Cara membuat maggot dari ampas tahu


Cara membuat maggot dari ampas tahu. Melakukan pembibitan dan budidaya belatung dapat dijadikan salah satu sumber usaha dan penghasilan sampingan. Tidak memerlukan  modal yang terlalu besar namun menjanjikan keuntungan hingga belasan juta rupiah per bulan. Selain itu keuntungan financial, membudidayakan belatung juga menjadi salah satu cara mengurangi menumpuknya sampah organik.

Mengenal Maggot

Maggot atau belatung merupakan larva dari lalat Black Soldier Fly (Hermetia Illucens, Stratimydae, Diptera) atau BSF. Meskipun keluarga lalat, namun ukuran BSF yang dikenal sebagai lalat tentara ini, lebih panjang dan besar. Meskipun dari keluarga lalat, namun BSF tidak menularkan bakteri, penyakit, bahkan kuman kepada manusia.

Seperti halnya belatung, maggot berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik. Maggot mengonsumsi sayuran dan buah. Tak hanya buah dan sayuran segar, maggot pun mengonsumsi sampah sayuran dan buah. Karenanya manggot sangat cocok digunakan dalam pengelolaan sampah organik.

Banyak cara untuk mengundang dan mengembangkan maggot lalat bsf salah satunya dengan ampas tahu. 

Persiapan Alat dan Bahan

Siapkan ember besar yang diberi lobang berukiran 1-2cm dan tidak dibuat terlalu rapat pada bagian bawahnya, plastik, tali dan juga media utama yaitu ampas tahu.

Atau bisa mengunakan bak yang tinggi agar hasil panen yang di dapat lebih banyak dan maksimal, karena belatung hanya akan menempel di bagian permukaan saja.

Kemudian siapkan berbagai bahan lain seperti tali dan ampas tahu. Tali di gunakan untuk menggantung ember yang menjadi wadah belatung tersebut. Ini dilakukan agar bisa mengundang lalat dan lebih mudah dalam melakukan proses beternak.

Pengambilan maggot lalat bsf

Tentunya ini merupakan serangkaian proses yang akan menggangu karena akan dengan sengaja membiakan larva lalat menjadi belatung untuk di budidayakan.

Lalat adalah indukan yang digunakan, lalat tersebut dibiarkan bebes mengerumuni ampas tahu yang sengaja dimasukan kedalam wadah yang di biarkan agar larva bisa tumbuh di sana

Ampas tahu yang anda gunakan bisa di campur sedikit dengan ikan asin agar aromanya lebih tajam dan lebih mudah memikat para lalat untuk berkumpul.

Biarkan di dalam ember dalam keadaan yang terbuka. Lalat-lalat yang berkumpul akan menghasilkan telur di tempat yang sesuai. Dalam hitungan hari maka belatung akan terkumpul didala wadah.


Keywords: Cara membuat maggot dari ampas tahu, mengundang lalat bsf dari media ampas tahu, ampas tahu untuk budidaya maggot, budidaya maggot dari ampas tahu. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

1 Response to "Cara membuat maggot dari ampas tahu"