Cara memperbaiki dan merawat air conditioner


Cara memperbaiki air conditioner. Penyejuk udara, pendingin udara, pengkondisi udara, penyaman udara, erkon, atau AC (bahasa Inggris: air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). 

Mengatasi Permasalahan Seputar Air Conditioner (AC)

Untuk mempermudah pelaksanaan perawatan dan perbaikan, pelajari dan pahamilah semua buku panduan manual tentang AC (Air Conditioner), Berikut merupakan beberapa permasalahan seputar Air Conditione

Air Conditioner (AC) Mati Total

-Periksalah kabel power dengan tespen, ada arus yang masuk ke unit AC atau tidak.

-Periksa sambungan kabel, apakah dalam kondisi terputus, terbakar atau kendor. Jika rusak maka segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. 

-Periksa PCB, apabila PCB mengalami kerusakan, terdapat tulisan (Err), (PO), (P1) atau kode lain pada LCD display indikator indoor.

-Periks fuse dibagian PCB indoor. Jika terputus, ganti dengan yang baru.

-Periksa kondisi kabel PCB, apakah ada yang terkelupas atau kondisi sambungan sudah rusak. Jika PCB masih bermasalah maka gantilah dengan model unit PCB yang baru sesuai denagn sfesifikasi unit AC.

Air Conditioner (AC) Tidak Dingin

-Periksalah kompresor, bekerja atau tidak. Biasanya ditandai dengan kipas outdoornya saja yang bekerja, tetapi kompresornya tidak.

-Kompresor bekerja tetapi kipas outdoor tidak berputar, maka segera periksa bearing motor kipas apakah berputar atau tida. Matikan AC dan buka pelindung outdoornya kemudian putarlah daun kipasa dengan tangan. Perhatikan putarannya, jika macet atau menimbulkan suara maka segera ganti bearing motor kipasnya.

-Periksa kapasitor kipas outdoornya. Jika rusak maka ganti dengan kapasitor yang baru sesuai dengan model unit AC.

-Periksa bagian dalam motor kipas, seperti lilitan putus atau terbakar. Jika rusak maka ganti dengan motor baru atau perbaiki dengan menggulung ulang lilitan dalam motor kipas.

Air Conditioner (AC) Kurang Dingin

-Tekanan refrigerant berkurang, periksalah arus dan tekanan refrigerant dengan menggunakan tang ampere. Cocokan sesuai standar arus yang bisa dilihat pada bagian nama plat AC.

-Embusan blower indoor lemah, periksa blower indoor ada bagian yang patah atau tidak. Periksalah sirip-sirip evaporator, bersihkan dari kotoran yang emnyumbat yang menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar.

-Kompresi kompresor lemah, disebabkan oleh kondisi filter refrigerant, pipa kapiler, saluran evaporator dan kondensor tersumbat, terlihat dari bunyi atau suara kompresor yang keras. Jika terjadi ganti kompresor. Hal ini disebabkan oleh kotoran, kerak atau serpihan logam yang terbawa oleh refrigerant . Untuk mengetahui terjadi penyumbatan, sentuh strainer. Jika terasa dingin atau mengembun artinya terjadi penyumbatan. Keluarkan semua refrigerant dan bersihkan dengan menggunakan udara yang bertekanan agar kotoran terlepas.

Keluar Semburan Air Dari Blower Indoor

-Kondisi indoor yang kotor, bersihkan bagian indoor.

-Tekanan refrigerant kurang, isi atau tambahkan refrigerant. Jika tekanan berkurang drastis dipastikan karena ada kebocoran pada sistem.

-Drainase indoor tidak terpasang dengan benar akan menyebabkan munculnya proses pengembunan udara di evaporator, perbaikilah dudukan drainase.

-Jika semua kondisi normal, kemungkinan yang terjadi adalah kelembapan udara di dalam ruangan sangat tinggi. Kondisi ini menyebabkan air hasil pengembunan berlebih.

Terdapat Bunga Es pada Evaporator

-Segera matikan AC, lalu atur remote control pada model (fan). Bersihkan filter udara dan sirip-sirip evaporator.

-Motor blower tidak bekerja dengan baik atau bahkan tidak berputar sama sekali, perbaiki motor blower.

-Thermistor tidak bekerja atau tidak terpasang dengan benar. Perbaiki dudukan thermistor pada tempatnya dan ganti jika thermistor rusak.

-Terjadi kebocoran pipa, cari letak kebocorannya dan perbaiki kebocoran. Setelah itu lakukan penambahan refrigerant hingga mencapai tekanan standar.

Merawat Air Conditioner (AC)

Perawatn AC biasanya dibagi menjadi dua, yaitu perawatan mingguan atau yang biasa disebut dengan service kecil dan perawatan bulanan atau yang biasa disebut dengan service besar.

- Perawatan dan pemeliharaan mingguan dilakukan setiap 2-3 minggu sekali

Membersihkan Filter Indoor

-Lepaskan kabel power AC dari arus listrik.

-Buka tutup filter atau grill pada casing indoor dan lepaskan dari dudukan.

-Cuci filter dengan sabun, lalu bilas dengan air bersih.

-Keringkan filter dengan lap kering.

-Pasang kembali filter indoor pada dudukannya seperti semula.

Membersihkan Tutup Bodi Indoor

-Lepaskan kabel power AC arus listrik yang menuju ke unit AC.

-Bersihkan casing bodi indoor bagian luar dengan kain lap setengah basah.

-Jangan mebersihkan bagian PCB dengan lap basah.

- Perawatan Dan Pemeliharaan Bulanan Dilakukan 3-4 Minggu sekali

Pengecakan Awal

-Pengecekan awal berfungsi menjadi pedoman ada atau tidaknya perubahan kerja AC sebelum dan sesudah perawatan. Berikut Cara pengecekan awal

-Hidupkan AC sekitar 15 Menit.

-Periksa pengukuran temperatur udara yang masuk dan keluar indoor. tekanan refrigerant, besarnya kuat arus kompresor, putaran blower dari kipas.

-Catat hasil pengecekan atau pengukuran, kemudian matikan AC atai stop kontak utama pada AC.

Pembersihan

-Bersihkan evaporator pada bagian sirip-sirip pipa evaporator, dari atas sampai ke bawah dengan menggunakan pompa steam.

-Bersihkan permukaan blower.

-Semprotlah drainase dan lubang pembuangan air di indoor agar bersih dari kotoran dan tidak menyumbat pipa pembuangan.

-Cucilah filter dan casing dengan sabun dan semprotlah dengan pompa steam.

-Buka tutup kipas dan bersihkan dengan menggunakan pompa steam.

-Cuci casing outdoor dengan menggunakan pompa steam.

-Bersihkan kisi-kisi pipa kondensor dengan cara dari arah belakang ke depan.

-Bersihkanlah permukaan outdoor dengan menggunakan kain lap kering.

-Bersihkanlah kotoran yang lolos dari strainer atau saringan pada sumbatan pipa kapiler agar sirkulasi refrigerant tidak terganggu. Biasanya kotoran dapat berupa karat atau serpihan logam.

Keywords: memperbaiki air conditioner ac, mengatasi masalah air conditioner, masalah pada ac, merawat air conditioner, membersihkan ac. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »