7 TIPS AMPUH UNTUK MENGATASI BERSIN TERUS MENERUS

Bersin secara terus menerus membuat kita merasa tak nyaman sepanjang hari, karena setelah bersin biasanya cairan hidung akan keluar membuat kita harus mengelurkannya dulu dan melangsungkan kegiatan selanjutnya. 


bersin biasanya disebabkan oleh alergi, entah itu pada saat bangun dari tidur maupun saat duduk pada kursi dengan debu yang banyak. namun virus dan bakteri juga termasuk dari penyebab bersin bersin, perlu diketahui bahwa penyebab bersin juga ada bermacam macam seperti udara kering, olahraga secara berlebihan dan melihat cahaya terang. oleh karena itu saya merangkum cara mengatasi bersin kalian dengan cepat.

1. HINDARI POLUSI UDARA
secara tak langsung sangat penting untuk menjaga hidung dari polusi udara seperti debu karena debu menjadi penyebab utama bersin bersin. untuk menghindari polusi udara anda di anjurkan untuk memakai masker dengan begitu kalian akan bebas bepergian.


2. GELITIK LANGIT LANGIT PADA MULUT
seseorang mungkin dapat menahan bersin dengan menggelitik langit langit pada mulut dengan lidah. setelah sekitar 5-10 detik melakukannya, dorongan untuk bersin bisa hilang. atau dengan menekan lidah anda keatas dengan keras sampai lidah mencapai dua gigi depan anda. 

3. GUNAKAN ANTIHISTAMI
Selain infeksi, bersin-bersin yang Anda alami mungkin saja merupakan suatu reaksi alergi, biasanya alergi debu, serbuk sari, udara dingin, dan sebagainya. Tips atau cara mengatasi bersin terus-menerus akibat reaksi alergi adalah dengan cara mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini berfungsi untuk meredakan gejala alergi yang ditimbulkan, tak terkecuali  bersin-bersin. Beberapa jenis antihistamin yang umum diresepkan oleh dokter seperti loratadine dan cetirizine.

4. CUBIT HIDUNG 
Ini adalah cara lain untuk mencoba menahan bersin sebelum terlanjur terjadi. Ketika Anda merasa akan bersin, cobalah cubit kedua cuping hidung Anda, seperti Anda sedang menutup hidung saat mencium bau tidak sedap. Anda juga bisa mencoba cubit hidung di pangkal hidung, tepat di bawah bagian dalam alis Anda.

5. HINDARI CAHAYA TERANG
Ada sebagian orang (mungkin termasuk Anda salah satunya) yang mengalami bersin-bersin ketika terpapar cahaya terang seperti sinar matahari. Kondisi ini dinamakan sebagai bersin fotik dan dipengaruhi oleh faktor keturunan (genetik). Tak ada cara mengatasi bersin fotik lainnya yang bisa Anda lakukan selain sebisa mungkin menghindari paparan cahaya terang.


6. USAHAKAN BERBICARA
Mitos yang beredar selama ini mengatakan jika berbicara adalah salah satu cara mengatasi bersin terus-menerus. Hal ini didasari oleh asumsi bahwa ketika seseorang sedang berbicara, terlebih jika yang dibicarakan itu menarik, keinginan untuk bersin yang datangnya dari otak akan teralihkan. Belum ada bukti ilmiah yang mendukung tips atau cara mengatasi bersin yang satu ini. Jika ada yang mengatakan cara ini berhasil, mungkin saja itu hanya sugesti.

7. KONSUMSI VITAMIN C
Vitamin C adalah antihistamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mencukupi kebutuhan vitamin C bisa menangkal bakteri dan virus penyebab penyakit yang disertai bersin, seperti flu dan pilek.

Tips diatas merupakan rangkuman dari beberapa banyak tips yang ada dan bisa kalian terapkan bagi kalian yang mengalami gejala ini juga pada teman kalian yang memiliki gejala yang sama

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »