Kesalahan saat budidaya maggot bagi pemula


Salah satu cara untuk mengatasi semakin menumpuknya sampah organik yaitu dengan memanfaatkan limbah rumah tangga atau sampah organik yang tidak busuk seperti sayur-sayuran atau buah-buahan yang sudah layu sebagai media untuk pertumbuhan Black Soldier Fly (BSF). BSF yang dibudidayakan akan dijadikan sebagai alternatif pakan ternak, seperti unggas dan ikan.


Penyediaan pakan ternak yang berkualitas merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan 2 industri peternakan dan menjadi komponen terbesar dalam kegiatan usaha tersebut, yaitu 50-70%. Komponen protein mempunyai peran yang penting dalam suatu formula pakan ternak karena terlibat dalam pembentukan jaringan tubuh dan terlibat aktif dalam metabolisme vital seperti enzim, hormon, dan antibodi. Dengan pemanfaatan BSF sebagai bahan pakan alternatif diharapkan dapat mengurangi biaya produksi khususnya dalam pengadaan pakan, karena BSF memiliki kandungan gizi yang tinggi dan harga jual yang murah.

Kesalahan saat budidaya maggot yang sering dilakukan.

1. Tempat maggot terlalu basah
Membuat tempat maggot diharapkan tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering untuk maggot yang tidak/belum hitam. jika sudah hitam maka maggot harus ditempatkan di sebuah wadah yang kering karena jika ditempat basah maka maggot akan keluar, saat berwarna hitam maka maggot akan berubah menjadi pre-pupa dan akhirnya menjadi pupa(sudah tidak bergerak).

2. Lalat bsf bertelur jika ada matahari
Walaupun lalat bsf bisa bertelur disembarang tempat tapi perhatikan juga kandangan lalat bsf karena dapat menambah peningkatan produksi maggot. dari para peternak maggot ada yang mengatakan bahwa jika kandang lalat bsf terkena cahaya matahari maka akan semakin menambah jumlah telur yang diproduksi.

3. Hindarkan dari semut
Semut semut yang ada disekitar rumah biasanya akan berkumpul dimakanan maggot atau jika ada maggot yang keluar dari kawanannya, maka pastikan untuk menghindarkan maggot dari semut.

4. Pupa harus dikandang tertutup dan gelap
Kandang untuk pupa harus dalam keadaan tertutup dan gelap karena akan membantu pupa cepat menjadi lalat. kebanyakan pupa yang terkena cahaya tidak akan menjadi lalat dan akhirnya mati.

itulah beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh para pemula budidaya maggot dan harus kita perhatikan. semoga bermanfaat dan terimakasih.

Keywords: kesalahan dalam beternak maggot, kesalahan budidaya maggot, mengapa maggot selalu gagal, cara budidaya maggot agar tidak salah.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »