Ayam kurus dan cara menggemukkannya


Ayam ayam yang kita rawat biasanya memiliki tubuh yang kurus dan berbeda dengan ayam punya tetangga yang gemuknya bisa dikatakan sudah layak di potong. hal seperti itu sangat sering terjadi apalagi dikalangan kita pecinta ayam bangkok atau ayam aduan.

Pakan yang diberikan kepada ayam ayam seperti ayam bangkok dan ayam broiler memang perlu diperhatikan perbedaannya. karena tujuan ayam ini juga berbeda beda seperi ayam bangkok yang tulangnya harus kuat serta besar berbeda dengan ayam broiler yang dagingnya harus banyak.

Ada beberapa faktor yang membuat ayam menjadi kurus:

1. Cacingan
Penyebab yang paling umum kenapa ayam kurus adalah disebabkan karena ayam cacingan. Cacingan adalah penyaki yang disebabkan oleh cacing parasit yang menyerang bagian usus pada ayam. Ciri yang paling nampak jika ayam cacingan yaitu tubuh ayam akan kurus, bulu kusam dan pertumbuhan ayam menjadi lambat. Cacingan adalah salah satu penyebab mengapa ayam aduan kurus dan susah gemuk. Cara mengatasi ayam cacingan bisa dilakukan dengan cara memberikan obat cacing atau bisa juga dengan memberikan ramuan herbal dari buah pinang.


2. Pakan Kurang Gizi
Kemudian kemungkinan yang paling masuk akal mengapa ayam aduan kurus adalah kurang gizi. Gizi ayam dapat dipenuhi dengan pakan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan ayam. Misalnya saja kita sudah memberikan pakan yang maksimal terhadap ayam aduan kita, akan tetapi setiap hari ayam hanya diberikan pakan berupa jagung dan air secara terus menerus dan pastinya kebutuhan nutrisi pada ayam tidak terpenuhi. 

Sebagai majikan yang bijak sebaiknya kita melakukan kombinasi pakan dan tidak hanya berpatok pada jagung, jagung dan jagung secara terus-terusan dan cobalah sesekali memberikan pakan berupa nasi, beras, konsentrat, sayur-sayuran supaya kebutuhan gizi pada ayam dapat terpenuhi. Kemudian lebih baik jika kita memberikan jamu untuk ayam agar ayam lebih sehat.

3. Faktor Keturunan
Salah satu faktor yang mempengaruhi ukuran ayam aduan adalah faktor keturunan yang dimana adalah bawaan sejak lahir yang diturunkan oleh pacek dan babon ayam. Apakah keturunan berpengaruh pada ukuran tubuh ayam? Jawabannya adalah “iya”, karena keturunan sangat mempengaruhi struktur fisik, teknik, bakat dan kecerdasan ayam aduan. Contohnya pacek dan induk ayam yang berukuran kecil (tipis) kemungkinan besar struktur fisiknya akan menuruk terhadap keturunanna.

4. Ayam Terlalu Aktif
Lalu ayam yang terlalu aktif bergerak juga dapat menyebabkan ayam menjadi kurus dan susah gemuk, alasannya karena pembakaran lemak pada ayam yang aktif akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan ayam yang malas bergerak. Solusi untuk menggemukan ayam seperti ini adalah dengan cara dikandang pada kandang bok dan kemudian diberikan pakan yang maksimal.

5. Proses Perkawinan
Proses perkawinan sangat berpengaruh terhadap bentuk dan ukuran ayam dan banyak master botoh yang mengatakan hal ini memang benar adanya. Perkawinan sangat berdampak buruk terutama pada ayam jago yang masih muda, hal ini dikarenakan pada masa ini bisa dibilang ayam jago masih dalam masa pertumbuhan. 

Akan tetapi hal ini juga bisa terjadi terhadap ayam dewasa, biasanya ayam yang sedang ngawin akan kehilangan nafsu makan dan mereka lebih tertarik untuk memamerkan makanan yang kita berikan kepada ayam betina dan membiarkanya dimakan oleh ayam betina.

6. Struktur Tulangan
Masalah struktur tulangan memiliki pengaruh terhadap ayam susah gemuk masih menjadi tanda tanya besar dan menjadi kontroversi dikalangan botoh. Ada yang menerima anggapan ini dan ada pula yang membantahnya. Sebagian orang menganggap bahwa ayam yang memiliki tulangan kecil memang tidak bisa gemuk. Cara melihat dan membedakan tulangan ayam yaitu dengan cara melihat ukuran kaki pada ayam, jika berukuran kecil maka disebut struktur tulangan kecil dan sebaliknya.

lantas begini cara agar ayam menjadi cepat gemuk dan besar:

1. Berikan Sorgum
Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan , pakan ternak, dan bahan baku industri. Sorgum sangat cocok jika digunakan sebagai pakan ayam karena kandungan protein yang lebih besar dari pada jagung. Namun walaupun sorgum dijadikan sumber pangan oleh beberapa daerah di Indonesia kita akan sulit menemukan sorgum dan harganya pun jika dikirim ke wilayah kita tidak murah.

2. Coba Berikan Obat Cacing
Kemungkinan yang bisa saja terjadi sehingga ayam kurus ialah terkena penyakit cacingan.

3. Telur Puyuh atau Telur Bebek
Tahukah sobat kalau ternyata kandungan protein ada pada telur puyuh dan juga telur bebek termasuk yang paling tinggi. Makanya sangat baik diberikan pada ayam aduan agar kualitasnya jauh lebih baik.


4. Dedak Padi
Dedak Padi atau biasa disebut juga Bekatul, diperoleh dari limbah hasil olahan padi menjadi beras. Dedak adalah jenis pakan paling dikenal dan paling sering digunakan. Dedak mengandung sumber energi dan asam amino yang tinggi. Sebaiknya kita perlu membatasi pemberian dedak pada ayam muda, karena di dalam dedak terkandung sekitar 11 – 12% serat kasar yang sedikit sulit dicerna oleh ayam.

5. Mengurangi Aktivitas Pada Ayam
Menggemukan ayam bangkok aduan tidak hanya bergantung pada makanan yang diberikan saja. Selain itu cara perawatan juga patut diperhatikan, misalnya dengan mengurangi aktivitas pada ayam.

Cara cara diatas bisa kalian ikuti dirumah untuk membuat ayam menjadi besar dan gemuk, disamping itu kalian harus memperhatikan voer apa yang kalian berikan kepada ayam saat berumur kecil hingga dewasa karena peruntukkannya juga berbeda. semoga membantu.

Keywords: menangani ayam kurus, menggemukkan ayam kurus, solusi agar ayam kurus gemuk, cara agar ayam kurus jadi gemuk, makanan untuk ayam kurus.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »