Cara mendapatkan sertifikat gratis di event Webinar

Cara mendapatkan sertifikat gratis di webinar. Kondisi sekarang ini menganjurkan kita untuk tidak ngumpul ngumpul dulu bersama teman teman dan juga kerabat karena takutnya penyebaran virus covid-19 semakin luas. ada kalanya kita membentuk sebuah event namun dengan menggunakan sistem daring sehingga seluruh kegiatan baik mengajar maupun kerja kantoran harus dirumah masing masing.

Tak luput dari kita yang mencari sertifikat dengan mengikuti sebuah seminar atau webinar harus paham betul proses prosesnya sampai selesai. kadang ada juga orang yang hanya ikut dan setelah itu meninggalkan webinarnya. mungkin ia lupa ada beberapa hal yang ia lupakan padahal itu sangat berguna termasuk mendapatkan sertifikat.

(BACA JUGA: Strategi terbaik agar jualan di shopee laris manis)

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti beberapa acara webinar di beberapa kampus kampus di indonesia, inilah cara agar kita berhak menerima sertifikat dari panitia yang menyelenggarakan webinar.

1. pastikan kalian mendaftar lewat link yang tertera pada poster (lihat diposter biasanya tertulis free e-sertifikat dan jika tidak ada skip aja toh artikel ini untuk mendapat sertifikat gratis), ada juga yang mendaftarkan webinarnya lewat link grup whatsapp sehingga jika ditekan akan muncul sebuah grup dan kita akan dimasukkan kedalamnya. (jangan khawatir, grup webinar biasanya aman kok dan juga hanya admin yang boleh berbicara digrup).

2. pastikan kalian menerima balasan email setelah mengisi google formulir, namun ada beberapa webinar yang tidak melakukan seperti ini sih.

3. tunggu beberapa hari karena biasanya pendaftaran dibuka 1 minggu sebelum acara dimulai, dan H-1 sebelum acara dimulai barulah link zoom atau gmail dibagikan ke email orang yang sudah mendaftar tadi.

4. masuk 15 menit sebelum acara dimulai, ini adalah cara agar kalian bisa masuk di zoom karena biasanya terdapat zoom yang limit (gratisan) hehe

5. jika kalian gagal masuk zoom maka cobalah lewat saluran youtube biasanya panitia juga akan menayangkannya lewat channel mereka. setelah pemateri mulai menjelaskan kalian foto bersama dengan pemateri lewat ponsel tentunya (opsional)

6. selama kalian berada didalam zoom, kalian hanya harus fokus mendengarkan apa yang pemateri bicarakan, fokus juga untuk terus mengecek kolom chat karena disitulah biasanya dibagikan link untuk daftar hadir (bagi yang tidak mengisi ini dijamin tidak akan mendapatkan sertifikat).

7. setelah pemateri selesai biasanya ada sesi tanya jawab, kalian berikanlah pertanyaan terbaik kalian karena banyak dari event webinar ini memberikan hadiah kepada penanya terbaik jadi sekalian dapat hadiah ya kan hehe

8. sesuai yang saya katakan untuk fokus mendengarkan pemateri karena beberapa webinar memberikan test untuk para audiensinya setelah acara berakhir dan ini juga merupakan syarat mendapatkan sertifikat, ya walau beberapa juga tidak menganjurkan ikut tesnya sih.

(BACA JUGA: 5 Tips agar pembeli tidak membatalkan pesanannya saat di olshop)

9. setelah mengikuti webinar kalian jangan berharap sertifikatnya langsung dikirimkan, berdasarkan pengalaman saya terdapat 2 tipe pengiriman sertifikat. ada yang dari google drive (ini biasanya langsung merampung semua sertifikat peserta yang artinya kamu harus mencari satu persatu sertifikatmu) dan yang kedua lewat email (email peserta akan dikirimkan masing masing sesuai email yang terdaftar).

10. jika tidak mendapatkan sertifikat gimana? karena sebagian mungkin tidak menerima sertifikat maka untuk meghindari kejadian itu kalian bisa melakukan kontak dengan panitia. kontaknya darimana? biasanya tertera di poster, cari aja pasti ada dan jika tidak ada maka kalian wajib meragukannya.

lapor tentang masalah kalian dan mengapa kalian tidak menerima sertifikat padahal sudah mendaftar, ini diakibatkan 2 hal, registrasi kalian tidak berhasil atau karena kalian tidak mengisi daftar hadir atau terlewat event yang mengharuskan kalian mengisi seusatu. coba sertakan bukti ss kalian bersama pemateri pada langkah 5 sebagai bukti kalian mengikuti webinar. dan tadaaaa kalian mendapatkan sertifikat. kadang juga ada panitia yang merepotkan sih hehehe...

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »