Jenis jenis pur atau voer ayam beserta fungsinya

Halo sobat mfb, pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas mengenai voer ayam yang biasanya beredar dipasaran. bisa kita jumpai banyak pada penjual pakan ternak terutama untuk voer ayam ini. tapi pernahkah kita berpikir tentang kegunaan voer ini karena memiliki angka yang berbeda beda? mungkin kita hanya langsung memberikannya kepada ayam tanpa mengetahui voer ini harus diberikan kepada ayam apa. maka dari itu semoga saja jenis beserta kegunaan dibawah ini dapat membantu kalian.

Perlu diketahui bahwa pada bahasan kali ini voer ayam dengan kode 593 itu tidak dimasukkan karena sangat sulit untuk menemukan voer ini sehingga voer yang ada dipasaran biasanya hanya seperti dibawah ini.

1. Voer ayam 511 (Crumble)

Dikhususkan untuk pedaging nutrisi protein dan lemaknya sangat tinggi dan sangat direkomendasikan untuk ayam pedaging dan bisa juga untuk ayam bangkok. ayam ayam tersebut bagusnya diberikan saat berumur 1-4 bulan untuk meningkatkan pertumbuhan ayam.

2. Voer ayam 512 (Pakan lanjutan)

Dikhususkan untuk ayam pedaging jika kalian memberikannya pakan 511 sebelumnya, pakan ini bisa diberikan setelah melewati masa 4 bulan pemberian pakan 511 dan fungsinya dapat meningkatkan pertumbuhan ayam menjadi lebih besar. kalian juga bisa memberikannya ke ayam bangkok jika dirasa ayam bangkok sangat kurus dan kurang nutrisi.

3. Voer ayam 591 (Crumble)

Dikhususkan untuk ayam bangkok yang berumur 1-3 bulan dimana ayam jika diberi pakan ini tidak meningkatkan pertumbuhan ayam namun bagian bagian seperti tulang ayam bangkok akan semakin kuat dan kokoh serta dagingnya keras. karena memang ayam bangkok membutuhkan hal yang seperti itu  dan bisa dipadukan dengan 511 agar pertumbuhan ayam bangkok semakin baik. 

4. Voer ayam 592 (Pakan lanjutan)

Setelah 3 bulan ayam diberi pakan Voer 591 maka selanjutnya dapat diberi Voer yang lebih kasar daripada sebelumnya yaitu Voer 592. Pakan ayam ini memiliki struktur yang lebih besar dan kasar dibanding 591 serta dapat membantu peningkatan pertumbuhan ayam menjadi lebih baik jika diberikan ke ayam bangkok.

5. Voer ayam 594 (Pakan lanjutan)

Dikhususkan untuk ayam bangkok karena memiliki kandungan lemak yang rendah namun berprotein tinggi sehingga dapat membuat ayam bangkok memiliki tulang yang kokoh. selain itu jika lemak tinggi maka dapat menganggu ayam dalam bertanding karena mempengaruhi pergerakan serta kelincahan ayam bangkok.

6. DOC starter halus

Dikhususkan untuk ayam yang baru menetas hingga 2 minggu karena anakan ayam yang baru menetas ini tidak ingin memakan pakan ayam yang terlalu besar seperti AD 1 dan butiran yang lebih besar lainnya. jika tetap diberikan biasanya anakan ayam hanya akan mengacak ngacak makanannya saja serta besarnya butiran dapat mempengaruhi pencernaan ayam yang mana butiran halus lebih mudah dicerna.

Detelah mengetahui jenis voer ayam yang biasanya ada di penjual pakan ternak maka kalian mungkin bisa membuat perubahan terhadap ternak kalian dengan mengganti pakannya secara benar. pemberian pakan sangat penting apalagi kalian yang baru belajar untuk mulai beternak ayam khususnya ayam pedaging karena sangat rentan terkena penyakit.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »