MENGENAL BAHAYA BIOLOGIS BIOHAZARD : PENJELASAN DAN PENGELOMPOKANNYA


Biohazard didefinisikan sebagai zat biologis atau kimia yang berbahaya bagi manusia, hewan, atau lingkungan. Ini dapat termasuk cairan tubuh, jaringan manusia dan darah, dan DNA rekombinan. Karena biohazard berpotensi menginfeksi siapa pun yang terpapar padanya, semua limbah manusia harus ditangani dan dibuang dengan benar.

Ketika banyak dari kita berpikir tentang biohazard, pikiran kita secara otomatis mengembara ke film horor yang kita tonton akhir pekan lalu - adegan panik, wabah penyakit, dan kontaminasi. Biohazard tidak terbatas pada film, dan dapat ada hampir di mana saja: dalam makanan yang kita makan, air yang kita minum, udara yang kita hirup, bahkan dalam darah yang dipompa melalui pembuluh darah kita.

Centre for Disease Control (CDC) mengelompokkan biohazard menjadi 4 kelompok berbeda:
  1. Biohazard level 1: Agen yang umumnya tidak menyebabkan penyakit pada manusia yang sehat. Contoh biohazard level 1 adalah bacillus subtilis, bakteri tanah yang kadang-kadang dapat menyebabkan penyakit pada individu dengan sistem kekebalan yang melemah.
  2. Biohazard level 2: Agen ini dapat menyebabkan penyakit parah pada manusia yang sehat, tetapi hanya dapat menyebabkan infeksi melalui kontak langsung dengan bahan yang terinfeksi atau melalui konsumsi. Contoh biohazard level 2 adalah HIV, salmonella, dan hepatitis B.
  3. Biohazard level 3: Patogen yang menyebabkan penyakit serius dan dapat menyebar melalui udara. Contoh biohazard level 3 adalah TBC, penyakit paru-paru yang dapat ditularkan dari orang ke orang melalui udara.
  4. Biohazard level 4: Patogen yang menyebabkan penyakit yang tidak ada pengobatannya. Contoh biohazard level 4 adalah virus marburg, bentuk fatal dari demam berdarah yang ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi.
Biohazard ternyata ada pada lingkungan sekitar kita namun itu masih dalam kategori 1 dimana tidak menyebabkan sakit pada manusia. itulah penjelasan singkat mengenai biohazard.

Keyword: penjelasan biohazard, jenis jenis biohazard, tingkatan biohazard, pengelompokan biohazard, apa itu biohazard, definisi biohazard, pengertian biohazard

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »