Daftar makanan khas lebaran dari berbagai belahan dunia


Lebaran hampir tiba! puasa yang kita jalankan selama 1 bulan penuh ini semoga dapat membuat diri kita menjadi insan yang lebih baik lagi. orang orang saat lebaran tiba juga berlomba lomba untuk membuat makanan khas lebarannya dari seluruh belahan dunia.

Makanan khas ini juga beraneka ragam loh! mulai dari negara muslim terbesar di eropa yaitu turki sampai kenegara muslim terbesar di dunia yakni indonesia punya makanan khasnya sendiri. mau tau apa saja itu? yuk simak beberapa daftar makanan khas lebaran dari seluruh dunia.


1. Sheer Khurma

Di daerah India, Pakistan, dan Bangladesh, ada santapan unik bernama Sheer Khurma yang menjadi sajian tradisional khas Idul Fitri. Sheer Khurma sendiri artinya adalah susu dan kurma yang disajikan di pagi hari sebagai sarapan setelah salat Eid. Makanan manis ini terbuat dari bihun, susu, gula, kurma, dan bisa ditambahkan detail lain sesuai selera seperti kacang almond, cengkeh, kunyit, kismis, kapulaga, hingga air mawar.

2. Khak

Khak, salah satu makanan khas asal Mesir. Salah satu makanan khas asal Mesir ini sudah ada sejak tahun 1540-1570 SM. Kudapan lezat ini menjadi hidangan spesial yang wajib ada setiap perayaan lebaran. Kue berbentuk bulat dengan isian kacang dan ditaburi gula halus ini menjadi salah satu makanan yang dicintai rakyat Mesir.

3. You Xiang

Walaupun minoritas, namun umat Islam di Cina tetap merayakan Idul Fitri dengan meriah, khususnya mereka yang berasal dari suku Hui yang tinggal di daerah Barat Laut Cina. Sama seperti di Indonesia, umat Muslim di Cina juga punya tradisi mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri dan menyantap you xiang bersama keluarga. Disajikan dengan sup atau nasi, you xiang adalah makanan berbahan tepung, ragi, garam, dan minyak. Walau terlihat sederhana, namun ada banyak pantangan yang harus dipatuhi saat membuat you xiang. Sebelum membuat you xiang, sang juru masak harus membersihkan diri (seperti wudhu) dan ada semacam dupa khusus yang dibakar sepanjang proses memasak

4. Maamoul

Makanan khas lebaran di Syria dan Lebanon. Maamoul. Makanan ini memang seringkali disantap saat momen lebaran di Syria dan Lebanon. Kue yang memiliki ukuran kecil tersebut berisi kacang pistasi dan kenari. Bagian luar maamoul biasanya ditaburi dengan serbuk gula. Cita rasa manis yang disuguhkan oleh makanan ini tentu mampu membuat orang merasa ketagihan dengan kelezatannya.

5. Laasida

Di hari Idul Fitri, orang Maroko biasanya memulai hari mereka dengan menyantap Laasida, santapan yang sekilas terlihat seperti puding beras, tapi sebetulnya terbuat dari couscous yang diberi rasa manis oleh mentega dan madu. Sederhana dan manis, Laasida juga disajikan dengan beberapa makanan pendamping seperti buah ara segar, pistachio, pomegranate, dan secangkir teh.


6. Bolani

Makanan khas lebaran ini berasal dari Afghanistan. Bolani sendiri merupakan flat bread yang dipanggang atau digoreng dengan sayuran hijau sebagai isinya. Selain sayur hijau, bolani juga bisa diisi dengan kentang, kacang-kacangan, labu, kucai, daun bawang, atau apapun selera kamu. Biasanya bolani juga disajikan dengan yogurt di sampingnya. 

7. Graybeh 

Tak cuma orang Indonesia yang gemar membuat kue kering untuk Lebaran, tapi juga orang-orang Timur Tengah seperti Palestina, Suriah, dan Lebanon. Orang Palestina menyebut kue kering Lebaran dengan nama graybeh yang biasanya ditambahkan kacang pinus atau almond, sementara orang Suriah dan Lebanon menyebutnya mamoul dan biasanya menggunakan kacang kenari atau kurma.

8. Cambaabur

Makanan khas yang berasal dari Somalia ini biasa dihidangkan saat momen lebaran tiba. Dilihat dari bentuknya, sekilas kue tersebut sangat mirip dengan leker yang umum dijumpai di Indonesia. Biasanya, orang Somalia memadukan topping gula atau yogurt untuk menambah kelezatan cambaabur. Selain isian sayuran, bolani juga biasa ditambahkan dengan kentang, kacang-kacangan, dan yogurt.

9. Tufahija

Tufahija merupakan dessert yang dinikmati oleh orang Bosnia di hari Idul Fitri. Sajian ini merupakan apel yang direbus dan direndam dalam gula dan diberi kacang walnut. Tak jarang, tufahija disajikan dalam gelas kaca yang dipenuhi sirup dan dihiasi whipped cream di atasnya untuk sajian manis di hari kemenangan.

10. Baklava dan Iftariye

Sebagai negara di Eropa dengan mayoritas muslim, Turki tentunya memiliki makanan khas yang selalu ada saat Hari Raya tiba, Baklava dan Iftariye. Baklava merupakan makanan berbahan pastry yang dijadikan kue dengan tekstur berlapis-lapis dan berisi berbagai macam potongan kacang yang kemudian di atasnya akan disiramkan sirup serta madu.

11. Italian Vegetarian Pasta

Makanan khas Lebaran dari negara amerika serikat adalah Italian Vegetarian Pasta. Pada saat Lebaran tiba, biasanya umat muslim di negara ini akan memasak makanan ini secara bersama-sama dan disantap juga secara bersama-sama. Selain Italian Vegetarian Pasta, ada juga makanan khas lebaran lainnya yaitu Ayam Panggang Gaya Amerika. Makanan ini disajikan dengan taburan buah Cherry.

12. Kue Kering

Sudah sering kali disetiap ramadhan, kue kering pasti selalu menjadi andalan dan primadona bagi setiap orang di indonesia. ada juga yang lebih memilih membuat kuenya sendiri dan juga jika malas lebih baik membelinya.

Semua makanan saat lebaran di dunia mempunyai khas daerahnya masing masing. apakah kalian berniat mencobanya? siap siap untuk mengunjungi satu persatu negara itu ya hehe semoga bermanfaat.

Keywords : makanan khas lebaran didunia, makanan seluruh dunia saat lebaran, makanan lebaran di dunia, kuliner khas lebaran di dunia, kue lebaran di dunia.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »