Definisi pola hidup sehat menurut para ahli



Pengertian pola hidup sehat. Pola hidup sehat yaitu segala upaya unuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat menggangu kesehatan (Soenarjo R.J, 2002: 17). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat yaitu: (1) pola kebersihan diri, (2) pola makanan dan minuman yang sehat, (3) pola gerak 8 badan atau olahraga, (4) pola keseimbangan kegiatan, (5) pola pencegahan dan kesehatan diri.

Menurut Sumintarsih, (2008: 14) pola makanan yang sehat adalah pola makan yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan serat makanan. Criteria makanan yang sehat adalah 4 sehat 5 sempurna. Pola tersebut perlu dilengkapi dengan criteria makanan sehat berimbang meliputi: (1) Cukup Kuantitas, (2) Proporsional, (3) Cukup kualitas, (4) Sehat, (5) Makanan segar alami, (6) Makanan nabati, (7) Cara memasak, (8) Teratur dalam penyajian, (9) Minum air 8 gelas sehari (DJoko Pekik. I, 2007: 25).

Menurut Kotler, pola hidup sehat yaitu gambaran dari aktivitas / kegiatan yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan linkungan. Tentunya terhadap hal-hal baik.

Gaya hidup sehat adalah pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan. Hidup dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti kata mendasar adalah segala hal yang kita kerjakan memberikan hasil yang baik dan positif. Hidup sehat adalah hidup dengan fisik, psikologi, lingkungan dan finansial yang sehat, cukup dan baik. Menurut tabloid gaya hidup sehat, hidup sehat itu adalah cara menyelenggarakan proses kehidupan sehingga memberikan kondisi positif bagi diri sendiri dan lingkungan (Mister, 2008)

Menurut Depkes RI (1997), gaya hidup sehat adalah segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan yang buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Menurut Depkes RI (2002) indikator gaya hidup sehat antara lain : perilaku tidak merokok, pola makan sehat dan seimbang dan aktivitas fisik yang teratur.

Pola hidup sehat menurut Kus Irianto (2004: 22). Praktek kebiasaan hidup bersih dan sehat dalam kehudapan sehari-hari baik saat siswa berada di kelas maupun di luar kelas. Sedangkan menurut Soekidjo (1993: 59). Perilaku kesehatan pada dasarnya adalah respon seseorang (Organisme) terhadap stimulus yang berkaitan dengan sakit dan penyakit sistem pelayanan kesehatan, makanan serta lingkuingan.

Pengertian pola hidup menurut Soekidjo yang dimaksud pola hidup adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Pengertian hidup sehat menurut Hanlon yaitu sehat itu mencakup keadaan pada diri seseorang secara menyeluruh tetapi mempunyai kemampuan melakukan fisiologis maupun psikologis penuh. Pengertian pola hidup sehat menurut Rusli Ruthan adalah setiap tindakan yang mempengaruhi peluang secara langsung atau jangka panjang semua konsekuensi fisik yang menjadi lebih baik.

Lantas bagimana penerapan pola hidup sehat?
1. Studi menunjukkan bahwa diet saja tidak seefektif dalam mencapai berat badan yang sehat seperti diet yang dikombinasikan dengan olahraga. Aktivitas fisik juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Lihat bagian Kebugaran dan Latihan untuk rekomendasi tentang cara aktif secara fisik setiap hari. Penurunan berat badan yang relatif kecil pun dapat membuat perbedaan pada kesehatan dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan toleransi glukosa dan lipid darah.

2. Merupakan rekomendasi umum untuk minum 8 hingga 10 gelas air sehari untuk membantu proses biologis tubuh Kalian, terutama membawa nutrisi ke sel dan menghilangkan limbah. Institute of Medicine (IOM) menyarankan pria untuk mengonsumsi sekitar 3,7 liter (sekitar 16 gelas) air sehari dan wanita untuk mengonsumsi 2,7 liter (sekitar 12 gelas) air sehari.

->Delapan puluh persen dari ini harus berasal dari air minum dan minuman lain, (tapi bukan soda, kopi, atau alkohol).

->20% sisanya harus berasal dari makanan — terutama buah-buahan dan sayuran, yang 70% hingga 95% air. Kebutuhan air Kalian bergantung pada banyak faktor, termasuk kesehatan Kalian, seberapa aktif Kalian, dan di mana Kalian tinggal. Biasanya bukan ide yang baik untuk menggunakan rasa haus saja sebagai pedoman kapan harus minum. Pada saat Kalian merasa haus, Kalian mungkin sudah mengalami sedikit dehidrasi. Sangat penting bagi orang dewasa yang lebih tua untuk minum air sebelum menjadi haus, karena rasa haus Kalian berkurang seiring bertambahnya usia.

3. Dr Heidi Moretti, Ahli Gizi
"Makan sepiring sayur setiap hari, minimal 3-5 buah. Lebih banyak bahkan lebih baik. Ini akan membantu mendetoksifikasi hormon kalian, memberi kalian mineral yang sangat dibutuhkan seperti magnesium, mengurangi peradangan, dan mengurangi kalori junk food. Sayuran membantu meningkatkan metabolisme kalian”

4. Lisa MarcAurele, Pendiri Low Carb Yum
“Makan makanan utuh rendah karbohidrat adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Diet tinggi gula dikaitkan dengan peradangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Oleh karena itu, diet rendah gula yang menghilangkan karbohidrat olahan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit umum seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular”

Kesimpulannya pengertian pola hidup adalah aktifitas yang dikerjakan oleh individu yang terwujud dalam tindakan atau sikap karena adanya stimulus yang diterima dan dapat diamati oleh pihak luar serta dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

keyword: pengertian pola hidup sehat menurut para ahli, definisi pola hidup sehat menurut para ahli, penerapan pola hidup sehat menurut ahli, cara hidup sehat.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »