RANKING SATU DI MESIN PENCARI? BISA !

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips agar blog sobat mendapatkan kedudukan tertinggi di SERP.  Biasanya saat sobat searching di google dengan kata kunci yang sobat tuju maka ada beberapa postingan yang muncul dalam daftar pencarian yang disebut SERP.

Dengan kata lain SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari. Semua blogger menginginkan blog mereka muncul di halaman pertama SERP, karena dengan posisi pertama, mereka bisa mendatangkan trafik lebih mudah


Tetapi sayangnya menempati posisi pertama di SERP bukanlah perkara yang mudah, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Blogger butuh perjuangan dengan banyak persaingan di era teknologi canggih ini. 


Untuk itu saya akan membagikan tips tentang cara menempati poisi tertinggi di SERP dengan cara yang legal atau sesuai dengan peraturan google.
Tak jarang ada orang yang bertindak curang(illegal) sehingga membuat blognya di diskualifikasi. Sobat tidak ingin hal ini terjadi pada blog sobat kan.


Seperti yang saya sering katakan. Blog butuh process sobat agar dapat menempati kedudukan tertinggi dan tidak langsung secepat kilat akan menempati posisi pertama.
Dan bagaimana jika sobat tidak sabaran dalam melihat naiknya traffic blog sobat. Saya dapat pastikan sobat akan bosan, tetapi lihat saja jika sobat sekalian mendapat hasil dari semua hasil dari kerja keras sobat. Senyum dan gembira bergabung dalam wajah sobat :D
Lantas bagaimana cara agar postingan menempati posisi pertama?


Pastikan loading blog sobat itu cepat
Siapa yang ingin menunggu terlalu lama untuk satu postingan sedangkan ada banyak postingan lain. Tentu saja cara pertama untuk meningkatkan peringkat Google di SERP adalah untuk mengurangi kecepatan memuat halaman rata-rata sobat. Saya pernah mengatakan hal ini, tetapi saya tidak dapat menekankan betapa pentingnya hal ini. 


Google suka situs web yang cepat. Jika ada situs serupa dengan DA yang sebanding, panjang konten, tautan balik, dll. Google kemungkinan besar akan memilih yang tercepat untuk ditampilkan pertama di SERPs. Pada satu titik, google akan menguji label merah di SERP berlabel "Lambat" untuk situs web yang dianggap tidak cukup cepat.

Google telah berbicara tentang menggunakan kecepatan situs dalam peringkat pencarian web sejak 2010 dan bahwa situs yang lebih cepat membuat pengunjung yang senang yang kemudian menghabiskan waktu lebih lama di situs Anda.

Mempercepat situs web sangatlah penting. Situs web yang lebih cepat berarti banyak pelanggan yang puas. PageSpeed menjadi signifikan dan sangat penting untuk peringkat.

Cara mempercepat loading pada blog (selengkapnya baca disini)


•    Hapus plugin yang tidak diinginkan


Pengguna WordPress memiliki kelebihan dibandingkan blog blogger karena faktanya ada jutaan plugin yang membantu mereka melakukan hal-hal yang tidak pernah mereka bayangkan dilakukan oleh blogger. Namun terkadang keuntungan bisa menjadi alasan kegagalan seseorang.

Banyak dari kita menginstal terlalu banyak plugin yang memakan banyak sumber daya server dan membuat blog kita terasa lambat. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ingat saat menggunakan plugin WordPress:

    Nonaktifkan plugin yang tidak diinginkan: Cobalah mencopot pemasangan plugin seperti pengimpor blogger (jika Anda pernah mengimpor blog Anda dari blogger ke WordPress, Anda cenderung lupa untuk mencopot pemasangan ini), Semua dalam satu favicon (coba unggah favicon ke dalam tema), terlalu banyak pembagian sosial plugin, plugin pin Pinterest (Anda dapat menggunakan plugin shareahoilc yang memiliki pin tombol untuk gambar secara default).


    Gunakan satu plugin yang melakukan tugas yang membutuhkan banyak plugin: Banyak dari kita menggunakan plugin yang berbeda seperti untuk berbagi, satu untuk membuat versi seluler dari situs kami dan banyak lagi. Saya sarankan menggunakan plugin jetpack untuk melakukannya dengan mulus. Contohnya adalah sobat dapat berhenti menggunakan analisis terpisah, sitemap, dan plugin SEO dengan menggunakan plugin yoast yang memiliki semua fungsi ini.

•    Gunakan host yang lebih baik

Blog WordPress yang dihosting sendiri memiliki keuntungan memilih web host sendiri. Ketika datang ke hosting situs sobat, sobat tidak akan pernah ingin menjadi tuan rumah pada server yang jelek tanpa dukungan.

