Mengenal multimedia, pengertian beserta contohnya

Multimedia saat ini merupakan salah satu sarana yang sangat dibutuhkan hampir di semua bidang, tak luput dengan kata media dimana kita membayangkannya seperti berita atau pesan yang disampaikan berbentuk visual ataupun gambar namun kita akan  mengenal lebih jauh mengenai multimedia.

Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.

Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu mulitimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan).

Multimedia dapat disajikan dalam beberapa metode, antara lain :

-    Berbasis kertas (Paper-based), contoh : buku, majalah, brosur.

-    Berbasis cahaya (Light-based), contoh : slideshows, transparansi.

-    Berbasis suara (Audi-based), contoh : CD Players, tape recorder, radio.

-    Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh : televisi, VCR (Video Cassete Recorder), film.


ada pun beberapa tools dalam MULTIMEDIA

1. CORELDRAW.

2. ADOBE PHOTOSHOP.

3. AFTER EFEK.

4. ADOBE FLASH.

5. ADOBE PRIMER PRO.

DLL.

KESIMPULAN MODUL 1 CORALDRAW

1. dapat mengetahui fungsi dari tool coraldraw.

2. kita bisa menggunakan tool ini untuk membuat logo, kartu nama atau pun bentuk desain grafis lainnya.

Coreldraw merupakan salah satu aplikasi software atau perangkat lunak editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel untuk membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.

seperti itulah multimedia yang hingga saat ini kita gunakan. pembahasan kali ini hanya mengenal multimedia jadi tunggu artikel selanjutnya.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »