10 Tips agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa

Bulan Ramadhan merupakan momen paling dirindukan umat islam karena pada bulan tersebut seluruh umat islam yang ada di dunia menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan lamanya. Tentu saja karena ini hanya dilakukan sekali dalam setahun sehingga merupakan bulan yang paling di nanti nanti. 

Ada yang suka karena berlomba lomba memperbanyak ibadah dan ada juga yang suka karena banyak liburnya hehe tapi fokus kita yang paling pertama adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada artikel kali ini mfb akan membagikan tips agar kalian bisa tahan saat puasa dan tidak lemas, jadi mari kita simak. 

1. Menu yang bagus saat sahur

Beberapa pilihan menu akan sangat membingungkan jika kita hanya memilih milih saja tanpa mempertimbangkan apakah kita akan bertahan sampai maghrib nanti atau tidak. Ini hanya rekomendasi mfb karena hanya menyangkut makanan yang biasa kita temukan dan paling gampang dicari. 

  • Karbohidrat kompleks

Ada baiknya jika nasi putih yang kita makan jangan terlalu banyak. meskipun mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat serapan nutrisi dalam perut bertahan lebih lama, faktanya nasi putih hanya dapat meninggikan gula darah dan pada akhirnya membuat kalian lapar kembali. 

Cobalah untuk menyandingkannya dengan kentang atau jika perlu ganti dengan beras merah. Walau sama sama nasi namun nasi basmati(beras merah) jauh lebih baik daripada nasi putih. 

  • Sayur

Bagi sebagian dari kita mungkin buah buahan setelah makan itu tidaklah wajib, apalagi nasi + sayur itu udah sangat kompleks menurut kita orang yang jarang mengkomsumsi buah ya kan hehe jadinya mfb tidak memasukkan point buah pada artikel ini karena hanya yang umum saja yang biasa kita makan. 

Sayur yang paling baik di konsumsi ya enaknya sayur sop. Kenapa? Karena mengandung banyak campuran seperti kentang, wortel, kacang"an sehingga menjadi sangat kompleks. Ada juga sayur lain seperti brokoli,  mentimun, selada, dan bayam. 

Sayur yang sebaiknya di hindari dan paling umum di konsumsi ialah kangkung. Karena kangkung tumis mengandung zat kapur yang dapat menyebabkan asam urat. Akibatnya badan kita akan pegal pegal deh. Sayur lainnya seperti jamur, jamur mengandung fruktosa tinggi dan dapat menyumbang produksi gas lebih banyak sehingga perut menjadi kembung. 

  • Lauk yang penuh protein

Makanan berprotein tinggi seperti telur dan daging bisa didapatkan dengan mudah. Daging yang saya maksud seperti daging sapi tanpa lemak, daging ayam ataupun ikan. Sangat penting mengonsumsi protein karena membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Jika bisa lebih baik kalian juga mengonsumsi susu agar kebutuhan harian kalian terpenuhi dengan baik. 

2. Jam olahraga terbaik

Setelah selesai sahur maka kalian perlu menangkan diri 3-4 jam setelah makan, Untuk membiarkan tubuh mencerna makanan. Jadi saat selesai sholat subuh jangan langsung olahraga gais, santai aja dulu. Jam olahraha terbaik menurut beberapa referensi yaitu saat sore hari atau saat hampir berbuka puasa. 

Ya jika dipikir itulah titik kritis dimana kuta sangat kelaparan namun jika dilakukan saat jam 3 sore dan beraktivitas 2 jam maka kita tidak akan khawatir lapar. Yang ada malah kita teringat "waktu berbuka tinggal sedikit lagi jadi ayo teruskan lagi" Gitu. 

3. Perbanyak minum air putih

Tenggorokan kering keronta saat berpuasa dan bibir mulai pecah pecah akibat kekurangan minum air putih saat sahur ataupun malam hari. Perlu diingat bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% air yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Air putih cukup diminum minimal 2 gelas saat sahur atau bisa juga lebih. Ini tergantung apakah kalian masih merasa dehidrasi ataupun sudah cukup, jika masih terasa dehidrasi kalian bisa minum air putih lagi. 

4. Solusi bagi yang tidak sempat sahur

Jika kalian sangat lelah dan butuh istirahat yang sangat sangat lama maka kalian akan melupakan satu hal yaitu sahur. Terkadang kita semua bisa saja kebablasan sehingga tidak bangun dan makan sahur. 

Namun tidak semudah itu membuat alasan membatalkan puasa. Ada solusinya loh, kalian cobalah untuk mandi air dingin di pagi hari. Jika masih gerah kalian bisa mandi air dingin lagi. Fungsinya apa sih? Ya sirkulasi aliran darah akan menjadi lancar dan tubuh yang lemas bisa menjadi segar kembali. 

5. Tidur siang

Bukan rahasia lagi ya kan karena tidur siang dapat memangkas waktu puasa menjadi singkat sehingga kita tidak merasakan panasnya terik matahari yang membuat haus. Cobalah memanfaatkan tidur siang ini seperti selesai sholat dhuhur sampai sholat ashar. 

Tidur juga dapat mengurangi rasa lapar yang bergejolak di perut andaikan kalian tidak sempat untuk sahur. Tapi ingat saat pagi dan sore kamu harus tetap produktif serta jangan rebahan terus karena ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan loh. 

6. Ngeblog

Sebagai seorang blogger yang masih pemula, mfb awalnya cuma iseng iseng karena tidak adanya kegiatan dan kebetulan mfb suka menulis jadi ngeblog aja deh, lagian ngeblog tidak seribet ngeyoutube kok hehe... Asalkan kalian tidak ada pikiran untuk menghasilkan uang dari blog maka blog bisa menjadi sarana menghabiskan waktu kamu dan membagikan tulisanmu saat berpuasa.

Sekian artikel mfb kali ini dan semoga dapat membantu kalian bertahan saat berpuasa ya 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

32 Comments

  1. Terima kasih tipsnya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soap sama sama jangan lupa support terus mfb

      Delete
  2. Pas banget bentar lagi puasa.,.,

    ReplyDelete
  3. Wajib dicoba nihh tips nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips yang sangat berguna dong tentunya👍

      Delete
  4. terimakasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. bisa lgsg dicoba buat bulan ininihh

    ReplyDelete
  6. Wahh terimasih tips nya kak! Sangat bermanfaat!!

    ReplyDelete
  7. Sangat berguna sekali infonya. Terima kasih banyak!

    ReplyDelete
  8. hehehe pas bgtt bentar lagi puasa, jadi pengen wo pas puasa

    ReplyDelete
  9. Waww sgt membantu terima kasih infonya

    ReplyDelete
  10. i'll try soon ��

    ReplyDelete
  11. sangat membantu, bentar lagi puasa bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  12. Bentar lg puasa,sangat membantu ilmunya

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat apalagi mau bulan Ramadhan

    ReplyDelete
  14. Sangat bermanfaat sekali tips untuk Ramadhan nanti

    ReplyDelete
  15. Kay ❤💛💚💙💜2 April 2021 at 06:06

    Tipsnya perlu dicoba nih hehehehe

    ReplyDelete
  16. Wahhh terima kasih banyak atas infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Thanks infonya

    ReplyDelete
  18. Thank you infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  19. Sebentar lagi puasa,dan kita dapat info yg bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Infonya yg sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan di saat harus sekolah/bekerja saat puasa, terimakasih

    ReplyDelete
  21. Bagus banget nih ilmu sebelum memulai bulan ramadhan 👍

    ReplyDelete
  22. Makasih banyak atas infonyaka, bener bener bermanfaat mengungat sebentar lagi masuk buoan ramdahan

    ReplyDelete
  23. Makasih banyak buat artikel nya

    ReplyDelete
  24. Makasih banyak artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete