TIPS AMPUH MEMBERSIHKAN USUS BESAR SECARA ALAMI


ada beberapa cara untuk membersihkan usus anda. pembersihan usus memang sangat dibutuhkan dimana akan membuat pencernaan menjadi lancar sekaligus menurunkan berat badan anda. berikut  7 cara membersihkan usus yang kotor.

Sayuran hijau
Sayuran hijau adalah pembangkit nutrisi; bayam, kangkung, kubis brussel, asparagus, collard green, daun bawang, kacang polong semuanya kaya akan klorofil yang membantu membersihkan saluran usus dan sebagai hasilnya menenangkan usus besar. Mereka juga membantu detoksifikasi hati dan melindungi tubuh dari racun di lingkungan. Anda bisa merebus atau mengukus sayuran, menambahkannya ke dalam sup atau sedikit menumis dengan sedikit mentega atau minyak zaitun

BACA JUGA: obat ampuh mengatasi kram pada kaki

Jahe
Jahe memiliki sifat antiseptik dan bermanfaat karena merangsang pencernaan. Dapat ditambahkan ke jus apa pun atau dapat dimakan langsung. Tambahkan satu sendok teh jus jahe dan madu, campur dalam satu cangkir air hangat. Campuran ini bisa dikonsumsi dua kali sehari. Anda juga dapat membuat smoothie menggunakan:

  • 1 sendok makan jahe (dikupas)
  • 1 apel (diiris)
  • Secangkir bayam
  • 1 wortel (diiris)
  • Blender semua bahan ini dengan 1 gelas air dan smoothie Anda siap. Minumlah sekali sehari untuk memastikan berfungsinya saluran usus.

Jus dibuat dengan menggunakan apel dan lemon
Apel dan lemon keduanya kaya nutrisi yang meningkatkan aksi pencernaan seperti vitamin C & A, antioksidan, dan Serat. Anda bisa membuat jus lezat dari buah-buahan ini:

  • Ambil ½ cangkir jus apel, tambahkan 2 sendok makan jus lemon dan satu sendok teh jus jahe.
  • Campurkan dalam ½ cangkir air hangat. Anda bisa minum ramuan ini sekali sehari untuk membantu mendetoksifikasi usus besar dan mendorong pencernaan yang tepat.
Cuka sari apel
Cuka sari apel tanpa filter membantu membuang limbah dari tubuh kita sambil mempertahankan bakteri yang bermanfaat. Ini dapat diambil bersama dengan madu untuk membersihkan usus besar dan mengembalikan sistem pencernaan.
  • Campur cuka sari apel mentah dan madu dalam jumlah yang sama (2 sendok makan)
  • Campur dalam satu gelas air dan minum sekali sehari. Ini tidak hanya akan menghilangkan racun tetapi memiliki banyak manfaat lain seperti mencegah diabetes dan menurunkan kolesterol jahat.

Makan Makanan yang Kaya Serat
Serat sangat baik untuk menjaga usus Anda tetap sehat dan membersihkan usus besar dengan menghilangkan limbah dari tubuh kita. Anda dapat memasukkan biji-bijian seperti kacang, lentil, quinoa, oatmeal atau sayuran seperti kacang polong, artichoke, kecambah Brussel yang tinggi serat. Raspberry, mangga, ara, dan kelapa juga membantu menyehatkan usus besar.

Garam dan Air
Air memainkan peran penting dalam mendetoksifikasi tubuh kita. Ketika usus besar mengalami dehidrasi, lebih mudah bagi racun untuk menempel di dalam dan membentuk penumpukan. Anda perlu mengonsumsi setidaknya 2-2,5 liter air setiap hari untuk memastikan fungsi usus yang optimal.

Tambahkan satu sendok teh garam laut ke setengah liter air dan minum sebelum sarapan (sebelum Anda makan apa pun). Meminum campuran itu mendorong pergerakan usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

BACA JUGA: 9 cara mengatasi insomnia atau susah tidur

Biji Chia dan Flax
Kedua biji ini adalah makanan super yang tinggi serat. Mereka juga mengandung asam lemak Omega 3 yang mengurangi peradangan di usus besar dan menghilangkan racun yang menumpuk. Anda dapat menambahkan satu sendok teh biji dalam air dan minum campurannya, membuat puding atau menaburkannya di atas salad.

Rendam satu sendok makan biji chia dalam satu gelas air selama 5 hingga 10 menit agar seratnya dapat melakukan fungsinya secara optimal dengan menyerap air.
Campurkan bijinya dalam sekitar 1 cangkir yogurt
Konsumsilah campuran ini 4 kali sehari selama sekitar 4 minggu untuk membersihkan saluran usus.

Ada berbagai suplemen pembersihan usus yang dijual bebas juga tersedia di pasaran. Melakukan pembersihan usus besar sangat penting karena tidak hanya menghilangkan bakteri dan meningkatkan pencernaan, tetapi juga mempromosikan penurunan berat badan dan mencegah berbagai penyakit.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »