Cara mendeteksi banyaknya burung ditempat kita

Hewan akan melakukan migrasi atau perpindahan tempat tinggal pada waktu tertentu. Misalnya burung yang akan terbang untuk melakukan migrasi dan mencari makan di tempat lain saat musim dingin datang.

Migrasi yang dilakukan burung ini bertujuan untuk mencari makan dan tempat tinggal di tempat yang lebih hangat. Hewan akan terus bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya dengan jarak dan rute yang tidak menentu. Hal ini terutama dilakukan ketika hewan sedang bermigrasi di musim tertentu.

(BACA JUGA: Cara terbaik untuk ternak burung ciblek, untung jutaan rupiah)

Ada tujuan khusus dari dilakukannya pelacakan pergerakan hewan, nih, teman-teman. Pelacakan pergerakan hewan dilakukan untuk melindungi hewan itu dari kepunahan. Dengan mengetahui pola pergerakan hewan, maka peneliti bisa memperkirakan wilayah yang dilalui oleh hewan, apakah mengalami kerusakan, atau ada predator lain di wilayah itu. Pelacakan hewan ini penting dilakukan untuk melindungi populasi hewan itu.

1. Menggunakan drone

Drone biasa mempunyai berbagai macam jenis ukuran, bentuk, dan fungsi. Beberapa drone dilengkapi dengan kamera, infra merah, GPS, sensor, dan bisa juga senjata serta alat pendukung lainnya. Drone terbuat dari bahan yang ringan, sehingga bisa terbang dengan cepat dan dapat juga terbang pada ketinggian yang rendah maupun ketinggian tertentu untuk menghindari hal yang diinginkan.

Pemanfaatan drone di kalangan sipil mempunyai banyak kegunaan seperti pencarian dan penyelamatan, memantau lalu lintas dan cuaca, mengantar barang, memadamkan api, dan juga mencari cara foto yang bagus di bidang fotografi.

2. Tanya orang asli disana

Satu satunya sebelum kita ingin mendeteksi bahwa banyak kawanan burung ada ditempat kita adalah dengan bertanya dengan penghuni tetap orang yang tinggal disana. 

Karena mereka lah yang dapat memberitahu kita apakah ditempat sana banyak burung atau tidak. Juga mereka pula lah yang selalu memperhatikan setiap hewan yang berada disekitar kawasan mereka tinggal. 

3. Mengecek cuaca

Cuaca sangat penting bagi para burung. Burung merupakan makhluk penting yang mampu menandai adanya kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. 

Peneliti dari Research Center for Climate Change Universitas Indonesia, Nurul Winarni, coba menjabarkan vitalnya peran burung sebagai indikator perubahan iklim tersebut. Menurut Nurul, burung sangat sensitif jika terjadi perubahan di lingkungannya.

4. Perhatikan tanda tanda keberadaan burung

Jejak jejak burung dapat kita temukan di berbagai batang pohon maupun dahan dahan lainnya. Sebagai contoh, untuk mengetahui keberadaan burung biasanya terdapat sangkar tempat burung bertelur dan tak lupa juga cek didalam batang pohon biasanya burung burung akan bertelur didalam sana. 

5. Memakai umpan

Yap terakhir kali cara ini digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya burung disekitar tempat kita. karena burung tentu saja hewan yang pemalu terhadap keberadaan manusia, Maka sering kali para burung beterbangan ketika melihat manusia. 

(BACA JUGA: Ramuan khusus ciblek biar gacor dan menang lomba)

Satu satunya cara mengecek keberadaan burung itu sendiri dengan memberinya umpan. Kalian bisa melihat di artikel lain cara memberi umpan kepada burung.

Jika hasil umpan kalian dimakan itu artinya keberadaan kelompok burung hampir 100% ada dan bukan tidak mungkin dapat bepergian lagi ke lokasi yang berbeda. 

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang berusaha mencari banyak burung dan tidak menangkapnya melainkan melepaskannya kembali. Terimakasih

keywords : Cara mengetahui keberadaan burung, cara melacak kawanan burung, mendeteksi banyaknya burung, mengetahui koloni burung. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »