7 Cara mudah melindungi diri dari virus covid-19 di masa pandemi

Masa pandemi ialah masa dimana kita diharuskan untuk merawat tubuh terhadap berbagai virus yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Ada banyak cara untuk mencegah penularan virus ini.


Dikutip dari healthline situs kesehatan paling populer didunia ini mengatakan ada 7 cara termudah untuk melindungi diri dari covid-19.

1. Desinfeksi ponsel dan perangkat komputermu
Sebuah studi oleh Deloitte menemukan bahwa rata-rata orang Amerika memeriksa ponsel mereka 52 kali sehari.

"Menurut sebuah studi oleh University of Arizona, ponsel membawa 10 kali lebih banyak bakteri daripada kursi toilet ... Jadi kita terus-menerus menyebarkan kuman dan bakteri dari ponsel kita ke tangan / wajah kita dan sebaliknya," Dr. Julie Jackson, dewan -Dokter kulit bersertifikat di Puracy, mengatakan kepada Healthline.

Karena ponsel telah menjadi perpanjangan dari diri kita sendiri, Tetro mengatakan mereka harus diperlakukan dengan cara yang sama seperti kita memperlakukan tangan kita.

"Ketika kamu masuk dari luar, gunakan lap desinfektan untuk menjaganya tetap bersih, setelah kamu mencuci tangan," katanya.

2. Bersihkan kacamata karena kamu lebih sering menyentuhnya apalagi dibagian wajah.
Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah COVID-19 dapat menyebabkan infeksi melalui masuknya mata, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan Sumber yang Dipercaya untuk menghindari menyentuh mulut, hidung, atau mata kamu dengan tangan yang tidak dicuci.

"Partikel virus dapat menyebabkan infeksi ketika bersentuhan dengan permukaan mukosa, seperti mulut dan hidung, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa bahkan mata pun dapat menjadi titik masuk infeksi," kata Jackson.

Dia menambahkan bahwa membersihkan kacamata dan kacamata hitam menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri berlebih yang mungkin menumpuk di permukaan, dan berkontribusi terhadap jerawat melalui kontak oklusif dengan kulit.

3. Bersihkan gagang pintu dan bersihkan tanganmu sesudahnya
Dari dalam rumah kamu, ke mobil dan ke mana pun kamu berkunjung di luar rumahmu, tidak ada keraguan kamu menyentuh pegangan.

“Jika kamu tidak yakin dengan tingkat kontaminasi permukaan, selalu lebih baik menggunakan pembersih tangan setelah menyentuhnya. Sedangkan untuk pegangan, kecuali jika kamu adalah pemilik gagangnya, mungkin bukan yang terbaik bagi kamu untuk membersihkannya. Tetaplah untuk membersihkan tangan kamu, ”kata Tetro.

CDC merekomendasikan Sumber yang Dipercaya sebagai berikut untuk mencuci tangan:

1. Cuci tangan kamu. Sumber terpercaya sering dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik, terutama setelah kamu berada di tempat umum, atau setelah meniup hidung, batuk, atau bersin.
2. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Tutupi semua permukaan tangan kamu dan gosokkan semuanya sampai terasa kering

4. Bersihkan tas dan dompetmu
Dompet dan tasmu mungkin dibawa bepergian ke mana pun kamu pergi. Sepanjang perjalanan, mereka mungkin ditempatkan di beberapa permukaan. Namun, Tetro mengatakan bagian luar dompet dan tas mungkin bukan yang paling penuh dengan kuman.

“Saya telah melakukan beberapa pekerjaan untuk melihat sejauh mana kontaminasi dompet, dan kenyataannya adalah bahwa biasanya ada lebih banyak kekhawatiran dengan bagian dalam daripada bagian luar. Sementara dompet bisa bertindak sebagai penyalur, permukaan yang terinfeksi biasanya tidak sering disentuh, ”katanya

5. Cuci masker kamu
CDC merekomendasikan mencuci masker wajah. Dari Sumber terpercaya mengatakan setelah setiap kali digunakan maka cuci dengan cara di binatu atau dengan merendamnya dalam larutan pemutih berikut selama 5 menit (selama pemutih yang kamu gunakan dimaksudkan untuk desinfeksi):

- 5 sendok makan (1/3 gelas) pemutih rumah tangga per galon air suhu kamar atau
- 4 sendok teh pemutih rumah tangga per liter air suhu kamar
- Setelah berendam, bilas masker dengan air dingin atau suhu kamar.

Tetro mengatakan kamu juga bisa merendam masker dalam air panas dengan sabun atau deterjen selama sekitar 10 menit.

“Itu akan membantu untuk membunuh virus dan juga menghilangkan kotoran / kotoran / minyak dari kain. Tergantung pada sifat kainnya, kamu mungkin juga bisa menggunakan pengering, ”kata Tetro.

6. Kenakan penghalang pada transportasi umum
Jika kamu harus menggunakan transportasi umum untuk pergi ke tempat kerja atau di tempat lain, CDC menyarankan Sumber yang Dipercaya mempraktikkan kebersihan tangan yang baik, terlibat dalam jarak sosial, dan mengenakan faceshield/masker.

“ini telah dikenal selama beberapa dekade bahwa perlindungan penghalang membantu mencegah penyebaran penyakit menular. Hal yang sama berlaku dengan coronavirus. Dengan selalu bersama kamu, kamu dapat yakin bahwa risikonya terhadap kamu akan berkurang, ”kata Tetro.

Dia menyarankan agar selalu siapkan pelindung penghalangmu.

7. Teliti melakukan desinfektan
Bob Reynolds, direktur senior layanan teknis di Zep, distributor solusi pembersihan yang berbasis di Atlanta, Georgia, mengatakan orang sering membuat kesalahan ketika datang untuk membeli dan menggunakan disinfektan.

"Tanpa sadar, konsumen cenderung untuk mengambil produk, mulai menyemprot permukaan dan menghapus sebelum membiasakan diri dengan produk dan label produk," kata Reynolds kepada Healthline.

Perlu diketahui bahwa virus ini sama gejalanya seperti flu pada umumnya namun seiring waktu akan semakin parah bila dibiarkan begitu saja. Dibutuhkan perawatan medis jika merasa tertular virus ini dan jangan sesekali berinteraksi dengan orang lain untuk memotong rantai penyebaran virus covid-19.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »