Tips menghadapi tetangga yang suka mengucilkan

Tips menghadapi tetangga menyebalkan dan suka mengucilkan. Bertetangga memang menyenangkan karena ada yang bisa di ajak berbicara sembari meluangkan waktu kosong dengan tetangga. Lain hal nya dengan tetangga yang memiliki sikap sangat sensitif, belum di apain juga udah langsung musuhan sampai mengucilkan kita.

Tak bisa dipungkiri hal ini banyak terjadi di masyarakat sekitar khususnya yang tinggal di blok blok jalan pasti merasakan hal ini dan menjadi kosong sebab tetangga yang dulunya dekat kini menjauhinya.

Ada kok cara yang bijak buat mengakhiri kalian dikucilkan oleh tetangga yang menyebalkan itu. Cermati Tips yang saya berikan.


1. Buat iri

Dengan membuat iri para tetangga tetangga sekitar yang mengucilkanmu, setidaknya dapat melegakan perasaanmu karena mereka akan menginginkan hal yang sama sepertimu.

Arti iri ini dengan membuat sesuatu kemajuan yah gais bukan pamer harta/kekayaan. Iri yang saya maksudkan ialah dengan membuat suatu inovasi.

Bayangkan inovasi buatanmu dapat terjual dan disebarkan dipasaran sampai kalian tajir melintir, suatu saat akan ada tetangga yang ingin belajar ke kamu.


2. Cari sekutu

Bila kalian tidak bisa membuat tetangga yang menyebalkan itu iri, kalian bisa mulai dengan mencari sekutu. Pergi ke satu persatu rumah yang menurut kalian mudah untuk dijadikan sekutu.

Tak mungkin jika seluruh manusia yang ada disekitar kalian begitu jahat kan, pastinya ada rasa iba ke kalian melihat kamu itu dikucilkan pasti rasanya gak enak. Dengan adanya sekutu maka kamu bisa dengan mudah membuat jaringan baru.


3. Kamu bersalah

Ada sebab ada akibat, mungkin inilah yang bisa tergambarkan oleh benak saya ketika melihat para tetangga bertengkar satu sama lain. Tidak mungkin ada api yang tiba tiba keluar begitu saja, pasti ada sumbernya. 

Begitu pula dengan kita yang selalu harus menjaga kerukunan berkeluarga antar tetangga. Kita sebagai saudara semuanya harus mempererat tali silaturahmi. Begitu ada acara jangan sungkan sungkan mengundang tetangga yang kamu ajak berselisih. Bangun kekeluargaan karena hanya inilah cara yang paling tepat dari semua cara yang saya rekomendasikan.


4. Bicarakan baik baik

Tentu semua orang menginginkan penyelesaian dengan cara yang baik baik, kamu bisa mengundang orang yang berselisih tadi dan menceritakan apa masalahnya. Apa yang membuat orang itu mengucilkanmu dan bagaimana caranya agar kamu tidak dikucilkan lagi.

Tampaknya agak memalukan karena harus mengorbankan harga diri tapi jika dilakukan sesuai rencana maka tidak akan ada hal memalukan yang akan terjadi.


5. Pergi atau lapor

Tips yang terakhir jika semua cara diatas sudah kamu coba maka pilihan terakhir ialah lebih baik tinggalkan tempat itu dan memulai tali silaturahmi dengan orang yang lebih baik. Bukan menyerah namun tekanan mental kadang sering menyelimuti, kecuali jika kalian seorang nolep mungkin bisa terbiasa sih dengan keadaan seperti ini hehe

Hal lainnya ialah kamu bisa melaporkan orang tersebut ke pihak berwajib jika orang itu benar meresahkanmu dan ini akan masuk ke masalah yang lebih serius.


Tetangga kadang menyenangkan kadang juga menyebalkan itu semua tergantung dari sikap dan bagaimana tetangga melihat kita. Jadi buktikan bahwa kalian bisa bersosialisasi dengan baik karena tetangga juga bisa menjadi penyelamat buat diri kita loh. Terimakasih :) 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »