Alasan orang kaya dan bangsawan disebut darah biru

Halo sobat mfb, Seluruh manusia di dunia ini memiliki darah berwarna merah baik itu orang kaya, orang miskin, anak muda, orang tua, orang orangan. Namun pada penyebutan untuk orang kaya atau para bangsawan memiliki sebutan darah biru. 

Lantas mengapa disebut darah biru? Dilansir dari history extra istilah darah pertama kali tercatat di inggris pada abad ke 19. Namun jauh sebelum itu istilah darah biru sudah muncul pada abad pertengahan di spanyol. 

Dulunya para bangsawan tinggal di kerajaan dan rakyat jelata atau pekerja terbiasa bekerja di bawah paparan sinar matahari, sehingga membuat mereka memiliki kulit yang lebih gelap dibandingkan para bangsawan. 

Saking putihnya para bangsawan saat itu karena jarang terkena sinar matahari membuat urat nadi mereka keliatan dan berwarna biru. Nah dari sini lah muncul istilah bangsawan berdarah biru. 

Mengapa urat nadi berwarna biru? Sebenarnya urat nadi berwarna merah namun hemoglobin yang membentuk warna merah dalam darah dapat menyerap spektrum warna merah sinar lampu atau cahaya matahari dengan maksimal sementara spektrum berwarna biru akan dipantulkan kembali sehingga terlihatlah warna biru pada urat nadi kita. 

Sampai disini kalian sudah mengerti mengapa orang kaya dan bangsawan disebut darah biru kan? Semoga bermanfaat. 

keywords : Mengapa orang kaya disebut darah biru, istilah darah biru, kenapa bangsawan disebut darah biru, sejarah darah biru. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »