Cara mendatangkan dan memancing lalat BSF


Cara Memancing lalat bsf
. Maggot (larva) dari lalat hitam BSF (Black Soldier Fly) ternyata memiliki banyak manfaat dalam pengolahan sampah rumah tangga. Hasil olahannya dapat dimanfaatkan sebagai kompos, sedangkan larvanya sebagai pakan ikan dan ternak.

Chief Executive Officer (CEO) Biomagg Sinergi Internasional, Aminudi mengungkapkan bahwa pihaknya yakin lalat BSF memiliki keunggulan dibandingkan lalat jenis lainnya dalam pengolahan sampah. 
Pertama, BSF adalah serangga yang paling cepat mengurai sampah organik. Kedua, BSF dapat mengurangi kadar bau pada sampah. Ketiga, memiliki asam amino dan protein yang tinggi.

Cara Memancing Lalat BSF 
Bahan yang disiapkan untuk digunakan dalam memancing Lalat BSF:
  • Dedak Halus / Bekatul sebanyak 3-5 Kg
  • Air 1 Liter
  • Gula Pasir 5 sendok makan
  • Yakult 1 Botol
  • Royko Bumbu Masak 1 bungkus
Peralatan yang Digunakan
  • Ember plastik atau kaleng Cat Bekas
  • Ember Kecil
  • Kantong Plastik Bening
  • Tali Plastik atau Karet Gelang
  • Daun Pisang / Kertas Nasi Bungkus 
Pertama
Siapkan ember kecil dengan diisi dengan air bersih sebanyak 1 Liter, kemudian tambahkan Gula pasir sebanyak 5 sendok. Lalu Masukkan satu botol Yakult dan sebungkus Royco Aduk sampai merata.

Kedua
Masukkan Dedak Halus / Bekatul sebanyak 3-5 Kg kedalam ember besar yang telah disiapkan. Tuangkan larutan Yakult dan Royco sedikit demi sedikit kedalam dedak, aduk hingga rata. Fungsi Royco disini untuk menambah aroma yang kuat agar lalat BSF tertarik untuk datang.

Usahakan Media tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering, buat media cukup lembab saja untuk hasil yang baik.

Ketiga
Masukkan Media yang telah menjadi adonan tersebut kedalam kantong plastik bening (isi jangan sampai penuh, cukup separuh saja) gunanya agar ada tempat udara saat terjadinya fermentasi. Proses ini membutuhkan waktu 4-5 hari, pada saat ini anda dapat melihat apakah fermentasi anda berhasil atau tidak. Keberhasilan fermentasi biasanya dapat dilihat dengan menggelembungnya plastik tempat dedak tersebut.
Keempat
Setelah mencapai 4-5 hari, buka hasil fermentasi tersebut dan tuangkan pada ember besar. Alasi atas dedak dengan Daun Pisang atau bungkus nasi, tetapi jangan terlalu rapat. Jangan lupa untuk menutup atas ember dengan kawat jaring untuk menghindari dari hewan lain yang masuk.
Anda tinggal menunggu semingguan untuk menunggu telur bsf menetas dan menjadi besar. Anda juga dapat melihat di balik daun pisang atau bungkus nasi tersebut apakah sudah ada larva ulat yang berhasil menetas.

Setelah kurang lebih 2 atau 3 minggu maggot bsf dapat anda panen, dengan melihat ukuran yang pas untuk di berikan langsung ke ternak anda.

Keyword: cara mendatangkan lalat bsf, cara memancing lalat bsf, cara mendapatkan maggot dari alam, cara budidaya maggot lalat bsf dari alam, cara mendapatkan telur maggot lalat bsf.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »