Cara dan strategi agar jualan laris dishopee


Jualan online di shopee kadang membutuhkan strategi tersendiri agar costumer datang dan membeli produk kita.

Cara berjualan pasang lalu tunggu pembeli sangatlah tidak efektif karena selain pembeli scroll barang, mereka juga mengecek hal lainnya seperti harga dan tampilannya. 

Saya dapat teknik ini kebetulan nongol di TL oleh akun twitter @_doraredre yang katanya baru berdagang selama 3 bulan di shopee memperoleh omset sebesar 40 juta dengan follower 3.9k bisa dikatakan bahwa dia sukses membangun strategi yang dapat diterapkan lewat shopee. semoga bisa membantu kita semua khususnya yang berjualan online.

Tipsnya adalah 4P = 4C . Bedanya adalah 4P itu berfokus pada seller interest. Sedangkan 4C adalah customer interest.

Disini saya bedakan antara teori dan prakteknya biar lebih lurus aja. Teori dan praktek penerapan strategi shopee.

TEORI
1. Product : Customer Solutions
Tentukan produk yang kamu jual. 
- Harus spesifik dan detail
- Kelebihan Produk
- Value Produk 
- Produkmu adalah solusi dari masalah konsumen

PRAKTEK
Di dalam prakteknya kamu pasti akan yakin produk ini bagus karena harganya murah akan aku jual murah juga.  Produk bagus dengan bahan yg bagus, pasti banyak yang suka. 

Dasarnya bukan itu, tapi carilah produk yang bisa menjawab masalah konsumen, bukan karena harga atau ambisi.

Contoh : richeese factory 

Ayam goreng krispi udah biasa, tapi dia peka terhadap masalah orang indonesia suka ayam goreng yang spacy dan berlevel. 

Dia ciptakan produk dengan keunikan dan keunggulan yang berbeda dari kompetitor, ayam goreng krispi dibalut saos dengan cocolan keju.

Selain menjawab masalah konsumen, produkmu juga harus mempunyai keunikan/kelebihan yang membedakan dari produk yang sudah ada. 

Terakhir, produkmu harus mempunyai value di dalamnya. Value product ini adalah pandangan pertama buat customer mau melirik produk kamu atau nggak. 

TEORI
2. Price : Customer Cost 
Harga ini adalah biaya yang dikeluarkan konsumen. Price untuk seller adalah harga yang dikeluarkan produsen setelah menjumlahkan keseluruhan biaya + profit yang diinginkan. 

Hati-hati dalam menentukan harga, margin dan profit berbeda. 

PRAKTEK
3. Place
Karena aku jualan secara online, jadi akan menjelaskan secara detail untuk faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian. 

contoh tampilan toko yang bagus swipe right

TEORI
4. Promotion = Communication 
Faktor terpenting dan kunci keberhasilan olshopmu! 
Product ✅
Price ✅ 
Place ✅ 

Tapi kok belum ada yang beli karena orang belum tau ada olshopmu. Maka promosi bekerja mengkomunikasikan ke konsumen ini lho ada produk yang solutip untuk masalahmu. sekian strategi dan tips yang bisa kita peroleh dari akun ini. terimakasih semoga berguna bagi kita semua.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »