5 TIPS MUDAH MEMPERLANCAR PENCERNAAN DAN MENGATASI SEMBELIT

jika terjadi masalah pada sistem pencernaan anda, cepatlah untuk segera mengunjungi dokter karena ini mungkin dapat menjadi masalah serius. namun ada kalanya seseorang dapat mengatasinya dengan berbagai tips. salah satunya seperti tips yang akan saya bagikan ini mengenai cara mengatasi sembelit. berikut cara memperlancar pencernaan dan mengatasi sembeli:

1. Gunakan probiotik
Probiotik adalah jenis bakteri menguntungkan yang hidup dalam sistem pencernaan Anda. Bakteri ini adalah mikroorganisme yang disebut "probiotik" yang berarti 'seumur hidup'. 'Serangga' mikroskopis ini hidup di usus Anda tempat mereka menghasilkan vitamin dan asam lemak rantai pendek yang memberi makan dan memelihara bakteri bermanfaat lainnya, bersifat nonpathogenik (tidak menyebabkan penyakit) dan secara langsung berkontribusi pada flora usus yang sehat (komunitas bakteri di usus). Bakteri ini membantu pencernaan (memecah makanan yang Anda makan), membantu mencegah infeksi dan mengurangi peradangan kronis. Anda bisa mendapatkan lebih banyak probiotik dengan mengonsumsi suplemen atau makan makanan fermentasi mentah seperti kefir, yogurt, asinan kubis, kimchi, dan kombucha.

BACA JUGA: 10 tips mudah menghilangkan lemak di perut

2. Ubah kebiasaan makan Anda
Cara Anda makan berdampak besar pada cara kerja sistem pencernaan Anda. Dengan mengubah beberapa kebiasaan makan Anda, Anda mungkin dapat meningkatkan pencernaan Anda secara dramatis. Ini adalah beberapa cara mudah pencernaan non-makanan favorit kami:

  • Makanlah di lingkungan yang santai dan fokuslah pada makan. Hanya makan.
  • Matikan televisi dan telepon sehingga Anda dapat sepenuhnya fokus pada makanan yang Anda makan dan tindakan makan. Perhatikan bagaimana makanan Anda terlihat, terasa, berbau dan terasa di mulut Anda.
  • Usahakan untuk tidak makan ketika Anda sedang kesal atau dalam suasana hati yang buruk. Otak dan saluran pencernaan Anda saling terhubung sehingga perasaan ini dapat memengaruhi efektivitas sistem pencernaan Anda.
  • Pastikan untuk mengunyah setiap suapan makanan dengan saksama sebelum menelannya untuk mengurangi dampak pada sistem pencernaan Anda. Mengunyah makanan Anda menjadi partikel yang lebih kecil merupakan langkah penting, tetapi sering diabaikan, dalam pencernaan. Semakin banyak Anda mengunyah makanan, semakin baik makanan itu akan dipecah yang akan membantu proses pencernaan. Ini karena memecah makanan Anda secara mekanis sebenarnya dianggap sebagai fase pertama pencernaan. Semakin kecil partikelnya, semakin mudah makanan mengalir ke kerongkongan. Saat Anda mengunyah makanan, air liur dilepaskan dari kelenjar di mulut Anda dan yang kemudian memulai pencernaan kimiawi dari makanan sebelum bahkan mencapai perut Anda. Selain itu, keberadaan air liur memicu lambung untuk menghasilkan asam dan enzim pencernaannya sendiri dalam persiapan untuk kedatangan makanan Anda.
  • Tindakan mengunyah seringkali merupakan langkah yang paling diabaikan dalam proses pencernaan tetapi tidak bisa dianggap enteng.

3. Tetap terhidrasi
Air penting untuk pencernaan! Kami membutuhkan air untuk mencerna makanan padat dan menyerap nutrisi dengan baik. Tanpa air, kinerja seluruh tubuh menurun yang dapat menyebabkan dehidrasi dan menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan sembelit.

  • Minumlah air yang cukup setiap hari. Rata-rata orang harus berusaha mengonsumsi sekitar 80 ons air (atau cairan non-kafein lainnya) setiap hari.
  • Tapi ... Anda perlu minum air ini di antara waktu makan daripada saat makan untuk menghindari pengenceran asam lambung yang sangat penting untuk pencernaan yang optimal.


4. Memperbaiki pencernaan
Kelebihan racun dapat menjadi penyebab masalah pencernaan bagi banyak orang, menyebabkan diare, sembelit atau dalam kasus banyak orang dengan IBS - keduanya! Menghilangkan makanan yang membuat peradangan di tubuh Anda sekaligus menggantinya dengan makanan utuh, bergizi dan padat nutrisi adalah salah satu cara terbaik untuk mengatur ulang pencernaan Anda dan membantu Anda memecahkan masalah apa yang sebenarnya terjadi di sana.

  • Parit pemanis buatan. Ini telah terbukti secara drastis mengubah bakteri usus yang sudah kita ketahui adalah bagian yang sangat penting dari pencernaan yang sehat dan kesehatan secara keseluruhan.
  • Makan lebih sedikit makanan olahan. Makanan ini cenderung kalori kosong dengan sedikit atau tidak ada nilai gizi dan sering penuh dengan gula halus, rasa buatan, warna dan pengawet yang menyebabkan kerusakan pada ginjal dan hati Anda dan membuat ketagihan.
  • Hilangkan gluten dari diet Anda. Gluten merupakan alergen dan iritasi usus yang umum (bahkan bagi mereka yang tidak memiliki alergi gluten seperti penyakit celiac).
  • Hindari kedelai olahan. Kedelai mengganggu penyerapan nutrisi dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh ketika dikonsumsi dalam jumlah besar (mis. Sebagai isolat protein kedelai dalam makanan dan minuman olahan).

BACA JUGA: apa penyebab flu? dan bagaimana solusinya

5. Tingkatkan asam lambung Anda. 
Tepat sekali. Tingkatkan itu. Yang benar adalah bahwa kadar asam klorida yang tinggi, atau 'asam lambung', sering kali bukan penyebab mulas seperti yang selama ini kita yakini. Faktanya, seringkali asam lambung terlalu sedikit yang bisa disalahkan. Agar makanan dilepaskan dari lambung ke usus kecil tempat sebagian besar pencernaan dan penyerapan nutrisi terjadi, makanan harus dalam keadaan cair. Jadi, jika Anda tidak mengunyah setiap suapan dengan saksama dan Anda memiliki asam lambung yang rendah, itu berarti perut Anda perlu lebih banyak mencerna secara 'mekanis' - atau lebih mengocok dan meremas, untuk memecah makanan. Pencernaan mekanis ini membutuhkan lebih banyak waktu yang berarti makanan tertinggal di perut lebih lama di mana ia dapat mulai berfermentasi, menyebabkan tekanan untuk membangun (baca: gas dan kembung). Apa yang Anda miliki sekarang adalah badai sempurna sehubungan dengan mulas karena tekanan yang meningkat memberi tekanan pada sfingter esofagus (otot yang menutup kerongkongan dari lambung) membuat asam yang Anda miliki cenderung memercikkan kembali ke esofagus. Berikut adalah tiga cara sederhana untuk meningkatkan asam lambung secara alami:

  • Tambahkan jus lemon segar ke air yang Anda minum di antara waktu makan.
  • Minumlah 1-2 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter dalam sedikit air sebelum makan.
  • Kunyah makananmu. Kunyah setiap suap sampai hampir tidak mungkin untuk mengetahui apa yang ada di gigitan yang Anda ambil. Ini mungkin berarti lebih dari 15-20 mengunyah per gigitan.
itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk anda. terimakasih telah membaca artikel ini.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »