6 KESALAHAN SAAT BLOGGING

kesalahan dalam membuat blog memang tidak disangka sangka, namun apa akibatnya jika kesalahan tersebut kecil tetapi fatal dilakukan? nah ini bisa menjadi pelajaran tersendiri kepada kita semua untuk tidak jatuh kedalam lubang yang sama atau tidak mengulang kesalahan yang sama. sobat sekalian butuh memikirkan kembali kesalahan tersebut dan memperbaikinya.

saya akan berbagi mengenai pengalaman saya dan berusaha membagikan kepada sobat sekalian agar tidak mengulangi kesalahan yang saya lakukan saat blogging. ini memang umum dilakukan biasanya kepada pemula yang baru pertama mengenal blog. nah langsung saja kita kupas secara detail.
 
6 KESALAHAN FATAL SAAT BLOGGING
MENGGUNAKAN DESAIN DENGAN LATAR HITAM
pertama dengan membuat desain latar hitam ternyata menjadi kesalahan fatal saat nge-blog. pasalnya latar dengan warna hitam akan membuat pembaca sulit konsentrasi membaca artikel sobat. ini disebabkan karena mata manusia mungkin lebih peka ke warna putih sehingga semua kata, post, komentar, desain blog akan terlihat lebih jelas daripada warna hitam

kenyataannya membaca teks online jauh lebih sulit ketimbang membaca kertas tradisional. mungkin kalian berpikir bahwa ini merupakan hal yang biasa tetapi ini merupakan kesalahan yang kebanyakan dilakukan oleh blogger pemula demi membuat blognya terlihat keren ketimbang memikirkan pembaca.

JADWAL MEMBUAT ARTIKEL TIDAK MENENTU

saat pertama membuat blog pastinya otak sobat dipenuhi oleh ide ide dan ingin terus menerus membuat blogging tanpa henti seperti orang gila. ya memang tidak ada salahnya untuk terus membuat postingan tetapi ada saatnya sobat akan down. turunnya semangat sobat karena banyaknya postingan yang dibuat tetapi hanya dibaca 10-30 orang. itu akan membuat sobat menjadi malas dan postingan pun tidak menentu kapan terbitnya.

Meskipun demikian, beberapa blogger tidak menetapkan jadwal blog apa pun, sehingga mereka menjadi malas dan tidak memperbarui selama berbulan-bulan pada suatu waktu. Keduanya merupakan masalah karena audiens Anda harus memiliki beberapa prediktabilitas; mereka ingin tahu kapan mereka dapat mengharapkan Anda untuk mempublikasikan.

Ketika Anda mempublikasikan terlalu sering (atau jarang), Anda membuat pola yang tidak dapat diprediksi yang dapat menggagalkan pembaca Anda dan membebani Anda.  

BLOG MEMUTAR MUSIK SECARA OTOMATIS
nah ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan seorang blogger. bukannya mendapat banyak pengunjung malah pengunjung akan secara serentak tidak ingin membuka blog sobat lagi. karena itu sangat tidak direkomendasikan memasang musik otomatis pada blog sobat.

jika sobat masih ingin tetap melanjutkan memasang musik otomatis apalagi lagunya memang tidak dapat membawa suasana. maka dari itu Saya mohon, pembaca sobat memohon kepada sobat: tinggalkan musik yang memuat otomatis! Pemuatan musik secara otomatis tidak hanya menjengkelkan dan mengejutkan, tetapi ini adalah hog bandwidth. Itu membuat blog sobat dimuat dengan lambat. Apakah sobat benar-benar ingin kehilangan pembaca karena dia tidak sabar menunggu situs sobat dimuat? Dan jika dia menunggu situs sobat dimuat, apakah dia akan kesal karena dia tidak tahu akan ada musik, tanpa sengaja memasang speakernya, dan seorang suami (atau anak) yang tidur tepat di sampingnya? Saya dapat memberi tahu Anda ini: Dia tidak akan kembali. 

TIDAK MELAMPIRKAN GAMBAR
sobat pikir lagi, jika saya menjadi sobat sekalian dan mengunjungi blog sobat lalu hanya ada tulisan yang sangat panjang tanpa ada gambar maka saya jamin, saya akan malas membaca artikel itu dan tidak mau berkunjung lagi. Satu gambar sering bernilai lebih dari 1000 kata saya kira. faktanya, penelitian hanya menunjukkan 10% dari pembaca saya (dan milik sobat, juga!) melihat gambar tanpa repot-repot menggulir ke bawah.

Itu menyedihkan tapi benar. Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh Chartbeat, sebagian besar pembaca sobat hanya akan membaca sekitar 50% dari posting sobat. Grafik, infografis, dan bahkan clipart membantu memecah dinding kata-kata monoton sobat. sobat juga dapat menggunakannya untuk berbagi informasi secara visual, memungkinkan sobat merampingkan kalimat dan memotong tepat ke jantung konten sobat.

TERLALU BANYAK KEKACAUAN DISETIAP SISINYA
Desain yang ramping dan rapi berjalan jauh dengan pembaca. Semakin sedikit kekacauan, semakin banyak ruang putih yang sobat miliki. sobat dapat menggunakan ruang putih ini untuk membantu mengarahkan mata pembaca sobat ke konten tertentu. Gambar dan judul sobat akan lebih menonjol.

Apakah sobat bangga dengan penghargaan, lencana, dan berbagai pernak-pernik sobat dan menunjukkannya di sidebar? Tidak apa-apa, hal-hal itu juga yang merupakan ritus peralihan. sobat tidak perlu menyingkirkannya, tetapi mengapa tidak memberikan penghargaan di halaman mereka sendiri dan menautkannya ke halaman utama sobat? sobat akan menukar 20 tautan hanya untuk satu tautan dan menguraikan bilah sisi. meminimalis sidebar sobat memudahkan navigasi untuk pembaca sobat. Ketika ada lebih banyak item yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pembaca sobat, mereka akan tertarik pada apa yang penting.

TIDAK MENJAWAB KOMENTAR
ya, ini adalah kesalahan terbesar saat blogging dan saya akan membahasnya dengan detail. Ketika seseorang telah meluangkan waktu untuk berkomentar, kesalahan terbesar yang dapat sobat lakukan adalah mengabaikan audiensi/pembaca itu. Seseorang berusaha berbicara dengan sobat dan sekarang, sobat menyingkirkannya? Itu pertanda buruk dan tidak ada cara untuk menumbuhkan penonton!

Berikut adalah empat alasan mengapa sobat harus selalu mencoba untuk tetap terlibat dengan komentator sobat, apakah mereka positif, negatif atau hanya mengajukan pertanyaan:
• Dorong lebih banyak komentar. Tidak ada yang suka merasa seperti mereka sedang berbicara dengan dinding. kita semua mendambakan pertukaran informasi yang nyata dan nyata. Ketika seseorang memberi komentar di pos sobat, mereka membuka dialog dengan sobat, dan hanya dengan menanggapi, sobat dapat melanjutkan percakapan itu. Melihat pertukaran ini, sobat dapat menarik lebih banyak orang untuk berkomentar juga.
•  Bangun kredibilitas sobat dan bangun otoritas sobat. Sering kali, orang yang menanggapi komentar akan mengajukan pertanyaan dan berharap sobat memiliki jawabannya. Di lain waktu, mereka mungkin tidak setuju dengan sobat, dan meningkatkan beberapa tandingan. Dalam kedua kasus ini, merespons adalah cara yang bagus untuk menetapkan keahlian sobat tentang subjek dan berbagi pengetahuan.
•  Bukti sosial. Sederhananya, pembaca terpikat ke blog dengan pengikut yang lebih besar. Blog-blog ini memiliki basis penggemar, yang memberi mereka lebih banyak perhatian, yang pada gilirannya memikat lebih banyak pembaca, dll. Dengan mengomentari komentar sobat, maka sobat akan menambah jumlah komentar sobat, dan mungkin bahkan menarik beberapa pengunjung baru untuk tinggal dan memeriksa blog sobat.
•  Bahan baru. Jika sobat melihat orang-orang mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali, atau jika seseorang menimbulkan tandingan hebat yang belum sobat pertimbangkan, tebak apa? sobat telah menemukan posting blog sobat berikutnya!

Nah itulah beberapa kesalahan yang mungkin sobat sekalian bisa perbaiki kedepannya dan saya berharap semoga dengan adanya artikel ini maka kesalahan yang biasa dianggap kecil saat blogging tidak terulang lagi. semua bentuk kesalahan diatas berawal dari banyaknya referensi yang saya baca dan mengumpulkannya sehingga saya rangkum menjadi satu agar sobat lebih mudah mengerti.

"Hanya Tuhan yang Tak Pernah Gagal. Wajarlah Jika Anda Pernah Gagal. Oleh Karena Itu, Jangan Biarkan Rasa Kecewa Menghentikan Pikiran Anda untuk Menemukan Penyebab Kegagalan"  #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Sangat bermanfaat, saya bisa jadi belajar dari sini

    ReplyDelete