Untuk blog ukuran kecil, saya sarankan menggunakan Hostgator atau Bluehost. Tetapi jika sobat mencari hosting profesional yang dapat secara dramatis mengurangi waktu loading sobat, maka saya sarankan sobat untuk pergi dengan WPXHosting

•    Berinvestasi dalam tema yang lebih baik

Jika sobat membangun toko batu bata dan mortir atau toko layanan, apakah Anda akan menggunakan bahan murah untuk membuatnya? Saya kira tidak. Nah, itu juga kasus blog saya. Blog ini sebagai layanan untuk berbagi informasi dan tutorial

Jika  sobat serius dalam blogging, sobat tidak akan pernah ingin mengambil risiko blog sobat dengan tema gratis. Tema gratis tidak hanya dikodekan dengan buruk tetapi juga memiliki banyak kode berbahaya di dalamnya yang dapat memungkinkan distributor bahkan meretas blog sobat.

•    Optimalkan gambar sobat

Seringkali saya mengunggah gambar seperti yang saya temukan di situs foto stok. Meskipun dikatakan bahwa gambar meningkatkan daya tarik visual dari blog, tetapi kita harus menyadari bahwa mereka dapat secara dramatis meningkatkan waktu loading blog sobat.

Untuk ini, saya memiliki solusi. Anda dapat mengunggah gambar ke galeri WordPress sobat setelah mengoptimalkannya. Berikut cara melakukannya:
 

Turunkan ukuran gambar menggunakan plugin smush it. Smush it adalah layanan dari Yahoo yang digunakan untuk memadatkan gambar tanpa kehilangan kualitas gambar.

Jika Anda memiliki file png untuk diunggah, saya lebih suka TinyPNG yang merupakan alat terbaik untuk mengompresi gambar tanpa kehilangan kualitas. Mudah bukan? Jadi sobat bias mengisikan gambar tanpa harus cemas loading lambat

•    Gunakan CDN
Jaringan pengiriman konten (CDN) adalah jaringan server web yang didistribusikan di seluruh negara dan membantu dalam menyampaikan konten secara lebih efisien. Mereka lebih efisien daripada server tunggal yang mengirimkan konten ke seluruh dunia. Jika sobat ingin mendapatkan ide yang jelas, saya akan menjelaskannya.

Misalkan sobat memiliki roti di dapur dan teman-teman sobat ada yang duduk di kamar yang berbeda di sebuah apartemen horizontal. Jika Anda ingin mengambil dan mengantarkan satu roti pada suatu waktu, perlu berapa jam sobat mengambilnya?

Dalam kasus kedua, sobat memiliki roti di pintu setiap kamar dan sekarang sobat harus pergi ke dekat setiap kamar untuk mengambil roti dan mencapai meja teman sobat. Ini lebih mudah dan lebih cepat daripada pergi setiap kali ke dapur jarak jauh dan mengantarkan roti satu per satu.

 lalu Layanan CDN Gratis Terbaik untuk Blog WordPress?

Dalam hal solusi CDN Gratis, saya percaya CloudFlare yang paling tepat tetapi jika sobat memerlukan kontrol lebih banyak dan fitur yang kuat dan siap untuk menginvestasikan sejumlah uang, saya sarankan menggunakan MaxCDN yang sejauh ini merupakan CDN terbaik dalam hal biaya dan fitur.

Lancarkan indeks pencarian gambar di google image search
Pencarian gambar Google adalah topik yang jarang kita lihat dibahas di dunia SEO atau bahkan dunia CDN, namun itu merupakan faktor yang sangat penting dalam SERP dan benar-benar dapat menghasilkan banyak lalu lintas bagi orang-orang.

Blogger Chris Pearson melakukan analisis penelusuran gambarnya terhadap total penelusuran selama lima tahun. Dia menemukan bahwa selama periode 5 bulan lebih dari 53% dari total pencariannya datang dalam bentuk pencarian gambar. Ini menandakan bahwa pencarian dalam bentuk gambar sangat mendukung.

Pikirkan pencarian gambar Google sebagai kemenangan mudah dengan sedikit kompetisi. Dengan menghosting gambar sobat di CDN, gambar sobat akan mengindeks lebih cepat dan Google kemungkinan besar akan merayapi mereka secara lebih teratur.


Ini berarti sobat harus melihat korelasi langsung posisi peringkat gambar sobat dalam pencarian gambar Google.

Cara mengindeks gambar di google image search (ini dari google sendiri)
Jika sobat ingin foto atau gambar sobat muncul di hasil pencarian Google, sobat harus memposting gambar di situs web. Jika sobat tidak memiliki situs web, berikut beberapa layanan hosting konten gratis yang dapat sobat gunakan:
•    Unggah gambar sobat ke jejaring sosial seperti Google+
•    Tambahkan gambar ke blog menggunakan Blogger
•    Buat situs web sobat sendiri menggunakan Google Sites
•    Pastikan gambar yang sobat posting bersifat publik dan dapat dicari

    Dengan memposting gambar di situs web umum dan dapat dicari, sobat akan memungkinkan Google menemukan gambar sobat dan menambahkannya ke indeks Gambar. Saat sobat mengunggah gambar, pastikan bahwa halaman gambar sobat dapat diakses publik. Misalnya, jika sobat memposting foto di Google+, pastikan pengaturan privasinya adalah Publik.

Gunakan kembali konten lama

Tidak ada alasan untuk mengabaikan konten lama yang pernah sobat publikasikan sebelumnya, terutama jika masih memperoleh jumlah lalu lintas yang signifikan.


Seiring berkembangnya pemasaran konten, lebih bermanfaat untuk melampaui tulisan yang ditulis ke format baru yang memungkinkan sobat untuk memperluas nilai blog sobat.

Itulah alasan mengapa konten repurposing dapat membantu menganalisis topik secara lebih detail, dengan memungkinkan sobat membuat berbagai jenis konten tanpa kehilangan nilainya atau menjadi berulang. Ini menghemat waktu sobat untuk menemukan ide konten baru, dan juga memberi sobat pasokan konten segar dan berharga secara teratur untuk meningkatkan peringkat sobat.

berikut adalah jenis konten lain yang dapat Anda buat dari materi lama Anda:

    Video
    Infografis
    E-book
    Daftar
    Bagaimana cara memposting
    Podcast
    Panduan
    Presentasi

pengunjung target sobat mungkin lebih mudah menerima misalnya untuk infografis daripada posting blog, atau sobat dapat menemukan bahwa sobat dapat mencapai tingkat konversi lebih tinggi melalui presentasi daripada podcast.

Setiap jenis konten melayani tujuannya sendiri dan karena setiap pengunjung memiliki kebutuhan yang berbeda, eksperimen dapat sangat berguna, sampai sobat menemukan format mana yang paling cocok untuk blog sobat.



Periksa kesehatan situs Anda
Loh kok ada kesehatan situs segala? Ya tapi begitulah adanya, memeriksa kesehatan situs artinya melihat apakah ada yang error atau tidak bekerja dengan baik pada situs sobat.

Setelah menguji kecepatan situs, nilai kesehatan situs sobat sebelum sobat mulai mengoptimalkan situsnya untuk melaju ke posisi pertama.

Saya ingin bertanya pernahkah sobat mengalami penurunan tiba-tiba dalam lalu lintas organik setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun konsistensi?

Apakah sobat bertanya-tanya apakah Google telah mendeindeks (atau melarang) situs sobat?

Ada banyak alat hebat untuk membantu mengumpulkan teka-teki ini. Cobalah alat Laporan Kesehatan Domain MxToolBox untuk memeriksa masalah besar dalam 5 kategori berbeda: masalah situs umum, daftar hitam, server email, server web, dan DNS.

Cukup klik kotak untuk setiap kategori untuk melihat kesalahan dan peringatan tertentu. Dari sana, Anda dapat bekerja satu per satu untuk memperbaikinya.


Jika Anda ingin memeriksa apakah Anda telah dikenai sanksi oleh salah satu pembaruan algoritme utama, lihat website penalty indicator

Berikut tips diatas agar blog sobat dapat menempati posisi pertama dalam SERP. Bagikan kepada seluruh sobat sekalian yang mungkin membutuhkan artikel seperti ini. Ada kalanya kita diatas dan ada kalanya kita dibawah.


Sama halnya dengan blog yang semakin hari semakin banyak para blogger yang bersaing untuk menduduki posisi pertama dalam SERP google.


Keyword: cara agar ranking satu di google, cara meningkatkan peringkat di google, cara meningkatkan serp, ranking satu di serp, ranking satu di google, cara agar artikel posisi pertama di google, cara agar halaman pertama di google, meningkatkan posisi serp.

“Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia”
#mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

6 Comments

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  2. Mantap, lanjutkan postingannya gan

    ReplyDelete
  3. I visit your blog regularly and recommend it to all of those who wanted to enhance their knowledge with ease. The style of writing is excellent and also the content is top-notch. Thanks for that shrewdness you provide the readers! top google ranking website

    ReplyDelete
  4. Great job for publishing such a beneficial web site. Your web log isn’t only useful but it is additionally really creative too. unique domain backlinks

    ReplyDelete