Kenapa tidak bisa minta pengindeksan di google search console?

Sebagian dari kalian pasti bertanya tanya mengapa kita tidak bisa meminta pengindeksan di GSC? Beberapa hari yang lalu saya sedang memuat beberapa artikel dan mempublikasikannya lewat media sosial dan tak lupa juga di google search console.

Tepat pada tanggal 15 oktober 2020, google dengan akun twitternya mengatakan bahwa “We have disabled the “Request Indexing” feature of the URL Inspection Tool, in order to make some infrastructure changes. We expect it will return in the coming weeks. We continue to find & index content through our regular methods, as covered here”

Ya kalian bisa mengeceknya sendiri di akun @googlewmc dan juga kalian bisa melihatnya sendiri di halaman GSC kalian dengan mengklik pelajari lebih banyak pada tindakan halaman yang dinonaktifkan sementara. Ternyata saat saya cek GSC benar saja halaman minta pengindeksan google telah di nonaktifkan.

Ini merupakan masalah serius bagi kita selaku blogger yang sangat mengandalkan fitur ini. Tidak lain karena dengan melakukan pengindeksan secara manual, maka url kita akan lebih mudah terindeks ketimbang harus menunggu robot txt melakukan perayapan.

Disisi lain setelah saya mengecek ranking blog di google, artikel yang tadinya ada di halaman pertama turun ke 3 dan yang lainnya ikut menurun. Tapi ini hanya sementara karena mungkin ada beberapa kesalahan atau bug yang sering terjadi mengakibatkan pihak google harus menonaktifkan fitur ini sementara waktu.

Sebagai blogger yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu sampai fitur ini diaktifkan kembali. Untuk waktu kapan fitur ini di aktifkan kembali saya belum mendapatkan info, mungkin akan berlangsung selama berbulan bulan.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »