Budidaya jagung kristal pakan burung


Jagung termasuk dalam kelompok makanan pokok untuk burung merpati, manfaat jagung untuk merpati sangat banyak karena kandungan karbohidrat.

Jagung yang sering digunakan untuk pakan ternak merpati adalah jagung madura kristal, jagung madura ini memiliki bentuk yang lebih kecil, namun ada juga para pemilik merpati yang menggunakan jagung biasa yang telah digiling kecil sebagai bahan campuran.

Apa saja sebenarnya manfaat jagung untuk merpati memperbaiki sistem pencernaan karena serat yang terkandung pada jagung cukup tinggi dan serat tersebut dapat membantu proses pencernaan makanan agar lebih lancar.

Jagung mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga dan fosfor, berfungsi sebagai pengokoh tulang supaya lebih kuat, untuk merpati lomba jelas ini sangat di perlukan mengingat merpati yang ideal harus mempunyai tulang yang kokoh.

Jagung juga mengandung karbohidrat yang tinggi, cocok untuk merpati lomba karena mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan maupun saat adu cepat di lapangan.

1. Pilihlah Bibit Jagung yang Berkualitas Unggul

Hal yang paling penting sebelum memulai menanam jagung adalah memilih bibitnya. Kamu harus pastikan bibit jagung yang kamu pilih memiliki kualitas unggul atau merek terkenal yang bisa didapatkan di kios pertanian. Namun demikian, kalau kamu memilih bibit dari tanaman jagung, maka bibit itu diambil dari batang jagung yang memang berkualitas, besar, sehat serta bebas dari hama dan penyakit.

2. Siapkan Tanah yang Gembur Sebagai Media Tanam

Langkah kedua, siapkan tanah yang gembur untuk memulai menanam jagung. Jangan lupa, pasikan tanah telah bersih dari sisa tanaman lama maupun rerumputan. Kamu bisa mencangkul tanah dengan kedalaman 25 cm sampai 30 cm.

Kemudian, tanah tersebut diratakan atau dihaluskan kembali dengan garu. Selanjutnya, buatlah parit atau bedengan dengan baik sehingga tanaman jagung mendapatkan air yang cukup saat hujan. Namun, kamu tidak perlu melakukan pembedengan apabila melakukan penanaman saat musim kemarau.

3. Cara Menanam Bibit Jagung

Pertama-tama,buatlah lubang sedalam 5 cm dan berikan jarak sekitar 25 cm, barulah taburkan benih jagung. Di setiap lubang dapat dimasukkan 2-3 biji jagung. Apabila jenis jagung besar yang ditanam serta tidak diselingi tanaman lain, maka berikan jarak sekitar 90 x 60 cm.

4. Waktu Penyiraman Jagung yang Tepat

Agar jagung tetap terawat, kamu harus rutin menyirami jagung sebanyak dua sampai tiga kali seminggu atau saat 3 cm bagian atas tanah mulai mengering. Kemudian, berikan jagung dengan air hingga membasahi kira-kira 5 cm permukaan tanahnya tiap minggu. Namun demikian, hindarilah menyirami di atas tunas. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan masalah jamur. Siramlah tanaman di dekat permukaan tanah sehingga daun-daun tetap kering.

5. Berikan Pupuk Tambahan

Langkah pertama, berikan 120 gram pupuk pada setiap 1,5 meter persegi bedengan ketika batang jagung tumbuh memiliki 8 daun. Kemudian, taburkan pupuk di sekitar tanaman dan sirami bedengan agar meresap ke dalam tanah.

Itulah cara budidaya jagung kristal sebagai pakan burung dan juga bisa digunakan sebagai pakan ternak lainnya.

Keywords: budidaya jagung kristal, budidaya jagung untuk pakan burung, jagung untuk makanan burung, jagung kristal pakan ternak burung.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »