8 bahaya mandi malam hari, dari jam 7 sampai jam 12 malam


Pasti semua orang pernah main di malam hari, mandi saat malam jam 7-12 malam ternyata memiliki bahaya sendiri yang tidak di sangka sangka.

Setelah melihat artikel ini, kalian yang selalu mandi di malam hari pasti akan mengurangi kebiasaan kalian karena ini berbahaya. Penyakit yang tidak di inginkan bisa saja masuk kedalam tubuhmu.

1. Mandi malam menyebabkan rematik
Rematik ini adalah penyakit autoimun, penyakit yang akan terjadi pada peradangan sendi, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan sakit - sakit pada sendi yang terkena.

Penyebab rematik itu sendiri tidak begitu jelas, tetapi menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif.

Gejala rematik itu sendiri adalah sebagai berikut:
-Nyeri pada persendian
-Daerah persendian terasa hangat saat disentuh
-Sendi kaku di pagi hari
-Ada warna kemerahan di bagian sendi
-Penurunan fungsi sendi yang terkena

Penyakit ini tergolong tidak berbahaya, tetapi jika ada gejala rematik maka segera hubungi dokter. Dan jika Anda penderita rematik jika harus mandi di malam hari, maka gunakan air hangat. Karena air dingin dapat memperburuk penyakit Anda.

2. Mandi malam menyebabkan penuaan dini
Mandi malam juga bisa mempercepat penuaan dini pada tubuh. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak akan kuat menerima stimulasi air dingin ketika kita mandi di malam hari, ini akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Untuk itu tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

3. Mandi Malam Menyebabkan Paru-paru Basah
Mandi malam hari juga bisa menyebabkan paru-paru basah. Mitos ini juga tidak benar. Paru-paru basah-basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara saja. Pasien biasanya akan mengalami batuk berdahak, kesulitan bernapas, atau sampai tubuh menggigil.

Adapun beberapa gejala penyakit ini adalah:
-Pada manusia berusia di atas 65 tahun,
-suhu tubuh akan lebih rendah dari suhu normal.
-Pasien akan mengalami batuk berdahak
Merasa sakit di dada saat bernafas dan batuk
-Napas tersengal (asma)
-Rasakan demamnya
-Tingkat kelelahan cukup tinggi
-Merasa pusing
-Mual diikuti muntah
-Diare

Penyakit ini tidak akan sembuh untuk waktu yang lama. Gejala paru-paru basah ringan sangat mirip dengan flu dan batuk biasa.

4. Mandi Malam Hari Menyebabkan Asam Urat
Mandi malam juga bisa memicu serangan gout. Penyakit ini justru akan terjadi karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat. Dan itu dapat menyebabkan ginjal yang tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

5. Mandi malam hari menyebabkan metabolisme tubuh terganggu
Ketika Anda mandi di malam hari, maka Anda harus berhati-hati karena ini dapat mengganggu metabolisme tubuh, mengapa begitu? Ini karena ketika pada malam hari, suhu tubuh kita cenderung sudah mulai melemah dan perlu istirahat. Jika kita mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke tubuh kita dan menyebabkan gangguan pada hormon tubuh.

6. Mandi malam menyebabkan pilek
Malam adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, mandi di malam hari juga dapat menyebabkan tubuh kita masuk angin dan terasa panas. Apalagi jika suhu tubuh Anda saat mandi masih tinggi dan terasa panas.

7. Mandi malam bisa membuat demam
Berkenaan dengan pori-pori tubuh dan panas tubuh akan mulai naik di malam hari, Anda harus menghindarinya. Ini karena jika tubuh "panas" kita disiram air dingin di malam hari maka pori-pori yang terbuka ini akan membuat tubuh kita panas dan dingin seperti demam.

8. Mandi malam dapat menyebabkan efek nyeri otot
Tidak sedikit orang yang mandi di malam hari merasakan nyeri otot, ini disebabkan air dingin di malam hari masuk ke tubuh kita melalui pori-pori tubuh.

Saya jadi teringat pepatah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Memang untuk saat ini kalian tidak merasakan apa apa tapi jangan menyesali di hari tua jika itu semua berdampak kepada kesehatanmu.

Jadi mari untuk terus hidup sehat dan jangan lupa artikel ini banyak membahas tentang kesehatan. Jika ingin mencari dan request artikel bisa kalian hubungi saya.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Hayoloh teman teman jangan biasakan mandi malam yaa. Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sangat berbahaya tuh. Jangan dibiasakan

      Delete