10 Pertanyaan Interview kerja Desk Collection


Desk Collection adalah seseorang yang memiliki tugas untuk melakukan monitoring atau pengecekan setiap nasabah, menagih para nasabah yang menunggak pembayaran, membuat laporan harian atau bulanan dan menyerahkannya kebagian Supervisor Collection. 

Untuk menjadi seorang desk collection tentunya kalian harus tau interview apa yang akan ditanyakan kepadamu. Simak berikut. 

1. Ceritakan Tentang Dirimu

Jawaban terkait pertanyaan “ceritakan tentang dirimu?” adalah gambaran detail tentang siapa kamu. Jawab dengan nama, umur, asal kampus dan jurusan yang diambil saat kuliah. Kamu juga bisa menambahkan prestasi yang pernah kamu raih.

2. Apa Kelebihanmu

Jawaban untuk “apa kelebihanmu?” ini bisa meliputi beberapa aspek. Contohnya mulai dari kemampuan yang kamu miliki, sikap kepemimpinan, peran apa saja yang kamu miliki saat di tim, dan lainnya.

3. Apa Kekuranganmu

Untuk menjawab pertanyaan “apa kekuranganmu?”, maka hindarilah jawaban yang dapat menjatuhkanmu. Namun bukan berarti kamu harus berbohong. Jawab dengan kekurangan sederhana. Contohnya seperti kamu suka marah-marah pada anggota tim yang malas.

4. Apa Alasanmu Melamar ke Perusahaan Ini

Pertanyaan semacam ini bisa kamu jawab dengan jawaban singkat saja. Contohnya seperti kamu ingin mencari pengalaman kerja, kamu ingin belajar, dan lainnya. Atau bisa juga karena tertarik dengan perusahaan tersebut.

5. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini

Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kamu harus melakukan survei terlebih dahulu. Pelajari dan cari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar. Dengan begitu, kamu bisa menjawab pertanyaan ini secara detail.

Tips Interview Online
Sumber Foto: Pexels

6. Apakah Kamu Aktif saat kuliah

Pertanyaan ini menanyakan tentang seberapa aktif kamu saat kuliah. Jawablah dengan jujur. Jika kamu pernah aktif di organisasi, mengikuti lomba, mengajar, dan lainnya, ceritakanlah kepada HRD yang mewawancaraimu.

7. Apa yang Kamu Lakukan di Waktu Senggang

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu tidak perlu takut salah menjawab. Kamu bisa menjawabnya secara bebas. Contoh jawaban yang bagus misalnya seperti berolahraga, membaca, memancing, dan lainnya.

8. Apakah Kamu Siap untuk Bekerja Lembur

Banyak perusahaan yang memiliki jam kerja fleksibel, contohnya seperti perusahaan startup. Biasanya pertanyaan tentang kesiapan lembur sering ditanyakan kepada kandidat.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah jujur dengan kemampuan kerja kamu. Katakan “siap” jika iya dan katakan “tidak siap” jika tidak.

9. Ceritakan Tentang Goals yang Ingin Kamu Raih

Jawaban untuk pertanyaan yang berkaitan dengan goals harus disesuaikan dengan posisi kerja. Contohnya jika kamu seorang marketing, maka target goals yang kamu miliki adalah penjualan yang lebih banyak.

10. Berapa Gaji yang Kamu Harapkan

Seorang fresh graduate harus berhati-hati saat menjawab pertanyaan tentang gaji. Jawaban yang ideal yaitu Rp5.000.000 hingga Rp6.000.000, tergantung perusahaan yang kamu lamar.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Desk Collection
  • Memiliki pengalaman sebagai seorang Desk Collection minimal 1 tahun akan lebih diutamakan oleh perusahaan
  • Pernah mengikuti pelatihan dan memiliki Sertifikat Desk Collection atau Supervisory Collection AFPI akan menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan, jadi Anda perlu mencantumkannya
  • Mau mengikuti aturan jam kerja perusahaan yaitu 6 hari dalam satu minggu dan mengikuti beberapa aturan lainnya yang ada
  • Berorientasi terhadap target yang ingin dicapai oleh perusahaan, disinilah nantinya Anda akan mendapatkan penilaian dari perusahaan atas pekerjaan yang telah dilakukan, entah itu baik atau buruk tergantung diri Anda sendiri
  • Bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta dilarang menggunakan bahasa daerah saat bekerja untuk menghindari miss komunikasi dengan pekerja lain
  • Bisa bekerja secara mandiri maupun nantinya ditugaskan bekerja dalam sebuah tim, jadi memang diperlukan kemampuan bekerja sama dengan orang lain
  • Dapat melakukan negosiasi dengan baik dengan para klien, kemampuan ini juga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan Anda
  • Membuatkan laporan harian dan bulanan menggunakan Microsoft Word, Anda setidaknya harus tau cara menggunakan Microsoft Office, karena software inilah yang paling umum digunakan untuk membuat laporan
  • Memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik, dan biasanya Anda juga akan dites saat sedang interview
  • Memiliki jiwa leadership atau kepemimpinan yang baik, dimana kemampuan ini Anda butuhkan nantinya saat memimpin sebuah tim
Keywords: interview desk collection, wawancara desk collection, cara menjadi desk collection, cara masuk menjadi desk collcection. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »