Mengapa burung parkit tidak mau kawin dan tidak bertelur


Kenapa burung parkit kita tidak mau bertelur? Kesalahan pemilihan induk misalnya kita memilih induk yang sejenis kelamin (jantan-jantan atau betina-betina), perbedaan umur induk dimana induk betina lebih tua dibandingkan umur pejantannya dapat berakibat parkit yang kita pelihara tidak akan bertelur. Untuk mengatasinya usahakan untuk memilih indukan yang berpasangan. Semisal kita berkeinginan untuk memelihara parkit dalam jumlah yang banyak lebih dari satu pasang, usahakan untuk memelihara parkit dalam jumlah yang sama antara jantan dan betinanya, dan usahakan dengan umur yang sama.

Kekurangan nutrisi atau malnutrisi atau gizi yang tidak seimbang berakibat parkit yang kita pelihara tidak bisa bertelur alias majir atau lama bertelurnya, kalaupun bertelur tidak bisa menetas, begitu menetas tidak diloloh induknya. Begitu pula apabila kelebihan nutrisi akan berakibat telur yang dihasilkan tidak bisa ditetaskan alias telur tidak dibuahi alias telur kosong. Untuk mengatasinya berilah parkit kita pakan yang mengandung gizi berimbang dan dimaui oleh parkit. 

Percuma saja jikalau pakan kita berimbang gizinya tetapi parkit tidak mau makan. Pakan yang biasa diberikan untuk parkit adalah jenis biji-bijian seperti milet merah, milet putih, jewawut, atau jenis biji-bijian lainnya. Untuk member usapan protein berikan jagung muda atau kecambah kacang hijau. Penambahan suplemen multivitamin juga dianjurkan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizinya. Penambahan usapan protein ini dianjurkan untuk semua umur parkit, baik indukan atau yang masih muda.  
Pemilihan tempat kandang parkit juga menentukan keberhasilan pemeliharaan parkit kita, terlebih apabila kita memelihara parkit untuk keperluan dibudidayakan. Lokasi kandang yang tidak tepat mengakibatkan parkit stress. 

Parkit yang stress sulit untuk berkembang biak bahkan bisa mengakibatkan parkit yang kita pelihara menjadi sakit. Jika stress berkelanjutan berakibat kematian pada parkit yang kita pelihara. Berbeda halnya kalau kita memelihara 
parkit sebagai burung klangenan atau dinikmati bulu dan suaranya tanpa tujuan dikembangbiakkan.

Cara agar burung parkit cepat bertelur. 
  • Burung Parkit yang baru ditempatkan di dalam kandang, pastinya membutuhkan penyesuaian terhadap lingkungannya yang baru. Agar proses ini berhasil, coba campur air minum dengan obat penghilang stres yang banyak dijual di pasar Burung atau dengan cara lain dengan mencampurkan gula merah/gula Jawa agar stamina Burung tidak merosot.
  • Dalam waktu seminggu 2 kali, beri induk/bakalan Burung Parkit dengan ramuan penyubur, seperti toge, kangkung, serta jagung muda secara bergantian setiap harinya. Perlakuan seperti itu harus rutin dilakukan Burung Parkit cepat bertelur
  • Jangan lupa, agar stamina Burung Parkit tetap fit selama musim kawin, berikanlah tumbukan daun kemangi pada pakan pelet Burung Parkit
  • Apabila semua sudah terpenuhi, indukan Burung Parkit akan merasa nyaman. Induk betina Burung Parkit dapat kawin serta akan membuahkan 3 s/d 8 butir telur.
Keywords: burung parkit tidak mau bertelur, burung parkit tidak mau kawin, cara agar burung parkit cepat bertelur, burung parkit macet bertelur.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »