8 Game menambah pengetahuan


Terkadang cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan bermain game. Ketika game digunakan untuk tujuan pendidikan, mereka membuka peluang baru untuk belajar lebih dalam.

Game edukasi dirancang khusus untuk membantu siswa dalam studinya. Mereka membantu peserta didik untuk mendapatkan wawasan penting tentang topik-topik tertentu dari berbagai mata pelajaran, memperkuat atau mengembangkan dan membangun keterampilan belajar saat mereka bermain dalam game.

Ada berbagai game yang mengajarkan matematika, fisika, dan ada banyak game simulasi bisnis juga, tetapi bagaimana dengan biologi? Berikut ini adalah daftar game biologi yang akan menambah nilai studi. Dengan bantuan game ini, guru dan orang tua dapat mengajarkan konsep biologi yang penting kepada siswa maupun anak-anak mereka.

8 Game Bertema Biologi Terbaik untuk Tingkatkan Pengetahuanmu

1. MarcoPolo Ocean

MarcoPolo Ocean adalah cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar tentang kehidupan laut. Ini adalah aplikasi game gratis yang memaparkan anak-anak pada kosakata tentang kehidupan laut dan kapal. Game ini menyenangkan, berwarna animasi dan diceritakan untuk membuat anak-anak tetap terlibat.

Kamu dapat menjelajahi apa saja dari kedalaman gelap hingga daerah dangkal di lautan, dan mengumpulkan gambar berbagai spesies laut untuk mempelajari nama mereka. Game ini juga memiliki fitur pembuatan kapal bergaya puzzle, yang dengannya kamu dapat menjelajahi berbagai jenis transportasi air juga.

2. LeapFrog Explorer Learning Game

LeapFrog Explorer adalah game hebat lainnya untuk belajar tentang kehidupan laut dan rantai makanan. Game ini memiliki beberapa fitur mini-game, di mana kamu harus mengidentifikasi berbagai jenis makhluk laut berdasarkan karakteristik spesifiknya dan memahami rantai makanan.

Ketika memulai dengan permainan mini, mereka akan mendapatkan bahan bakar untuk bus, yang akan membawa ke lokasi berbeda seperti terumbu karang, landas kontinen, samudra, dan lain-lain. Kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang hewan air menggunakan alat-alat seperti kamera dan sinar-x. Secara keseluruhan, game ini cukup menarik untuk dimainkan.

3. Spore

Spore memungkinkan kamu menjadi seorang pencipta. Di sini kamu harus membuat makhluk sendiri dan harus membimbingnya melalui “lima tahap” evolusi. Di setiap tahap, kamu harus melakukan tugas-tugas tertentu. Kamu harus mengumpulkan sumber daya seperti makanan dan mata uang dalam game untuk melakukan pembelian maupun peningkatan vital untuk membantu makhluk milikmu berkembang serta bahkan menaklukkan dunia lain.

Secara keseluruhan, ini adalah game yang hebat, di mana anak-anak menjelajahi dunia adaptasi biologis. Meskipun game ini tidak menunjukkan sifat sebenarnya dari evolusi, namun berhasil menyampaikan banyak konsep penting tentang biologi dan pencarian mereka untuk bertahan hidup. Salah satu fitur yang menarik dari game ini adalah mode pembuatannya, di mana kamu dapat merancang sendiri kendaraan dan bangunan dalam game.

4. Crazy Plant Shop

Crazy Plant Shop adalah game simulasi yang memperkenalkan kamu pada konsep pewarisan genetik. Di sini, kamu berperan sebagai manajer toko, yang harus membiakkan berbagai jenis planet tertentu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk mendapatkan hasil yang tepat, kamu harus mencampur dan membiakkan tanaman yang berbeda menggunakan pengetahuan sendiri tentang berbagai sifat tanaman dan kotak Punnett.

Sebagai informasi, kotak Punnett adalah alat sederhana yang digunakan untuk memprediksi hasil percobaan pemuliaan tanaman. Untuk membuatnya intens, masalah pengelolaan uang dan ruang juga dimasukkan, yang dapat diatasi dengan strategi dalam game.

5. Niche

Niche adalah game strategi yang intensif dan sangat fokus pada genetika. Di sini kamu akan membuat kelompok hewan sendiri melalui proses manipulasi gen, pembiakan selektif dan semua hal nyata. Tugasmu adalah menjaga spesies hewan tetap hidup dengan cara apa pun, selama perubahan iklim yang drastis, predator, dan penyakit virus.

Game ini mencakup berbagai aspek genetika seperti mutasi, pergeseran genetik, seleksi alam, dan seleksi seksual. Pelajaran diintegrasikan dengan hati-hati ke dalam gameplay saat pemain bekerja secara progresif untuk menjaga hewan mereka tetap hidup. Game ini memiliki fitur lebih dari 100 gen yang berbeda dan empat bioma, dimana masing-masing memiliki mangsa serta predatornya sendiri.

6. Doctor Know

Doctor Know adalah cara yang sangat baik dan menyenangkan bagi semua orang untuk memahami bagaimana penemuan baru di sektor bio-medis mengubah dunia kedokteran. Game ini mencakup banyak alat canggih yang akan tersedia untuk dokter di tahun-tahun mendatang seperti teknologi nano dan bioinformatika canggih. Di sini kamu dapat mempelajari semua tentang alat-alat ini dengan menjelajahi opsi diagnostik dan perawatan serta dengan memasuki bidang kedokteran.

7. Labster

Labster adalah simulasi laboratorium virtual canggih, yang dapat secara signifikan meningkatkan pemahamanmu tentang berbagai topik sains kompleks. Game ini mungkin paling cocok untuk siswa sekolah menengah, yang terlibat dalam kegiatan sains tingkat tinggi. Menawarkan sekitar 20 simulasi biotek, di mana kamu dapat memperoleh pengetahuan yang berharga tentang tindakan laboratorium.

8. Re-Mission 2

Apakah kamu ingin mempelajari cara kerja sistem kekebalan dalam tubuh atau peran sel darah putih, dengan cara yang menyenangkan dan lebih menarik? Re-mission 2 adalah paket game bergaya arcade yang mudah untuk membantumu belajar tentang ilmu kedokteran dan beberapa bentuk penyakit.

Game secara eksplisit dirancang menjadi obat untuk pasien yang menderita kanker, namun kamu juga dapat mengambil beberapa pengetahuan berharga. Misalnya, dalam “Steam Cell Defender” (salah satu gamenya), kamu mengontrol nanobot, yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kuman dan bakteri dengan mengisinya ke dalam sel darah putih. Secara keseluruhan, game ini menyenangkan dan mengikuti proses pembelajaran yang didorong oleh pertanyaan.

Keywords: game biologi, game untuk pintar, game kedokteran, game pengetahuan, permainan untuk pintar, game kepintaran. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »