Ini yang terjadi jika salah memasukkan golongan darah

Halo sobat mfb, belakangan ini donor darah menjadi salah satu aktivitas yang paling dibutuhkan bagi mereka yang memiliki penyakit seperti kecelakaan, transplantasi organ, anemia, dan hemofilia.

Mungkin sebagian sobat mfb sudah pernah mendonorkan darah. Sudah tidak asing lagi mendonorkan darah untuk saudara kita yang membutuhkan. Tipe utama darah sendiri dibagi menjadi 4 golongan, yaitu golongan darah A, AB, B, O. 

Golongan darah sendiri ditemukan pada abad ke 20 sehingga sebelum abad tersebut banyak orang yang meninggal akibat salah transfusi darah. Sampai segitu pentingnya ya mengetahui golongan darahmu untuk orang lain.

Untuk mendonorkan darah sendiri tidak bisa sembarangan. Terdapat prosedur yang sudah disediakan oleh lembaga yang menanganinya dan telah ditentukan oleh para dokter. 

Jika orang yang butuh golongan darah A dan kamu memiliki golongan darah AB tentu saja itu tidak bisa, ada beberapa alasan yang membuatnya tidak diperbolehkan. Kecuali kalian memiliki golongan darah O yang bisa di transfusikan ke orang lain yang memiliki darah A, AB, B karena darah O bisa dibilang bisa berkawan baik dengan semua golongan darah. namun itu dulu, sekarang sudah tidak di anjurkan karena bisa saja terjadi reaksi transfusi darah walau persentasinya sedikit. Sayang sekali golongan darah lain tidak bisa mendonor ke golongan darah O hehehe...

Walaupun kasus donor darah yang salah sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi jika salah prosedur penanganan. Inilah yang terjadi jika salah memasukkan golongan darah

Golongan darah yang tidak segolongan dengan pendonor maka akan membuat darah yang masuk kedalam tubuh dianggap sebagai material asing yang harus dibasmi. Disinilah akan terjadi perbedaan antar darah yaa bisa dibilang darah disana berkelahi sesama darah hehe... 

Perbedaan tersebut membuat tubuh akan bergejolak menyebabkan demam dan tubuh menggigil. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang darah putih yang masuk. Tubuh seakan tidak terima dengan darah lain yang masuk. 

Di ginjal seluruh kotoran dan zat asing akan tersaring, darah asing yang masuk akan tersaring oleh ginjal sebagai material asing. Kemudian menyebabkan ginjal akan bekerja extra sampai membuatnya gagal ginjal. Jika hal ini sampai terjadi maka kemungkinan kalian harus cuci darah. 

Jika ginjalmu sudah bermasalah, ya pastinya kalian tau sendiri bahwa penyakit penyakit baru akan lebih mudah menyerang. Namun hal menariknya adalah jika darah yang masuk ke tubuh jumlahnya sedikit dan dapat ditangani oleh ginjal, maka tubuh akan berangsur angsur membaik. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa yang terjadi jika salah mendonorkan darah. Semoga bermanfaat, terimakasih. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »