadi kalian bisa memberinya sepertiga di pagi hari, sepertiga di siang hari dan sisanya di sore hari. Jangan lupa minumannya harus tetap dijaga agar bersih dan tidak tercampur air lain.

3. Memandikan kambing

Sangat jarang para peternak kambing yang melakukan ini tapi percaya tidak percaya hal ini bisa membuat kesehatan kambing meningkat. Mungkin karna memandikan 100 ekor kambing bukanlah hal yang mudah tapi untuk yang memelihara 10 ekor saja bisa menerapkan ini.

Setidaknya mandikan kambing 2 kali setahun agar menjaganya dari bakteri dan jamur yang menempel di bulu kambing. Ini mampu mengatasi masalah bulu yang kotor dan menambah nilai jual pada kambing.

4. Beri vitamin

Makanan sehari hari mereka tidaklah cukup dalam menjaga vitamin dalam tubuh kambing tetap tercukupi. Walaupun kita jarang melihat kambing diberi vitamin dan hanya diberi makan saja, nyatanya kambing sama seperti ternak lainnya yang butuh vitamin.

(BACA JUGA: ternak burung ciblek penghasilan jutaan)

Memberikan makanan harian saja tidak membantunya dalam mencukupi vitamin. Kalian bisa mendapatkan vitamin tambahan dari penjual makanan ternak terdekat, merk seperti NASA atau simontok merupakan pilihan yang bagus meskipun ada banyak suplemen vitamin lainnya diluar sana.

5. Memotong kuku kambing

Sepertinya jika bukan pemula maka kalian pasti tau ini, menjaga kuku kambing tetap bersih ialah salah satu tips agar kambing sehat. Kuku kambing juga berpengaruh dalam proses perkawinan kambing dimana jika kukunya panjang akan sulit mengawinkannya dengan betina.

Selain memotongnya kalian juga bisa membersihkannya jika ada kuku yang mengalami pembusukan. Cara ini ampuh untuk membersihkan kambing dan sekaligus mengendalikan penyakit.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »