Cara membuat daftar pustaka dari artikel di internet

Cara membuat daftar pustaka dari artikel di internet. Artikel ini akan menyampaikan bagaimana cara kita menemukan author, tahun dan alamat URLnya di dalam suatu artikel dari internet.

Format penulisan daftar pustaka akan berbeda-beda bagi masing-masing institusi yang menggunakannya. Format daftar pustaka Fakultas Sastra akan berbeda dengan format penulisan pada Fakultas MIPA. Untuk itu sebelumnya cek dulu panduan penulisan untuk masing-masingnya.

Format penulisan bagi artikel yang diambil dari internet, umumnya adalah:

Author. Tahun. Judul artikelURL. Tanggal akses.

Contoh:

Rogers, D. 2001. “Anas platyrhynchos” (On-line), Animal Diversity Web. http://animaldiversity.ummz.umich.edu/site/accounts/information/Anas_platyrhynchos.html. 12 Maret 2011.

Cara membuat daftar pustaka lewat artikel

Jika situs tersebut merupakan situs institusi atau lembaga, maka author yang dibuat adalah nama lembaga atau institusi tersebut, kecuali jika didalam artikel tersebut ditemukan nama penulis artikelnya.

Jika seperti gambar di atas maka pada daftar pustaka dibuat:

Siberut Conservation Programme. 2009. Animals. http://siberut-island.org/html/animals_of_siberut.html. 12 Maret 2011.

Jika authornya adalah perorangan, biasanya akan terlihat pada badan artikelnya


Jika artikel tersebut dibuat tanpa nama maka, authornya dibuat “anonim”. Hati-hati dengan situs yang diterbitkan pada sebuah blog. Biasanya pada blog akan tertulis tanggal tulisan tersebut diposting dan siapa yang memposting tulisan tersebut, namun yang tertulis bukan author dengan nama resmi tetapi hanya username pada akun blognya. Jika hal ini ditemukan, maka authornya dibuat “anonim”.


Mungkin seperti itu cara untuk membuat daftar pustaka dari artikel di internet. Saya yakin sangat sedikit orang yang mencari lewat artikel karena disebabkan dosen/guru yang mengajar ingin lewat jurnal penelitian. Setidaknya dapat menambah pengetahuan kalian.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »