TUTORIAL LENGKAP MENGEDIT BLOG DENGAN BAGUS DAN UNIK

sobat mfb ingin mengubah blog sobat menjadi keren? saya akan memberikan sedikit caranya, tapi pertama tama sobat harus tau apa itu blog.

Blog adalah jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul pertama. Ini adalah platform di mana seorang penulis atau bahkan sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

berbeda halnya dengan blogging, Blogging adalah banyaknya keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan dan mengendalikan blog. Melengkapi halaman web dengan alat untuk membuat proses penulisan, posting, menghubungkan, dan berbagi konten lebih mudah di internet.

nah berbeda lagi dengan blogger, blogger adalah seseorang yang menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Dia membagikan pendapatnya tentang topik yang berbeda untuk audiens target.
secara singkatnya blog adalah webnya, blogging adalah skill seorang blogger, dan blogger adalah orang yang menjalankan blog tersebut.

sobat sekalian sudah mengetahui apa itu blog. untuk membuat blog sobat terlihat keren dan menarik sangat penting tujuannya tidak lain adalah agar blog sobat berbeda dengan blog blog lainnya.yang pertama saya akan mengganti tema blog

CARA MUDAH MENGGANTI TEMA PADA BLOG
1. pertama, sobat harus mempunyai tema yang akan dipasang pada blog. jika belum punya sobat bisa mengunduhnya disini Btemplates atau diweb yang lain yang menyediakan berbagai macam tema.jika sudah dalam bentuk xml lanjutkan ke step 2 sedangkan ada juga tema yang harus di extrak dulu lalu dapat xml. seperti gambar dibawah:



2. jika sudah mempunyai tema, langkah selanjutnya adalah masuk ke blog sobat. kemudian pilih tema, lalu backup/pulihkan.
"loh kok itu coretan merah banyak banget?.........."
blog diatas adalah blog tugas sekolah saya sobat jadi fokus saja ke stepnya :D


3. kemudian sobat akan diarahkan kehalaman ini. lalu pilih browser


4. lalu sobat pilih tema dalam bentuk xml tadi yang sudah sobat unduh. dan open




5. terakhir sobat tinggal klik upload dan secara otomatis.

nah sobat sekarang sudah memiliki tema yang menarik pada blognya, sekarang mari kita edit icon blognya. blog yang masih awal biasanya hanya akan tampil icon blogger yang berwarna orange dengan huruf B besar, ini adalah icon bawaan. sedangkan blogger yang fokus pada blognya akan memiliki icon blognya tersendiri misalnya pada blog ini. icon tersebut dinamakan favicon.

CARA MUDAH MENGGANTI IKON BLOG/FAVICON
1. pertama, pastikan sobat sudah memiliki logo/ikon yang akan diganti. jika belum punya, sobat bisa membuatnya sendiri dengan photoshop dengan bentuk persegi ukuran 100x100 pixel.
jika sobat adalah tipe orang yang ingin praktis maka bisa mengunjungi web yang menyediakan favicon misalnya favicon-generator atau dimanapun karena sudah banyak web yang menyediakan berbagai macam favicon yang menarik lalu unduh.


2. masuk keblog sobat lalu pilih tata letak, lalu pilih edit favicon.


3. kemudian sobat akan diarahkan kehalaman ini, lalu pilih browser
disana ada kalimat "gunakan gambar bujur sangkar yang kurang dari 100kb". artinya sobat hanya dapat menggunakan gambar yang ukurannya tidak lebih dari 100kb.


4. lalu pilih icon gambar yang sobat ingin jadikan icon pada blog nantinya, misalnya seperti saya yang akan menggunakan ikon ini dan klik open


5. terakhir pilih simpan dan secara otomatis ikon blogspot akan berganti dengan ikon yang sobat inginkan.

okey sampai di step ini jika sobat sekalian ada yang masih bingung silahkan berkomentar karena saya dengan senang hati akan menjawab sesuai dengan pengetahuan saya. berikutnya kita akan mengganti header/kepala blog /judul blog sobat. ya ini untuk menambah daya tarik pengunjung dan sekaligus membuat kalian lebih serius dalam ngeblog.

CARA MENGEDIT HEADER PADA BLOG DENGAN LOGO/GAMBAR 
1. pastikan sobat sudah mempunyai logo/gambar yang akan dijadikan header nantinya. jika belum punya sobat bisa membuatnya dengan photoshop atau jika ingin yang praktis bisa dsini flamingtext lalu unduh.


2. masuk pada blog sobat dan pilih tata letak, lalu pilih edit di gadget header halaman


3. lalu sobat akan diarahkan kehalaman ini. kemudian centang selain judul dan keterangan kemudian pilih browser


4. pilih logo/gambar yang tadi sobat buat. kemudian pilih open


setelah itu simpan dan secara otomatis header blog sobat akan berubah menjadi yang di inginkan.

nah sampai pada step ini jika sobat merasa cukup dengan desain blog sobat ya silahkan. jika sobat masih belum puas dengan desainnya ayo kita lanjutkan lagi dengan mengedit halaman footernya. Disini saya hanya akan fokus dengan tampilan copyright dan powered by.

CARA MENGEDIT FOOTER COPYRIGHT DAN POWERED BY
1. pertama sobat harus menghilangkan kalimat powered by blogger yang nantinya akan diubah menjadi powered by nama sobat. cara dengan masuk ke blog>tema>edit html. kemudian cari ]]></b:skin> untuk memudahkan pencarian tekan CTRL+F. dan copy kode ini tepat diatas ]]></b:skin>
#Attribution1 {height:0px;visibility:hidden;display:none}

setelah itu simpan dan cek blog sobat dan jika sudah hilang maka kita lanjut ke step berikutnya.


2. masuk ke tata letak dan tambahkan widget baru pada menu footer akan muncul halaman seperti ini:
tidak perlu mengisi judulnya dan masukkan script ini:

Copyright 2018 By <a href=”alamat url sobat”>judul blog sobat</a> | Powered by <a href=http://blogger.com>nama sobat</a>

 untuk copyright bisa diganti sesuai tahun yang sobat inginkan.


3. klik simpan dan cek pada blog sobat jika berhasil maka akan seperti ini:


mungkin itulah beberapa cara untuk membuat blog sobat menjadi keren dengan cara sederhana. oh iya sobat perlu ingat bahwa suatu blog hanya akan berkualitas dengan menilai isinya. jadi jangan terlalu sering mengedit blog tetapi konten/artikel yang ada dalam blognya sendiri kurang.

lebih baik mementingan kualitas suatu blog karena akan mempengaruhi masa depan blog anda nantinya :D sekian dulu sobat cara mengedit blog versi saya sendiri ya karena itu murni hasil dari yang saya kerjakan tadi. 

semoga tutorial diatas bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan atau sobat kurang mengerti mengenai tutorial diatas, maka sobat bisa berkomentar dibawah ini. sekali lagi dahulukan isi artikel dari blog sobat yang akan dibuat. pegal juga nulis panjang hehe.....


"Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

4 Comments