Perbandingan Blogger vs Youtuber


Blogger vs Youtuber. Memang sih kedua profesi ini bisa dibilang sangat-sangat berbeda, yang satu fokus untuk membuat tulisan berkualitas yang layak dibaca oleh semua orang dan profesi yang satunya lagi fokus untuk membuat video-video berkualitas yang layak ditonton oleh semua pengguna internet.

Tetapi tenang saja, karena aku sendiri akan mencoba membandingkan kedua profesi tersebut dan menentukan profesi mana yang bagus untuk kamu.

Profesi Blogger

Profesi Blogger memang sudah terkenal dari dulu dan memang di Indonesia sendiri sudah ada beberapa orang yang sukses karena blog nya. Syarat utama untuk menjadi seorang Blogger ialah harus memiliki sebuah website yang nantinya akan kalian jadikan sebagai media tulisan kalian. Umumnya para blogger menggunakan platform bernama Blogger, karena platform tersebut sangat mudah digunakan oleh pemula sekalipun dan juga tentunya gratis dan bebas dari biaya-biaya apapun.


Namun sayangnya platform Blogger tentunya nggak membuat website kalian menjadi website profesional dan juga website kalian tentunya bakalan susah bersaing dengan website-website yang sudah besar. Tetapi kalian nggak perlu sedih soal ini, karena kalian bisa menggunakan yang namanya WordPress, namun sayangnya WordPress memiliki biaya-biaya bulanan yang cukup besar seperti biaya domain, hosting, dan sebagainya, hal ini akan menyulitkan kamu kalau kamu belum memiliki penghasilan untuk membayar biaya-biaya tersebut.

Para Blogger juga mendapatkan uang tentunya dari iklan yang ditampilkan di website mereka, penghasilan mereka akan besar jika mereka mendapatkan pengunjung yang banyak ditambah iklan yang cukup banyak.

Menjadi seorang Blogger bisa dibilang cukup gampang, apalagi kalau kalian memang dari dulu memiliki hobi menulis, ditambah modal awal untuk memulai profesi ini cukup murah, kalian hanya perlu laptop, internet, dan ide untuk menulis, maka kalian sudah bisa memulai menjadi seorang Blogger.

Profesi Youtuber

Perbandingan selanjutnya ialah profesi sebagai Youtuber. Profesi ini tentunya cukup banyak diminati dan juga sudah banyak anak-anak kecil yang bercita-cita ingin menjadi Youtuber, karena mengira ini profesi yang mudah karena cuma membuat video, mengupload video, sudah bisa mendapatkan uang yang banyak, bahkan kalau beruntung bisa jadi artis pula.


Yah memang sih hal ini ada benarnya juga, tetapi percayalah menjadi Youtuber yang dikenal 1 negara itu butuh perjuangan yang mati-matian dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melakukan itu semua.

Hal pertama yang perlu kalian lakukan untuk memulai menjadi seorang Youtuber ialah memiliki gear alias peralatan untuk membuat video. Kalian membutuhkan PC atau laptop untuk editing, HP sebagai kamera, lalu lightning untuk cahaya. Okelah kalau menjadi Youtuber nggak perlu peralatan lengkap, cuma modal HP dan Mic Clip on yang 10 ribuan, tetapi memangnya video apa yang bisa kalian buat hanya dengan bermodalkan peralatan itu, tentunya bakalan terbatas.

Nggak sampai itu saja, kalian juga harus memiliki internet yang cukup cepat untuk mengupload video-video kalian di Youtube. Kalau internet kalian lama, tentunya bakalan menghabiskan waktu kalian hanya untuk menunggu video tersebut di upload.

Lalu cara Youtuber untuk menghasilkan uang tentunya juga ada banyak, yaitu dari iklan Adsense dengan syarat 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, atau bisa juga melalui donasi. Tetapi kalau channel Youtube kalian sudah terkenal, biasanya kalian bakalan banyak yang meminta endorse alias sponsor dan ini adalah bayaran yang paling besar.

Terus mana yang lebih menjanjikan dari keduanya?

Jawabannya, nggak ada. Loh kok nggak ada?

Yap benar sekali, keduanya nggak ada yang menjanjikan kalau kalian tipe orang yang nggak mau berusaha dan ingin segera mendapatkan uang. Menekuni profesi tersebut tentunya membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya agar mendapatkan hasil yang sebenarnya.

Keywords: blogger vs vlogger, blogger vs youtuber, penghasilan blogger atau youtuber, perbandingan blogger dan youtuber. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »