Kenapa Ulat bulu bisa menyebabkan gatal?

Ulat bulu memiliki banyak varian beragam mulai dari warna hingga corak tubuhnya yang menawan. Tapi sebagian besar mungkin geli jika melihat ulat yang ada dibawah daun begitu banyaknya sehingga kita lebih baik menghindarinya.

Sebetulnya benarkah setiap ulat bulu yang kita sentuh bisa menyebabkan gatal? Mungkin tak hanya gatal, ada beberapa ulat bulu yang bisa sampai menyebabkan rasa perih. 

Masih banyak dari kalian pasti mengira karena bulu yang menempel akan menyebabkan gatal gatal bukan? Sebenarnya untuk lebih tepatnya ialah racun yang menyebar ditubuh kita.

Loh kok ada racun? Iya betul sekali, sebagian ulat bulu memiliki kelenjar racun disepanjang tubuhnya. Cara menyebarkan racun tersebut ialah dengan rongga rongga kecil yang terdapat pada ulat.

Melalui rongga racun itu kemudian melewati bulu halus yang menempel di tubuh kita dan racunnya akan masuk lalu menyebar disekitar tubuh yang ditancapi bulu tadi. Mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa hingga perih dan bentol bentol.

Tapi jangan mengira semua ulat bulu memiliki racun loh ya. Sebagiannya lagi tidak memiliki racun tapi hanya memiliki bulu, nah untuk yang alergi atau kulitnya sensitif terhadap benda benda asing yang masuk ditubuhnya akan mengalami hal yang sama seperti diatas yaitu gatal gatal.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »