Cara Kerja Mesin Pembuat Kopi


Cara Kerja Mesin Pembuat Kopi
. Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak perkerjaan manusia terbantu oleh mesin. Tak pelak bahwa kopi juga terkena dampaknya. Kopi yang biasanya hanya kita nikmati dari racikan barista tampan di coffee shop langganan sekarang mengalami inovasi besar-besaran dengan adanya vending coffee. 

Mesin yang dapat menyajikan berbagai minuman kopi secara otomatis tanpa bantuan barista handal sekalipun. Tak hanya Vending Coffee saja yang sifatnya otomatis, pada dasarnya vending machine ada banyak jenis, ada yang menjual minuman ringan. 

Mesin kopi ini sengaja disediakan untuk mengatasi rasa kantuk yang datang mengganggu. Rasa kantuk bisa menjadi musuh dalam bagi beberapa orang yang bekerja di kantor, ataupun menunggu pesawat di bandara. Jika ada karyawan yang mengantuk di kantor, tentu saja produktivitas akan terhenti untuk sementara. 

KOMPONEN MESIN COFFE MAKER

  • Kabel power, kabel ini biasanya terdiri dari tusuk kontak untuk ke sumber listrik dan kontak steker untuk ke terminal pada peralatan.
  • Elemen pemanas, sebagi sumber panas mesin pembuat kopi biasanya berupa kawat nikelin berbentuk pipih yang dililitkan pada lembaran mika yang dibentuk sesuai dengan bentuk bodi mesin coffe maker.
  • Thermostat / pengatur panas otomatis, tersusun dari bahan bimetal yaitu lempengan dua logam yang berbeda koefisien muai panjangnya disatukan menjadi satu lempengan.
  • Terminal konektor penyambung antara kabel power dan elemen.
  • Lampu indikator penunjuk untuk melihat mesin coffe maker dalam keadaan mati atau menyala.
  • Tangki air.
  • Tutup berengsel
  • Penahan saringan dan katup tanpa tetes.
  • Indikator tinggi air.
  • Sakelar ON / OFF dengan lampu indikator penunjunk.
  • Teko kopi dengan tanda cangkir.
Cara Kerja Mesin Pembuat Kopi

Prinsip kerja mesin coffe maker yaitu dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui elemen pemanas . Panas yang dihasilkan dikumpulkan oleh besi pengumpul panas yang kemudian digunakan untuk memasak air yang sudah di campurkan kopi.

Berdasarkan cara kerjanya, ada 2 jenis mesin pembuat kopi yaitu model tekanan (pressure models) dan model pompa (pump models). Mesin model tekanan memanfaatkan tekanan uap panas untuk menyemprotkan air panas itu sendiri ke bubuk-bubuk kopi. Mesin model pompa memakai jas pompa elektrik untuk memompa dan menyemprotkan air panas melewati kopi dengan tekanan tinggi. Karena air melintasi kopi dengan cepat, jumlah volume kopi yang di seduh pun bisa lebih banyak . Mesin ini jelas jauh lebih mahal. Makanya hanya di pakai untuk kepentingan komersial seperti katering, restoran, cafe shop atau kedai kopi.

Demikian Cara kerja mesin pembuat kopi serta sedikit penjelasannya. Terimakasih. 

Keywords: Cara kerja mesin pembuat kopi, cara kerja coffe maker, penggunaan mesin coffe maker, komponen coffe maker. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »