PERBEDAAN SAKIT KEPALA DAN MIGRAIN

Ketika ada tekanan atau rasa sakit di kepala Anda, sulit untuk mengetahui apakah Anda mengalami sakit kepala atau migrain. Membedakan sakit kepala migrain dari sakit kepala tradisional, dan sebaliknya, adalah penting. Ini bisa berarti pemulihan yang lebih cepat melalui perawatan yang lebih baik. Itu juga dapat membantu mencegah sakit kepala di masa depan terjadi. Jadi, bagaimana Anda bisa membedakan antara sakit kepala yang umum dan migrain?

Apa itu sakit kepala?

Sakit kepala adalah nyeri yang tidak menyenangkan di kepala Anda yang dapat menyebabkan tekanan dan rasa sakit. Rasa sakitnya bisa berkisar dari ringan hingga berat, dan biasanya terjadi di kedua sisi kepala Anda. Beberapa area spesifik di mana sakit kepala dapat terjadi termasuk dahi, pelipis, dan belakang leher. Sakit kepala bisa berlangsung dari 30 menit hingga seminggu. Menurut Mayo Clinic, jenis sakit kepala yang paling umum adalah sakit kepala tegang. Pemicu untuk jenis sakit kepala ini termasuk stres, ketegangan otot, dan kecemasan.

BACA JUGA: Tips menghilangkan lelah dengan mudah

Sakit kepala tegang bukan satu-satunya jenis sakit kepala; jenis sakit kepala lainnya termasuk:

  • Sakit kepala klaster
Sakit kepala klaster adalah sakit kepala yang sangat menyakitkan yang terjadi di satu sisi kepala dan datang dalam kelompok. Ini berarti Anda mengalami siklus serangan sakit kepala, diikuti dengan periode bebas sakit kepala.

Sakit kepala sinus

Seringkali bingung dengan migrain, sakit kepala sinus terjadi bersamaan dengan gejala infeksi sinus seperti demam, hidung tersumbat, batuk, dan tekanan wajah.

  • Sakit kepala Chiari
Sakit kepala Chiari disebabkan oleh cacat lahir yang dikenal sebagai malformasi Chiari, yang menyebabkan tengkorak untuk mendorong bagian otak, sering menyebabkan rasa sakit di bagian belakang kepala.
  • Sakit kepala Thunderclap
Sakit kepala “thunderclap” adalah sakit kepala yang sangat parah yang berkembang dalam 60 detik atau kurang. Ini bisa menjadi gejala perdarahan subarachnoid, kondisi medis serius yang membutuhkan perhatian medis segera. Ini mungkin juga disebabkan oleh aneurisma, stroke, atau cedera lainnya. Segera hubungi rumah sakit setempat jika Anda mengalami sakit kepala semacam ini.

Apa itu migrain?

Sakit kepala ini intens atau berat dan sering memiliki gejala lain selain sakit kepala. Gejala yang terkait dengan sakit kepala migrain meliputi:

  1. mual
  2. sakit di belakang satu mata atau telinga 
  3. sakit di bagian dahi 
  4. melihat bintik-bintik atau lampu berkedip 
  5. kepekaan terhadap cahaya dan / atau suara 
  6. kehilangan penglihatan sementara 
  7. muntah
Jika dibandingkan dengan ketegangan atau jenis sakit kepala lainnya, sakit kepala migrain bisa menjadi sedang hingga berat. Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala yang sangat parah sehingga mereka mencari perawatan di ruang gawat darurat. Sakit kepala migrain biasanya hanya akan mempengaruhi satu sisi kepala. Namun, mungkin ada juga yang memiliki sakit kepala migrain yang mempengaruhi kedua sisi kepala. Perbedaan lain termasuk kualitas rasa sakit: Sakit kepala migrain akan menyebabkan rasa sakit hebat yang mungkin berdenyut dan akan membuat tugas sehari-hari menjadi sangat sulit.

BACA JUGA: ternyata ini buah yang bagus dimakan saat demam atau flu

Sakit kepala migrain biasanya dibagi menjadi dua kategori: migrain dengan aura dan migrain tanpa aura. "Aura" mengacu pada sensasi yang dialami seseorang sebelum mengalami migrain. Sensasi biasanya terjadi di mana saja dari 10 hingga 30 menit sebelum serangan. Ini dapat termasuk:

  • merasa kurang waspada secara mental atau sulit berpikir 
  • melihat lampu berkedip atau garis yang tidak biasa 
  • merasa kesemutan atau mati rasa di wajah atau tangan 
  • memiliki penciuman, rasa, atau sentuhan yang tidak biasa
Beberapa penderita migrain dapat mengalami gejala satu atau dua hari sebelum migrain terjadi. Dikenal sebagai fase "prodrome", tanda-tanda halus ini dapat meliputi:
  • sembelit 
  • depresi 
  • sering menguap 
  • sifat lekas marah 
  • leher kaku 
  • mengidam makanan yang tidak biasa
Migraine memicu

Orang yang mengalami migrain melaporkan berbagai faktor yang terkait dengan mereka. Ini disebut pemicu migrain dan mungkin termasuk:

  • kecemasan emosional 
  • kontrasepsi 
  • alkohol 
  • perubahan hormonal 
  • mati haid
ternyata migrain dapat menyebabkan stroke loh. penyebabnya bisa anda baca disini
untuk mengobati sakit kepala baca selengkapnya disini
Dan untuk  mengobati migraine bisa anda baca selengkapnya disini. atau disini.

demikianlah perbedaan antara sakit kepala biasa dengan migrain yang perlu kita ketahui, share kepada teman yang membutuhkan dan mari kita bersama saling berbagi informasi mengenai kesehatan.


"Kesehatan yang baik bukanlah sesuatu yang dapat kita beli. Namun, sesuatu yang dapat menjadi tabungan yang sangat berharga" #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »