Luka jahitan tidak diobati dulu? ini bahayanya


Beberapa luka robek memang memerlukan jahitan oleh dokter untuk merekatkan kembali bagian tubuh yang terpisah atau terbuka.

Perlu diketahui bahwa tidak semua luka robek harus selalu dijahit.
Apabila robekan tidak terlalu besar luka tersebut dapat ditutup menggunakan plester. Plester dapat digunakan untuk menutup luka dengan menempelkan di atas 2 sisi yang robek, bukan menempelkannya mengikuti garis luka.

Memang tidak semua luka robek harus ditangani oleh dokter, karena apabila robekan tidak terlalu besar maka pengobatan dapat dilakukan sendiri di rumah. Meskipun begitu tetap perhatikan kebersihan saat perawatan luka.

Mengapa luka jahitan perlu mendapatkan pengobatan terlebih dulu? Luka jahitan perlu mendapatkan perawatan khusus. Bila tidak dirawat dengan benar, luka jahitan bisa terinfeksi dan jadi tidak bisa menutup. Bahkan, infeksi tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan komplikasi.

Berikut ini langkah pertolongan pertama pada luka robek karena terjatuh, antara lain :
  • Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun antiseptik sebelum mengobati luka robek. Hal ini bertujuan agar tidak ada kuman atau bakteri baru yang masuk ke dalam luka melalui tangan agar tidak memperparah luka saat Anda ingin melakukan pertolongan pertama pada luka robek.
  • Apabila luka mengeluarkan darah, hentikan keluarnya darah dengan menggunakan kasa sterill dengan menekan pada area luka. Segera panggil dokter apabila darah terus keluar.
  • Bersihkan daerah sekitar luka menggunakan cairan fisiologis steril atau cairan infus.
  • Berikan obat oles pada area luka apabila dibutuhkan
  • Tutup luka menggunakan kasa sterill untuk menghindari masuknya kuman pada luka.
  • Pastikan area luka tetap kering dan tidak terkena air.
  • Jaga agar luka robek tetap kering dengan mengganti perban luka secara berkala.
  • Pada beberapa luka robek gunakan plester untuk merapatkan kembali bagian kulit yang terbuka. Plester juga dapat menghentikan pendarahan karena pembekuan terjadi saat pembuluh darah menyempit.
Apabila luka tidak kunjung sembuh dan semakin parah, segeralah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mendapatkan perawatan yang maksimal.

Keywords: bahaya jika luka jahitan tidak diobati, apakah semua luka robek harus dijahit, luka apa saja yang tidak perlu jahitan, luka jahitan perlu diobati.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »