Raja perling : Burung kicau dan perawatannya

Burung raja perling umumnya dijumpai di kawasan timur Indonesia, khususnya Sulawesi dan Maluku serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Peta persebarannya bahkan sampai ke utara, tepatnya di Filipina. Meski jarang ditemukan di pasar burung, banyak orang yang memeliharanya untuk dijadikan kelangenan, terutama raja perling sulawesi / jalak sulawesi (Basilornis celebensis)

Burung-burung yang termasuk dalam genus Basilornis merupakan anggota keluarga jalak-jalakan (Sturnidae). Selain raja perling sulawesi, beberapa spesies yang termasuk dalam genus Basilornis antara lain :

Raja perling seram / long-crested myna (Basilornis corythaix)

Penyebaran di Pulau Seram, Maluku Selatan. Tubuh agak besar (26 cm), berwarna hitam dengan bercak putih pada bagian sisi kepala dan dadanya. Kulit di sekeliling mata terlihat seperti kacamata pucat, dengan jambul tegak dan khas. Burung ini sangat mirip dengan raja perling sula, dan perbedaannya terletak pada bentuk jambulnya saja.

Raja perling sula / helmeted myna (Basilornis galeatus)

Penyebaran di Pulau Banggai (Peleng dan Banggai) dan Pulau Sula (Taliabu, Seho, Mangole) di Sulawesi. Tubuhnya juga agak besar (26,5 cm), berwarna hitam dengan bercak putih pada bagian sisi kepala dan dadanya. Memiliki kemiripan dengan raja perling sulawesi, namun ukuran tubuh dan jambulnya lebih panjang.

Raja perling filipina / Apo myna (Basilornis mirandus) 

burung endemik di Filipina.

Asupan Makanan Burung Raja Perling

untuk asupan makanan burung raja perling yang paling bagus adalah buah pepaya,namun sebenarnya burung raja perling adalah burung pemakan segala seperti halnya burung dari jenis jalak lainnya.burung raja perling sendiri ditempat saya hanya saya kasih makan foer dan sesekali saja saya kasih buah dan serangga.

burung raja perling ditempat orang lain bahkan ada yang dikasih foer ayam,roti dan nasi.dan burung ini sangat suka sekali minum.makanyapun lumayan banyak seperti burung dari jenis burung jalak lainnya.

Perawatan Burung Raja Perling

perawatan burung raja perling sangatlah gampang,tidak terlalu ribet seperti burung ocehan lainya.burung cukup di ganti air minum tiap hari dan di bersihkan kandangnya tiap hari juga.pengembunan dan penjemuran sesempatnya saja.untuk kandang usahakan menggunakan kandang yang berukuran besar mengikuti besar badanya.

jika menginginkan burung ini jinak dan rajin berbunyi usahakan dikasih buah setiap hari dan lakukan penjemuran antara jam 07.00-09.00 dan durasinya cukup satu jam saja.untuk memandikan paling tidak tiga hari atau satu minggu sekali.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »