TIPS AGAR TETAP SEHAT SAAT DI RUMAH AJA


Sekarang ini kita sedang melawan virus covid-19 yang sangat meresahkan ini, maka dari itu lockdown diberlakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. saya akan berbagi beberapa tips buat kalian yang hanya dirumah aja tanpa melakukan aktivitas diluar rumah agar tetap sehat tentunya.

Makan dengan baik dan teratur
Tanpa vaksin, tidak ada dari kita yang bisa sepenuhnya menghilangkan risiko tertular virus corona. Dan para ahli mengatakan itu masih 18 hingga 24 bulan lagi.

Tetapi makan sesehat mungkin penting bukan hanya untuk kesehatan fisik kita, tetapi juga kesejahteraan psikologis kita. Pola makan yang sehat telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes dan obesitas, serta depresi dan kecemasan.

Anda tidak harus mengikuti diet tertentu, hindari makanan olahan karena cenderung tinggi gula.

BACA JUGA: 10 makanan yang ternyata berbahaya untuk dikomsumsi anak

Makanan terbaik untuk kesehatan mental kita umumnya adalah makanan yang paling sehat. Karbohidrat kompleks, yang ditemukan dalam buah, sayuran, dan biji-bijian utuh, memberikan nutrisi penting bagi otak kita karena lambat laun melepaskan energi, yang juga menstabilkan suasana hati kita.

Diet seimbang idealnya meliputi berbagai makanan tinggi vitamin A, B, C, D dan E, serta mineral besi, seng dan selenium.

Vitamin B, ditemukan dalam sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan, pisang, telur, unggas, ikan, dan bit, penting bagi otak kita dan itu adalah bahan kimia kebahagiaan, serotonin, dan dopamin. Kurangnya B6, B12 dan folat (B9) sering terjadi pada kasus depresi.

Penting juga untuk menjaga kesehatan usus kita, yang ditunjukkan oleh penelitian yang berkembang yang memiliki dampak luar biasa pada suasana hati dan perilaku kita. Prebiotik dan probiotik, yang ditemukan dalam makanan fermentasi seperti kefir, tempe, sauerkraut, kimchi dan yogurt dapat mengurangi peradangan, meningkatkan mood dan fungsi kognitif kita.

Dalam kiatnya untuk mengatasi stres akibat wabah koronavirus, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan kita untuk tidak "menggunakan rokok, alkohol, atau obat-obatan lain untuk mengatasi emosi Anda." Mereka merekomendasikan untuk berbicara dengan petugas kesehatan atau penasihat jika Anda merasa kewalahan.

Tidur nyenyak
Tidur sangat penting bagi tubuh kita untuk memperbaiki sel, membersihkan racun, mengkonsolidasikan ingatan kita dan memproses informasi. Ada bukti bagus bahwa kurang tidur dapat berdampak besar pada kesehatan kita - secara negatif memengaruhi konsentrasi kesejahteraan psikologis kita dan bahkan kecerdasan emosional kita.

Ini juga dapat meningkatkan risiko kita mengalami kondisi kesehatan kronis, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

BACA JUGA: Tips menghilangkan lelah atau penat dengan mudah!

Sama seperti jadwal saya untuk makan, bekerja dan berolahraga, penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur. Bagi kebanyakan orang, antara enam hingga sembilan jam semalam sudah cukup. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu mempertahankan rasa normal, dan membantu Anda menindaklanjuti dengan rencana.

Jika Anda merasa sulit untuk tidur karena Anda berbaring dengan rasa khawatir, cobalah untuk membatasi konsumsi berita sebelum tidur. Juga dapat membantu mengurangi paparan Anda pada layar di malam hari, karena efek cahaya biru pada retina kita dapat mengganggu kualitas tidur kita.

Berolahraga Cukup
Latihan melepaskan bahan kimia dalam tubuh yang membuat kita merasa baik, dan itu juga dikaitkan dengan tidur yang lebih baik, mengurangi stres dan kecemasan, dan meningkatkan memori dan kognisi.

Olahraga tim mungkin tidak masuk dalam agenda, tetapi Anda tentu masih dapat berolahraga sendiri, kata Marcus Thormann, pemilik studio kebugaran berteknologi tinggi di Jerman Barat. Dia merekomendasikan gerakan moderat selama 30 menit per hari, seperti yang didukung oleh WHO.

"Kamu bahkan dapat memecahnya menjadi 10 bagian menit - 10 menit di pagi hari, 10 di sore hari, dan 10 di malam hari. Ketika kamu menetapkan itu sebagai rutinitas harian, maka harimu akan lebih terstruktur juga, "katanya pada DW.

Banyak instruktur kebugaran - yoga dan pilates, pelatih pribadi, guru tari - menawarkan kelas mereka secara online selama wabah, beberapa dari mereka gratis. Yang Anda butuhkan hanyalah tikar atau handuk di lantai dan koneksi internet yang andal.

Atau, seperti yang ditunjukkan Thormann, hanya kreativitas yang baik. "Saya melihat posting media sosial tentang seorang pria yang menggunakan balkon 7 meter, sehingga panjangnya sekitar 20 kaki, untuk menjalankan seluruh maraton."

BACA JUGA: Ternyata ini dia makanan dengan nutrisi terbaik di dunia

Walaupun itu "contoh yang sangat ekstrem," kata Thormann, ada banyak cara untuk merangsang sirkulasi tubuh Anda. Dia menyarankan "berjalan naik dan turun tangga di rumah Anda, atau di gedung Anda, misalnya. Atau, Anda bisa berlari di tempat di dalam, atau melakukan tinju bayangan, atau melompat-lompat, atau duduk, atau push-up. "

Namun berhati-hatilah untuk tidak berolahraga jika Anda memiliki gejala mirip flu, atau jika Anda merasa lelah.

Koneksi Sosial
Sekarang, lebih dari sebelumnya, kita membutuhkan teman-teman kita. Bukti menunjukkan bahwa keterhubungan sosial sama pentingnya bagi kesehatan kita seperti pola makan, gerakan, dan tidur.

Tidak, Anda tidak dapat mengadakan pesta makan malam atau piknik di tempat terkunci - secara langsung! Tetapi tidak semua interaksi sosial harus tatap muka agar bermakna. Coba buat ulang melalui panggilan video - Anda dapat mengatur makan malam virtual melalui aplikasi seperti Zoom, Houseparty, atau Google Hangouts yang lama, atau mengajak teman jalan-jalan virtual atau melakukan aktivitas di rumah bersama-sama, seperti kerajinan atau menggambar.

itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk kalian. terimakasih telah membaca artikel ini

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »