Cara mengatasi dan mengobati burung yang makan kaper


Cara mengatasi burung yang makan kaper. Kaper/kupu kupu putih biasanya banyak di temukan di halaman rumah yang bersarang setiap hari baik di balik tanaman maupun teras rumah. Lalu burung peliharaan juga ditempatkan di luar rumah dan di gantung, ketika kaper datang maka dengan insting alami si burung peliharaan akan langsung memakannya.

Apakah itu baik untuk burung? Jawabannya tidak. Burung seperti murai batu atau burung kicau lainnya jika memakan kaper akan sakit dan bisa bisa lumpuh lalu jika tidak di obati akan mati. Sayang sekali ya burung semahal itu langsung mati dengan memakan hewan liar.


Apa yang harus di lakukan? Jawabannya ialah kalian tidak bisa menyuruh burung peliharaan untuk tidak memakan kaper, sejinak jinaknya burung pasti masih memiliki insting alami dimana serangga biasanya jadi makanan burung. Jika tidak bisa membuat burung tidak memakan kaper maka kalian harus membasmi kaper itu sendiri.

Ada beberapa cara alami untuk membasmi kaper dengan bahan bahan alami tentunya.

1. Kapur barus
Jangan menganggap bahwa kapur barus hanya dapat mengharumkan ruang loh ya. Tapi kapur barus juga bisa menjadi senjata untuk menghalau kaper agar menjauh dari rumah.

Caranya letakkan kapur barus di tempat yang paling sering kalian temui banyak kaper dan tunggu beberapa saat atau bisa juga menghaluskan kapur barus dan menaburinya di halaman. Biasanya butuh beberapa waktu agar kaper bisa benar benar pergi.

2. Jeruk nipis
Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika jeruk nipis sangat tidak di sukai oleh serangga dan juga bisa membuat kaper cepat pergi dari sana. Caranya letakkan potongan jeruk di tempat yang sering di hinggapi kaper.

3.  Gunakan insektisida
Jika 2 cara diatas tidak berhasil membasmi kaper di rumahmu maka ini adalah cara terakhir yang bisa saya rekomendasikan memberikan pestisida alami di setiap tanaman yang ada didepan rumahmu karena biasanya kaper ini berkembang biak dibawah tanaman jadi langsung saja basmi ke asalnya.

4. Tutup sangkar burung
Biasanya kaper akan aktif pada malam hari dan mulai beterbangan hinggap di salah satu ruang. Salah satu solusi untuk menghindari burung memakan kaper ialah dengan menutup sangkar burung dengan kain atau sejenisnya agar kaper tidak masuk ke sangkar burung.

Jika terlanjut kemakan cara ngobatinnya gimana? Ada cara masing masing orang sih sebenarnya jika ingin mengobati burung.

1. Getah daun pepaya
Saya sendiri dapatnya dari mencari informasi cara menyembuhkan burung yang memakan kaper. Jika kalian melihatnya secara langsung burung memakan kaper maka jangan ragu untuk memberikannya daun pepaya.


Jika dirasa masih ragu kalian bisa memberikannya air rebusan daun pepaya dan untuk mengembalikan kicauannya kalian bisa menambahkan madu murni ke air rebusan tadi dan berikan kepada burung yang memakan kaper.

2. Air kelapa hijau
Air kelapa memang terkenal dapat membersihkan racun dari dalam tubuh manusia. Tapi ini juga bisa di coba untuk burung yang memakan kaper karena bisa jadi setelah burung memakan kaper maka burung akan keracunan dan obatnya jika tidak menemukan daun pepaya ialah memberikan air kelapa hijau.

Dari pembahasan kita diatas mengenai burung yang memakan kaper maka lebih baik menghindari kaper ini hinggap di halaman rumah dan kadang juga kaper bisa masuk didalam kamar. Bersihkan ruangan setiap hari agar terhindar dari serangan kaper ini.

Keyword: cara mengatasi burung yang memakan kaper, cara mengkbati burung yang memakan kaper, bahaya kaper bagi burung. Membasmi kaper dirumah

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »